ANALISIS PENGENDALIAN INTERN PIUTANG DALAM MEMINIMALKAN RISIKO PIUTANG TAK TERTAGIH PADA PT XYZ


Assyifa Nurul Haq(1*), Anita Handayani(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia
(2) Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


PT XYZ merupakan perusahaan distributor pupuk yang menerapkan penjualan secara tunai dan kredit. Dalam penjualan kredit akan menimbulkan piutang sebagai hasilnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan piutang tak tertagih dan untuk memahami strategi pengendalian internal untuk mengurangi piutang yang tidak tertagih di PT XYZ. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Objek dalam penelitian ini yaitu data piutang tak tertagih di PT XYZ selama periode tahun 2020-2022. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengendalian internal piutang di PT XYZ belum dilakukan secara efektif. Hal tersebut dilihat dari faktor penyebab meningkatnya piutang tak tertagih, dimana sistem perusahaan yang belum optimal dalam mengelola piutang dan penerimaan, keterbatasan petugas pembukuan dalam melacak penerimaan pembayaran dari pelanggan, dan perusahaan belum melakukan kebijakan penagihan yang jelas dan konsisten dengan menentukan jatuh tempo pembayaran yang jelas serta konsekuensi yang tegas bagi pelanggan yang tidak mematuhi kebijakan pembayaran, serta kurangnya pengawasan internal untuk mengelola piutang perusahaan.


Keywords


Pengendalian Internal, Piutang Tak Tertagih.

Full Text:

PDF

References


Aisyah, S. (2020). Manajemen Keuangan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Ayu, R. (2023). Analisis Sistem Pengendalian Piutang Terhadap Piutang Tak Tertagih pada PT. Abadi Sakti Mitra Mandiri. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Teknologi 7(4), 2023, 911-924.

Budianas, N. (2013). Pengendalian Piutang dan Metode Pengendalian Piutang, Makassar

Dahlia. (2021). Analisis Pengendalian Piutang Untuk Meminimalkan Piutang Tak Tertagih PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Majene. Akunsyah: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Syariah 1 (1).

Gitania, A., Herman, K., & Steven J, T. (2021). Analisis Pengendalian Piutang Untuk Meminimalkan Resiko Piutang Tak Tertagih Pada PT Samudera Mandiri Sentosa. Jurnal Riset Akuntansi Going Concern.

Handayani, A. (2020). Struktur Modal Perusahaan Rokok di Indonesia. Accounting and Management Journal, 4(2), 95–104.

Harahap, H., H. (2022). Analisis Pengendalian Interal Piutang Usaha Untuk Meminimalkan Piutang Tak Tertagih Pada CV. Yrama Widya Cabang Medan. Tugas Akhir. Universitas Pembangunan Panca Budi Medan.

Herry. (2017). Teori Akuntansi Pendekatan Konsep dan Analisis. Jakarta: PT Grasindo.

Hery. (2013). Teori Akuntansi. Lembaga Fakultas Ekonomi. Universitas Indonesia. Jakarta.

Hery. (2018). Akuntansi Keuangan Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Hierry, A. (2013). Accounting Information System Audit. Binus Press. Binus University.

Husnaeni. (2017). Analisis Tingkat Perputaran Piutang Terhadap Pengelolaan Piutang Pada PT Sinar Galesong Mandiri Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Julianti, N. (2022). Analisis Pengendalian Intern Piutang Dan Piutang Tak Tertagih Terhadap Tingkat Perputaran Piutang PT. Success Furniture Sidoarjo.

Mbae, Irma. (2015). Analisis Pengendalian Piutang Pada PDAM Kabupaten Poso. Jurnal Ekomen, 15(2).

Mulyadi. (2017). Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Revianandi, W., & Pristyadi, B. (2019). Pengantar Akuntansi. Sidoarjo: Indonesia Pustaka.

Reviandani, W. (2021). Analisis Laporan Keuangan. Sidoarjo: Indomedia Pustaka.

Rivai, Veithzal. dkk. (2013). Manajemen Perbankan dari Teori ke Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rudianto. (2008). Pengantar Akuntansi. Jakarta: Erlangga.

Sinaga, Yazid Salam., Simatupang., & Hutagalung. (2023). Analisis Pengendalian Piutag Terhadap Risiko Piutang Tak Tertagih Pada PT Tri Sapta Jaya Sibolga. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Manajemen, 1(2).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Syukri, M., Suandi, & Tohriadi. (2023). Analisis Pengendalian Piutang Tak Tertagih Usaha Anggota Koperasi Konsumen Pusat KUD NTB. Jurnal Ilmiah Hospitaly, 12(1).

Taroreh, J. R., Warongan, J. D. L., & Runtu, T. (2016). Evaluasi Penerapan Sistem Pengendalian Internal Piutang Pada PT Mandiri Tunas Finance Cabang Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(3), 125– 134.

Wahyuni, I. T. (2015). Penerapan Sistem Akuntansi Penjualan Kredit Dalam Meningkatkan Pengendalian Intern Piutang Tak Tertagih Pada Bengkel Bonex. E-Journal Akuntansi “EQUITY”, 1(3).

Warren, Reeve. (2005). Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE.

Yani, D. H., & Ayu, A. R. (2020). Analisis Pengendalian Intern Piutang dalam Meminimalisasi Piutang Tak Tertagih pada PT. Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) cabang Medan. CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen, 1(1).




DOI: https://doi.org/10.15575/jim.v5i1.34028

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
 
 Lisensi Creative Commons
View My Stats