Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning Pola 100 Jam Menggunakan Metode Tamyiz

Farhan Farhan

Abstract


Pembelajaran kitab kuning dianggap sulit oleh para santri di pondok pesantren. Terdapat fenomena, metode Tamyiz efektif untuk mengatasi kesulitan membaca kitab kuning. Hal tersebut menunjukkan bahwa metode Tamyiz menjadi kunci strategis bagi santri agar bisa langsung membaca, menguraikan struktur kata sekaligus menerjemahkan kitab kuning. Penelitian bertujuan untuk menggambarkan perencanaan pembelajaran kitab kuning pola 100 jam menggunakan metode Tamyiz, pengorganisasian pembelajaran kitab kuning pola 100 jam menggunakan metode Tamyiz,penilaian pembelajaran kitab kuning pola 100 jam menggunakan metode Tamyiz, konsep model pembelajaran kitab kuning pola 100 jam menggunakan metode Tamyiz. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, karena penelitian ini mendeskripsikan secara komprehensif, holistic, dan integratif secara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran kitab kuning pola 100 jam menggunakan metode Tamyiz menentukan tujuan pembelajaran, langkah-langkah yang digunakan, dan bahan ajar yang dikembangkan sudah baik, pengorganisasian pembelajaran kitab kuning pola 100 jam dilandasi dengan prinsip mengajar fun and active teching sehingga hasil pembelajaran lebih optimal. Namun, beberapa aspek perlu lebih diperhatikan, penilaian pembelajaran kitab kuning pola 100 jam, santri merupakan objek penilaian utama. Penilaian menggunakan instrument penilaian kemampuan belajar (Pre Test dan Post Test), motivasi belajar, kebiasaan belajar, perhatian belajar, dan penilaian formatif dan sumatif seluruhnya sudah baik, konsep model pembelajaran kitab kuning pola 100 jam mengintegrasikan pembelajaran dengan teori para ahli pendidikan sehingga perencanaan pembelajaran, pengorganisasian pembelajaran, dan penilaian pembelajaran secara efektif dan efisien.

Keywords


Manajemen, Kitab Kuning, Tamyiz

Full Text:

PDF

References


Al-Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Prograsif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group. Badrudin. (2014). Manajemen Peserta Didik. Jakarta: Indeks.

Buckley Philip dan Irawan. (2015). The Scientific Paradigm of Islamic Education Management: Phenomenology Perspective. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1).

Dhofier, Z. (2015). Tradisi Pesantren. Jakarta: LP3ES. Irawan. (2019). Filsafat Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Rosdakarya.

Iryana, W. (2014). Baban Kana. Bandung: Pustaka Aura Semesta.

Komariah, Y. S. M. dan A. (2014). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Muchit, S. (2013). Pembelajaran Kontekstual. Semarang: Rasail Media Grup. Alfian,

Muhammad A. "Politik Zonasi dalam Praktik Pendidikan di Indonesia." Politicon, vol. 1, no. 2, 2019, pp. 117-133, doi:10.15575/politicon.v1i2.6363.

Qomar, M. (2013). Pesantren Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Jakarta: Erlangga.

Silalahi, U. (2014). Asas-asas Manajemen. Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kauntitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ujiyati, S. dan T. (2013). Manajemen Dalam Pembelajaran. Jakarta: Indeks. Yaumi, M. (2013). Prinsip-prinsip Pembelajaran. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.15575/kp.v1i1.7139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Farhan Farhan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

1th Floor, Building of Program Pasca Sarjana UIN Sunan Gunung Djati
Jalan Cimencrang, Cimenerang, Kec. Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat
Handphone: +6282176562270

E-mail: KPendidikan@uinsgd.ac.id

Lisensi Creative Commons

Khazanah Pendidikan Islam  are licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International