DETERMINAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE MERK SAMSUNG: STUDI KASUS KONSUMEN DI JAKARTA

Silvia Avira, Rofi'ah Rofi'ah, Endang Setyaningsih, Suryandari Sedyo Utami

Abstract


Media komunikasi terdiri dari beragam jenis dan selalu berkembang beiringan dengan perkembangan zaman. Salah satu media komunikasi yang digunakan pada era society 5.0 dimana teknologi berkembang pesat dan mengglobal seperti sekarang adalah smartphone. Smartphone adalah telepon genggam atau telepon seluler pintar yang dilengkapi dengan fitur yang memumpuni dan berkemampuan tinggi layaknya sebuah komputer. Keberadaan smartphone sangat dibutuhkan oleh semua orang saat ini, sehingga membuat para pelaku bisnis menciptakan merk smartphone sesuai dengan segmentasi pasar, salah satu nya merk Samsung. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh promosi, citra merek, desain produk dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan media google form. Sampel yang digunakan berjumlah 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan promosi, citra merek dan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan desain produk tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

Keywords


Desain Produk, Kualitas Produk Promosi, Citra Merek, Keputusan Pembelian.

Full Text:

PDF

References


Andrenata, A., Supeni, R. E., & Rahayu, J. (2022). Pengaruh Perceived Value, Brand Awareness, Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, 9(4), 813-824.

Cahyani, N. M. A. D., & Aksari, N. M. A. (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 11(11).

Dartia, K., & Suarmanayasa. I. N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Oppo. Bisma: Jurnal Manajemen, 8(1).

Haryodewanto, B. Y., & Triandewo, M. A. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Smartphone Samsung di Bekasi. E-Jurnal Manajemen Trisakti School of Management (TSM), 2(2), 157-166.

Hermawan, S. B., & Harjatno, S. (2022). Analysis of the Effect of Product Quality, Service Quality and Brand Image on Samsung Smartphone Purchase Decisions. Academia Open, 7, 10-21070.

Kausuhe, J. N., Worang, F. G., & Gunawan, E. M. (2021). The influence of brand image and country of origin on purchase decision of Oppo Smartphone in Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(1).

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Putri, A. R. D., & Kurnianingsih, H. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Smartphone OPPO. Jurnal Kelola: Jurnal Ilmu Sosial, 5(1), 82-90.

Ramadani, A. G., & Rachmawati, E. (2022). The Influence of Brand Awareness, Brand Association, Brand Image, and Word of Mouth on Samsung Smartphone Purchase Decisions. JBMP (Jurnal Bisnis, Manajemen dan Perbankan), 8(1), 73-86.

Sinaga, A. S., Lubis, A. N., & Sembiring, B. K. F. (2023). The Influence of Brand Image, Product Quality and Price on Samsung Smartphone Product Purchase Decisions (Case Study on Employees of PT Angkasa Pura Aviasi Kualanamu International Airport). Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 17(1), 362374.

Syaifullah, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Advan pada PT Maju Telekomunikasi Batam. Jurnal Ekuivalensi, 8(2), 40-56.

Tegowati, T. (2019). Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Promosi dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Accounting and Management Journal, 3(1), 23-36.




DOI: https://doi.org/10.15575/jim.v6i1.43601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
 
 Lisensi Creative Commons
View My Stats
slot https://bursaikan.kkp.go.id/obc/ https://riph.pertanian.go.id/liquid/ slot gacor https://riph.pertanian.go.id/bl/ judi bola https://sievo.kemdikbud.go.id/infy/ situs toto https://sievo.kemdikbud.go.id/jb/ https://www.assets.rpg.co.id/ https://www.linkandthink.org/ https://sievo.kemdikbud.go.id/relx/ Slot Gacor https://www.theyashotel.com/ https://elearning.itbwigalumajang.ac.id/ https://e-absensi.singkawangkota.go.id/ https://bapeten.go.id/upload/ https://sentraki.itbwigalumajang.ac.id/ https://lppm.itbwigalumajang.ac.id/ https://bkombandung.kemkes.go.id/ slot gacor hari ini https://sinovik.kemkes.go.id/assets/run/ https://pdcproductions.com/ https://kkp.umt.ac.id/ https://csirt.sulbarprov.go.id/uploads/ https://sievo.kemdikbud.go.id/ https://sievo.kemdikbud.go.id/thai/