FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA


Sigit Hartoko(1*)

(1) Politeknik Negeri Samarinda, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tumbuhnya minat berwirausaha di lingkungan generasi muda Indonesia merupakan jalan keluar untuk menanggulangin pengangguran yang terus bertambah karena kurangnya pengetahuan generasi muda akan kebutuhan kemandirian. Kewirausahaan adalah tindakan menciptakan lapangan kerja dan menyerap energi tenaga kerja. Tujuan observasi ini ialah untuk mengkaji aspek-aspek yang dipengaruhi minat berwirausaha sebagai variabel bebas aspek internal, aspek eksternal, dan aspek pendidikan) dan variabel terikat sebagai minat berwirausaha. Observasi ini memakai pendekatan kuantitatif dengan model linier berganda menggunakan SPSS versi 25. Instrumen akumulasi data dalam observasi ini menggunakan kuesioner. Perolehan pengkajian regresi berganda menunjukkan bahwa variabel aspek internal berdampak positif dan signifikan terhadap variabel tingkat minat berwirausaha, dan aspek eksternal berpengaruh positif terhadap variabel tingkat minat berwirausaha dan variabel tingkat pendidikan. Mempunyai dampak yang signifikan terhadap terbukti berdampak besar. Seorang influencer yang positif dan penting. Kewirausahaan memiliki pengaruh yang besar terhadap variabel keinginan berwirausaha. menggambarkan bahwa semangat keluarga berpengaruh positif terhadap variabel keinginan berwirausaha. Ringkasnya, faktor internal berdampak besar pada minat berwirausaha, aspek eksternal berpengaruh besar terhadap minat berwirausaha, dan faktor pendidikan berpengaruh besar terhadap minat berwirausaha. Selain itu bisa disimpulan bahwa seluruh variabel independen secara simultan dampak sig terhadap variabel keinginan berwirausaha.


Keywords


Minat, Menumbuhkan, Kewirausahaan.

Full Text:

PDF

References


Adnyana, I. G. L. A., & Purnama, N. M. P. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Self Efficacy Dan Locus Of Control Pada Niat Berwirausaha. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(2), 253915.

Amaechi, K. E., Iwara, I. O., Njoku, P. O., Raselekoane, R., & Thobejane, T. D. (2021). Igbo Traditional Business School And Small And Medium Sized Entrepreneurial Success In Diaspora : Evidence From Limpopo , South Africa. 27(6), 1–16.

Anzola-Roman, P., Navarra, U. P. De, Bayona-Sáez, C., & Navarra, U. P. De. (2022). Academic Spin-Offs: Advancing Their Characterization And Exploring How The Entrepeneurship Ecosystem Helps In Overcoming Their Main Challenges, 28(4), 1-15.

Asoba, S. N., & Patricia, N. M. (2021). The Primacy Of Effective Human Capital Management To The Growth of Entrepreneurship Ventures. A Study of Cases from The Fast Food Restaurant. 27(1), 1–9.

Baharuddin, A., Hasanuddin, U., Guntur, N. O., Hasanuddin, U., Hasanuddin, U., Asyari, M. S., Hasanuddin, U., Lubis, A., Fajar, U., Lubis, M. A., & Utara, U. S. (2022). Political Economy Factors Affecting The Development Of Social Entrepreneurship In Eastern Indonesia. 28(1), 1–11.

Balcha, A. A. (2022). The Impacts Of Entrepreneurship Training And Start-Up Capitals On Promoting Youth Employment In Ethiopia (The Case Of Bale Gasger Woreda), 28(5), 1–15.

Chen, M., Wu, C., Chen, L., & Huang, Y. (2022). The Study of Enterprise Imports on Business. 28(3).

Crawford-Visbal, J. L., Costa, U. De, Norte, U., Ezcurra, T. P., Ica, U. A. De, Crawford, L., San, U., & Loyola, I. De. (2021). Rural Marketing And Entrepreneurship Social Imaginaries In Peruvian Farming Communities. 27(6), 1–12.

Esfandabadi, H. M., Esfandabadi, Z. S., Mollaie, Y., & Esfandabadi, A. M. (2022). Analyze Sociological Daily Self- Experience In An Entrepreneurial Environment A Review Of Entrepreneur. 28(5), 1–9.

Gendro Wiyono. (2011). Merancang Penelitian Bisnis Dengan Alat Analisis SPSS dan Smart PLS. Yogyakarta: STIM-YKPN.

Hasiara, L. O. (2012). Buku Metode Penelitian Multi-Paradigma Satu (Membangun Reruntuhan Metode Penelitian Yang Berserakan). Darkah Media.

Hasiara, L. O. (2014). 4. Akuntansi Dasar Satu (Pendekatan Teori dan Praktik Serta Penyelesian Soal-Soal dan Cocok Bagi Pemula Yang Ingin Mendalami Akuntansi).

Hasiara, L. O. (2015). Manajemen Keuangan Berbasis Hasil Penelitian. Tunggal Mandiri.

Imam Ghozali. (2005). Structural Equation Modeling, Teori, Konsep, & Aplikasi Dengan Program Lisrel.8,54. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Jogiyanto Hartono. (2008). Pedoman: Survei Kuesioner Mengembangkan Kuesioner, Mengatasi Bias dan Meningkatkan Respon. Yogyakarta: Badan Penerbit Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gajah Mada.

Kusumaningtyas, M., Chariri, A., Nur, E., & Yuyetta, A. (2021). Firm Strategy, CSR Governance, and Financial Performance: Evidence from Companies Listed on Indonesia Stock, 27(6), 1–12.

Hasiara, L. O; Sudarlan, A. M. D. (2019). Managerial Competence In Achieving Unqualified Opinion (Uqo) In East Kalimantan Province-Indonesia. Soshum: Jurnal Sosial dan …, 9(2), 142–150.

Hasiara, L. O.,Ahyar M. Diah; Sudarlan. (2019). Metode Penelitian Terapan Kualitatif dan Kuantitatif Untuk Pendidikan Vokasi Khusus Humaniora. Irdh.

Montiel-Campos, H. (2021). On The Way To Entrepreneurship: Middle Managers As Intrapreneurs In. 27(6), 1–9.

Munir, A. R., Hasanuddin, U., Maming, J., Hasanuddin, U., Kadir, N., & Hasanuddin, U. (2021). Brand Resonancing Capability: The Mediating Role Between Social Media Marketing And Sme S Marketing Performance. 27(1), 1–12.

Othman, A. K., Teknologi, U., Shah, M., Mahmud, A., Teknologi, U., & Shah, M. (2022). Medium-Sized Enterprises (SMEs) In Malaysia: A Qualitative Focus Group Study. 28(3), 1–17.

Rifai, F. (2022). Corporate Entrepreneurship To Improve Business Opportunities In Jordanian Companies Under Covid-19 Conditions. 28(1), 1–13.

Rifai, F., Ridha, M. B., & Al-Maqousi, K. (2022). The Impact of Business Entrepreneurship on Organizational Performance : An Empirical Study at Jordanian Telecommunication. 28(1), 1–10.

Sarah, A., & Olujobi, O. (2021). The Effect of Communication of Organisational Goals on the Economic Performance of Private Owned Companies: A Study of Selected Private Companies In. 27(1), 1–16.

Sechabe, M. V., & Fatoki, O. (2021). Determinants Of Electronic Marketing Adoption By Small And Medium Enterprises, 27(6).

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta.

Syam, A., Ekonomi, F., Negeri, U., Rakib, M., Ekonomi, F., Negeri, U., Jufri, M., Ekonomi, F., & Negeri, U. (2021). Entrepreneurship Education, Information Literacy, and Entrepreneurial Interests: An Empirical Study. 27(1), 1–11.

Ulzytueva, A. I. (2021). Quality Improvement of the Family Education Through Offsite Consultation Centres: An Entrepreneurial Case Study Of Russia. 27(6), 1–6.

Vladimirovna, N. E. (2021). Digital Industrialization: Entrepreneurial Features of Advanced Nations’ Innovation Policies During Industrial Revolution 4.0. 27(6), 1–8.




DOI: https://doi.org/10.15575/jim.v4i2.29702

DOI (PDF): https://doi.org/10.15575/jim.v4i2.29702.g9606

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
 
 Lisensi Creative Commons
View My Stats