Pengaruh Pembelajaran Integrative Learning (Il) Dan Predict, Discus, Explain, Observe, Discuss (Pdeode) Terhadap Pemahaman Konsep


Ardian Asyhari(1*), Dina Hariyanti(2)

(1) UIN Raden Intan Lampung, Indonesia
(2) , Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep fisika pada materi besaran fisika dan pengukurannya. Penelitian ini merupakan Quasi Eksperimen Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Tegineneng tahun pelajaran 2018/2019, menggunakan dua kelas, yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen I dengan menggunakan pembelajaran dan pembelajaran PDEODE kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen II. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes berupa soal pilihan jamak beralasan (four tier diagnostic test) untuk pemahaman konsep dan LKPD sebagai pendukung untuk keterlaksanaan model pembelajaran. Analisis data menggunakan SPSS 23.0. Untuk analisa data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan Anava dua jalan untuk menguji hipotesisnya terhadap data posttest. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pemahaman konsep eksperimen 1 dengan model pembelajaran IL yaitu (63,7), dan untuk kelas eksperimen 2 dengan PDEODE yaitu sebesar (65,28) dan untuk uji hipotesisnya yang pertama adalah (0,93>0,05) A diterima artinya tidak ada pengaruh penggunaan pembelajaran Integrative Learning dan Predict, Discus, Explain, Observe, Discuss, Explain  (PDEODE)  yang kedua yaitu 0.00<0.05 B ditolak artinya ada pengaruh pada pemahaman konsep tinggi dan rendah fisika. Yang ketiga memperoleh 0,75>0,05 A*B diterima artinya  tidak interaksi antara pembelajaran  Integrative Learning dan Predict, Discus, Explain, Observe, Discuss, Explain  (PDEODE) terhadap pemahaman konsep, karena kedua model pembelajaran tersebut sama baiknya untuk diterapkan kedalam pembelajaran kedua kelas eksperimen tersebut.


Keywords


Integrative Learning (IL) dan Predict, Discus, Explain, Observe, Discuss, Explain (PDEODE), pemahaman konsep

Full Text:

PDF

References


A. Suhandi dan F C Wibowo. (2012). “Pendekatan Multirepresentasi Dalam Pembelajaran Usaha-Energi Dan Dampak Terhadap Pemahaman” 8.

Agus ,Anifatul Azizah, Lia Yuliati. (2016). “Pengaruh Model Integrative Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Kelas X SMA Laboratorium UM Pada Materi Fluida Statis,” Jurnal Pendidikan Sains.

Agus Wahyuni, Cut Eka Parasamya. (2017). “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl),” Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika. 2.

Anwar, Chairul. (2014). Hakikat Manusia Dalam Pendidikan. UIN Sunan Kali Jaga Yogyakarta: SUKA-Press.

———, (2008). Teori-Teori Pendidikan Klasik Hingga Kontemporer (Yogyakarta: IRCiSod, 2017). h.73; dilihat juga “Ihsan H. Fuad, Dasar-Dasar kependidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ardimen. (2016). “Pengembangan Multiple Intelligence Melalui Pembelajaran Integratif Berbasis Games,” Jurnal Edukasi 2.

Bannan-Ritland, Brenda. (2003). The Role of Design in Research: The Integrative Learning Design Framework (Educational Researcher: (Online) (www.eric.ed).

Idham Kholid, Antomi Saregar dan Anis Marlina (2017). “Efektivitas Model Pembelajaran Arias Ditinjau Dari Sikap Ilmiah: Dampak Terhadap Pemahaman Konsep Fluida Statis,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi 6, no. 2.

https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.2181.

Lindra, Afni. (2013). “Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Di Dalam Kurikulum.

Lindra, Hadma. (2017). “Pembelajaran Fisika Menggunakan Media Animasi Macromedia Flash-Mx Dan Gambar,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi 6, no. April, https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i.

Machali, Imam. (2016). ”islam memandang hak asasi pendidikan.” Jurnal pendidikan islam vol.27.no.1.

Machali, Imam dan Didin Kumjadin, (2013). Manajemen Pendidikan Konsep & Prinsip Pengeloa Laan Pendidikan, Bandung: Mizan.

Mega Utami Pratiwi Damanhuri, Zerri Rahman Hakim. (2017). “Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Ips Universitas Sultan Ageng Tirtayasa A . Pendahuluan Mata Pelajaran I,” JPSD 2.

Nor, M, And Revi Astria Noprina. (2013). “Penerapan Pendekatan Arias Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 4 Tambang.” Prosiding Semirata Fmipa Universitas Lampung

Sani, Berlin dan Imas Kurniasih. (2017). Lebih Memahami Konsep & Proses Pembelajaran Jakarta: Kata Pena.

Suhardi Nurul Mu’minin, (2016) “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik-Integratif Berbasis Sastra Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar,” Jurnal Prima Edukasia 4, no. 2: 176–85".

Sutopo Muhammad, Nur Hudha, Lia Yuliati, (2016) “Perubahan Konseptual Fisika Dengan Authentic Problem Melalui Integrative Learning Pada Topik Gerak Lurus Pada Sma Suryabuana Malang,” Jurnal Inspirasi Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang 6

Suryadi Asep Suryana, (2009) Pengelolaan Pendidikan, Jakarta: Departemen Agama Republik Indonesia,

Soyomukti, Nurani. (2016). Teori-Teori Pendidikan Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Yuliati, Lia dan Nandang Mufti Lis Suswati. (2015). “Pengaruh Integrative Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Konsep Fisika Siswa,” Jurnal Pendidikan Sains 3.

Yustika, Eli. (2018). “Pengembangan Modul Praktikum Teleskop Reflektor Berbasis Model Pdeode,” Pendidikan Fisika 6.




DOI: https://doi.org/10.15575/kp.v2i1.8387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ardian Asyhari, Dina Hariyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jl. Raya A.H. Nasution No. 105 Cibiru Kota Bandung, 40614
Handphone: 081514258682

E-mail: Kpendidikan@uinsgd.ac.id

Lisensi Creative Commons

Khazanah Pendidikan Islam are licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International