PENINGKATAN KUALITAS PELATIHAN KARAWITAN PADA KOMUNITAS TERAS BUDAYA MELALUI PENDEKATAN MANAJEMEN PARTISIPATIF


Hana Loka Kusuma Prameswari(1*), Sigit Setiawan(2)

(1) Institut Seni Indonesia Surakarta, Indonesia
(2) Institut Seni Indonesia Surakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Seni pertunjukan tradisional karawitan, berperan penting dalam pemeliharaan warisan budaya daerah dalam suatu bangsa. Di tengah arus modernisasi dan tantangan global, penting untuk memastikan seni pertunjukan tradisional tetap aktif untuk berkelanjutan pada generasi muda. Dihadirkan pelatihan pada pelaku seni menjadi krusial. Penelitian ini difokuskan pada penerapan pendekatan manajemen partisipatif dapat meningkatkan kualitas pelatihan karawitan di dalam Komunitas Teras Budaya. Dampak eksplorasi dari pendekatan secara metodologis, penelitian ini memberikan wawasan budaya terhadap nilai-nilai sebuah kebiasaan masyarakat. Secara kualitatif, kasus ini memberikan sudut pandang dalam bentuk kajian normatif terhadap aktivitas pelaku. Dalam membahas permasalahan ada tiga sub bagian terpenting berupa, profil dan karakteristik Komunitas Teras Budaya, efektivitas pelatihan karawitan sebelum pendekatan partisipatif, dan analisis perubahan dalam kualitas pelatihan setelah implementasi pendekatan partisipatif. Pendekatan manajemen partisipatif menjadikan perubahan positif serta signifikan dalam pengalaman pembelajaran karawitan di Komunitas Teras Budaya. Pendekatan ini membuktikan, melibatkan peserta secara aktif dalam proses pembelajaran sebagai kunci untuk menciptakan pembelajaran.


Keywords


Karawitan, Manajemen, Partisipatif.

Full Text:

PDF

References


Ab Razak, M. S. H., & Tugang, N. A. (2023). Analysis of the Psychology Interpretation of the Dikir Burdah Song Within the Malay Community of Kampung Hulu, Sri Aman, Sarawak. Journal for ReAttach Therapy and Developmental Diversities, 6(10s (2)), 379-396.

Andriani, P., Pasaribu, F. P., Dewi, P. P., Masyithah, Q., & Ilmi, D. (2023). Kepemimpinan di Sekolah Islam: Studi Kasus Praktik Administrasi yang Efektif. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 28937-28946.

Azevedo, A., & Almeida, A. H. (2021). Grasp the challenge of digital transition in SMEs—A training course geared towards decision-makers. Education Sciences, 11(4), 151.

Efendi, N., & Sholeh, M. I. (2023). Dinamika Sosial Dalam Proses Pengambilan Keputusan dalam Manajemen Pendidikan Islam. Attanwir: Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 14(2), 45-67.

Gunawan, A., Rivai, H. A., & Lukito, H. (2023). Pengaruh Manajemen Bakat dan Pengetahuan terhadap Kinerja dan Komitmen Karyawan dalam Perusahaan. Jurnal Informatika, 5(4), 1289-1296.

Handoyo, K., Mudhofir, M., & Maslamah, M. (2021). Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Madrasah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 321-332.

Hudayana, B. (2021). Pengembangan seni-budaya sebagai penguatan identitas komunitas kejawen dan santri di desa pada era reformasi. Satwika: Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), 1-17.

Khoiri, Q. (2020). Penguatan Kelembagaan Pesantren Di Provinsi Bengkulu (Analisis Partisipasi Dan Kontribusi Masyarakat). Potret Pemikiran, 24(1), 1-11.

Kim, Y. (2021). Building organizational resilience through strategic internal communication and organization–employee relationships. Journal of Applied Communication Research, 49(5), 589-608.

Komarudin, K., Ramlan, L., Laras, M. F., Wiresna, A. G., & Saepudin, A. (2021). Musik Bambu Wiragawi: Representasi Komodifikasi Bambu Dari Hasil Strukturasi Di Tiga Locus. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 22(3), 158-179.

Mahajan, S., Hausladen, C. I., Sánchez-Vaquerizo, J. A., Korecki, M., & Helbing, D. (2022). Participatory resilience: Surviving, recovering and improving together. Sustainable Cities and Society, 83, 103942.

Meloni, I. (2021). Foreign sindhen in practice: New teaching strategies and the impact of practice-led research on Javanese female singing. Malaysian Journal of Music, 10(1), 25-52.

Morçöl, G., Shafi, S., & Menon, A. (2022). Governance networks, bureaucracy, and democracy. Perspectives on Public Management and Governance, 5(2), 84-96.

Newman, S. A., & Ford, R. C. (2021). Five steps to leading your team in the virtual COVID-19 workplace. Organizational Dynamics, 50(1), 100802.

Picasso, N. N., & Kriyantono, R. (2024). Kolaborasi antar Aktor Komunikasi Organisasi dalam Upaya Pengembangan Tradisi Menjadi Event Festival melalui Negosiasi Integratif dengan Pendekatan Coordinated Management of Meaning. Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora, 7(1), 43-64.

Putri, N. A., & Listyaningsih, L. (2022). Strategi Sekolah dalam Melaksanakan Literasi Budaya dan Kewargaan di SMA Negeri 2 Tuban. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 8435-8459.

Ramadhan, M. D. R., & Yuliana, N. (2023). Analisis pola perilaku penggemar JKT48 pada aplikasi X dalam berkomunikasi dengan sesama penggemar. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 2(5), 1-10.

Setia, A., Marnis, M., & Garnasih, R. L. (2020). Analisis Pengaruh Pelatihan, Kepuasan Kerja, Dan Teamwork Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepemimpinan Sebagai Variabel Moderasi Pada Pt. Perkebunan Nusantara V (PTPN V) Di Pekanbaru. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(2), 202-215.

Sholichah, N., & Oktoliya, C. (2021). Evaluasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengelolaan Peternakan Sapi Perah di Kampung Susu Lawu Kelurahan Sarangan Kacamatan Plaosan Kabupaten Magetan. Asketik: Jurnal Agama dan Perubahan Sosial, 5(2), 175-204.

Sukmayadi, Y., Supiarza, H., & Andini, M. (2022). The Learning Stages of Ngroncongi/Undul usuk: Achieving the Original Solo Keroncong Singing Style. Malaysian Journal of Music, 11(1), 84-108.

Suryatini, L., & Nurhalim, M. (2023). Konstruksi Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis Masyarakat Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Pos Paud Ii Baseh Kedungbanteng Banyumas. Al-Isyraq: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, dan Konseling Islam, 6(3).

Susanti, S., & Sukaesih, S. (2024). The Meaning Of Sunda Cultural Construction For Javanese Individuals In Bandung. Sosiohumaniora, 26(1), 12-23.

Syamsy, B., Fauzan, U., & Malihah, N. (2023). Implementasi Peningkatan Mutu Pendidikan dengan Pendekatan Total Quality Manajemen. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(4), 888-902.

Thousani, H. F., & Afgani, K. F. (2023). Jaringan Dalam Mendorong Perempuan untuk Memulai dan Mempertahankan Bisnis: Tinjauan Literatur Sistematis. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 9(2), 100-132.

Wasngadiredja, P. F., Wibowo, D. P., & Yuliani, M. (2023). Pelestarian Seni Budaya Wayang Golek Sebagai Implementasi Sila Ke-2 Pancasila. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 471-481.




DOI: https://doi.org/10.15575/jim.v5i1.34023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
 
 Lisensi Creative Commons
View My Stats