ANALISIS PEMBERIAN KREDIT UNTUK MEMINIMALKAN KREDIT BERMASALAH PADA KSPPS BMT MANDIRI SEJAHTERA CABANG BALONGPANGGANG


Zumrotus Sholekhah(1*), Wasti Reviandani(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia
(2) Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pemberian kredit simpan pinjam kepada anggota Koperasi BMT Mandiri Sejahtera cabang Balongpanggang. Dengan menerapkan prosedur pemberian kredit yang maksimal maka akan dapat meminimalkan adanya resiko kredit bermasalah yang dapat mempengaruhi tingkat kesehatan pada koperasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan model interaktif Miles dan Hubermen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa KSPPS BMT Mandiri Sejahtera cabang Balongpanggang dalam menerapkan prosedur pemberian kredit sudah berjalan dengan cukup baik dan sesuai dengan standar yang telah ditetapakan. Analisis yang diterapkan dalam pemberian pinjaman kredit meliputi 5C (karakter, kemampuan, modal, jaminan, kondisi). Namun, dalam melakukan analisis 5C pihak koperasi masih terdapat kendala saat melakukan analisis character dan condition of economy dari calon nasabah. Upaya yang telah dilakukan oleh pihak koperasi untuk meminimalkan adanya kredit bermasalah yaitu dengan melakukan penagihan secara rutin baik melalui telepon maupun kunjungan ke rumah nasabah dan juga melakukan rescheduling, restructuling dan PPAP (Penghapusan Bukuan).


Keywords


Pemberian Kredit, Kredit Bermasalah.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, T., & Wahjusaputri, S. (2018). Bank dan Lembaga Keuangan. Jakarta: Mitra Wacana Media

Alwie, R. D. D., Furwanti, A., Prasetio, A. B., & Andespa, R. (2020). Sistem Informasi Laboratorium Patologi Klinik Pada RSUD Pof. Dr. MA Hanafia SM Kota Batusangkar Berbasis Web. Jurnal Ekonomi, 2(1), 41-49.

Anggraeni, V., & Handayani, A. (2022). Analisis Penyelesaian Kredit Bermasalah pada Perumda BPR Bank Gresik. Jurnal AKMAMI, 3(1).

Apriani, R., & Hartanto. (2019). Hukum Perbankan dan Surat Berharga. Yogyakarta: Budi Utama.

Darmawi, H. (2011). Manajemen Perbankan. Jakarta: Bumi Aksara.

Elliyana. (2020). Lembaga Keuangan dan Pasar Modal. Malang: Ahlimedia Pers.

Fahmi, I. (2014). Analisa Kinerja Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Handayani, A., Aufa, M., Rahmi, V. A., & Vilantika, E. (2021). Pedoman Penulisan Proposal dan Skripsi. Universitas Muhammadiyah Gresik.

Hardani, H., Andriani, H., Ustiawaty, J., & Utami, E. F. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Hutagalung, M. W. (2021). Analisis Pembiayaan Bank Syariah. Medan Merdeka Kreasi Group.

Kasmir, D. (2014). Dasar- Dasar Perbankan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Kasmir, D. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Kosasih, J. I. (2021). Akses Perkreditan Dan Ragam Fasilitas Kredit Dalam Perjanjian Kredit Bank. Jakarta: Sinar Grafika Offset

Kuncoro & Suhardjono. (2011). Manajemen Perbankan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE.

Masril, S. (2020). Analisis Proses Pemberian Kredit. Jurnal Manajemen, 12(1).

Nggia, A. N., Sudirman, S., & Hamdyani, S. (2021). Pengaruh Pemberian Kredit Simpan Pinjam Terhadap Anggota Pada Koperasi Teratai Satuan Brimob Polda Sulawesi Selatan di Makassar. MACAKKA Journal, 2(4), 122-129.

Reviandani, W. (2020). Analisis Laporan Keuangan. Sidoarjo: Indomedia Pustaka.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sujarweni, V. W. (2020). Analisis Laporan Keuangan Teori Aplikasi dan Hasil Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Syafira, M. A. (2022). Analisis Prosedur Pemberian Kredit Dalam Upaya Mencegah Kredit Macet (Studi Kasus Pada BPR Sukabumi Cabang Cibadak). JAMMI-Jurnal Akuntasi UMMI, 2(2).

Tambunan, H., & Tambunan, T. (2019). Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Bandung Yrama Widia.

Wijaya, I. P., Athori, A., & Sahara, K. (2023). Analisis Manajemen Kredit Guna Meminimalisir Kredit Bermasalah (Studi Kasus Pada Koperasi Simpan Pinjam Citra Sejahtera Tulungagung). Jurnal Ilmiah Cendekia Akuntansi, 8(4), 45-59.

Wiranti, W., Hodsay, Z., & Kurniawan, C. (2019). Analisis Prosedur Pemberian Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Dalam Pencegahan Kredit Macet Pada PT. Bank Sumsel Babel Pusat. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 3(1), 118-129.

Yuda, K. P. D., & Suarmanayasa, I. N. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kredit Bermasalah di Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Susila Bhakti. Jurnal Akuntansi Profesi, 13(02), 433-445.




DOI: https://doi.org/10.15575/jim.v5i1.33208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
 
 Lisensi Creative Commons
View My Stats