Tingkat Partisipasi Masyarakat Terhadap Program Pembangunan Gemma Tapis Berseri Di Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung


Asmaria Asmaria(1*), Lies Kumara Dewi(2), Muhammad Fikri Akbar(3)

(1) Universitas Sang bumi Ruwa Jurai, Bandar Lampung, Indonesia
(2) Universitas Sang bumi Ruwa Jurai, Bandar Lampung,  
(3) Universitas Sang bumi Ruwa Jurai, Bandar Lampung,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Menurut surat peraturan dari Walikota Bandar Lampung Nomor 12 Tahun 2006 tentang Program Pembangunan Gemma Tapis Berseri Kota Bandar Lampung, suatu gerakan yang dilakukan oleh dan untuk masyarakat Kota Bandar Lampung, untuk melakukannya secara baik bersama. Dalam upaya pengembangan ekonomi masyarakat. Penggunaan nama Tapis Berseri dalam Gerakan Pembangunan ini dikaitkan juga dengan motto Kota Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh partisipasi masyarakat terhadap program pembangunan gemma tapis berseri di Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung. Dalam penelitian ini menggunakan tipe eksplansi yaitu penelitian yang dilakukan untuk menguji hubungan antara dua variabel atau menjelaskan hubungan antara dua variabel. Besarnya pengaruh partisipasi masyarakat terhadap Program Pembangunan Gemma Tapis Berseri adalah sebesar 26,06%, sedangkan dari perhitungan pengujian hipotesis uji t mendapatkan angka sebesar 6,448 dan hasil t tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,000 dan pada taraf signifikan 1% t tabel sebesar 2,660 sehingga t hitung lebih besar dari t tabel atau 2,000 < 6,448 > 2,660. Dari hasil perhitungan tersebut di atas menunjukkan partisipasi masyarakat berpengaruh positif dan signifikan terhadap Program Pembangunan Gemma Tapis Berseri di Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung, dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan terbukti dan diterima.

Keywords


Partisipasi, Masyarakat, Gema Tapis Berseri

Full Text:

PDF

References


Akbar, M Fikri. (2017). Strategi Perubahan Dalam Usaha Perencanaan Pembangunan. Prosiding Komunikasi, 1(1).

Akbar, Muhammad Fikri, Putubasai, E., & Asmaria, A. (2019). Peran Komunikasi Dalam Pembangunan Masyarakat. Komunika, 2(2), 111–127.

Herlintati, H., Jaya, F. H., & Akbar, F. (2019). Peran Komunikasi Dalam Pembangunan Sumber Daya Manusia. Prosiding Sefila, 139–144.

Herlintati, H., Kusumastuti, H., & Akbar, M. F. (2020). Kemampuan Aparat Pemerintahan Kelurahan Dalam Menyelenggarakan Administrasi Pemerintahan Di Way Halim Permai Kecamatan Way Halim Kota Bandar Lampung. Politicon: Jurnal Ilmu Politik, 2(1), 13–34.

Lubis, B. S. J., & Mayarni, M. (2017). Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Fisik Di Kepenghuluan Bangko Pusaka Kecamatan Bangko Pusako Kabupaten Rokan Hilir. Riau University.

Martono, N. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif.

Muhammad Alfan Alfian. (2019). Politik Zonasi Dalam Praktik Pendidikan Di Indonesia. Politicon: Jurnal Ilmu Politik, 2(1), 117–133.

Ndraha, T. (1990). Membangun Good Governance Di Desa. Yogyakarta: Ire Perss.

Putri, H. M. (2019). Peran Tokoh Agama Dalam Partisipasi Politik Di Indonesia.

Suliyanto, S. E., & Mm, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif.

Susanti, S. (2017). Optimalisasi Strategi Green Product Terhadap Perkembangan Umkm Di Bandar Lampung Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Pada Dinas Koperasi Dan Ukm Kota Bandar Lampung). Uin Raden Intan Lampung.

Tuasikal, A. (2013). Fenomenologis Perencanaan Dan Penganggaran Pemerintah Daerah. Jurnal Akuntansi Universitas Jember, 11(2).




DOI: https://doi.org/10.15575/ks.v2i1.8156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Asmaria Asmaria, Lies Kumara Dewi, Muhammad Fikri Akbar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


UIN Sunan Gunung Djati

Kota Bandung, Jawa Barat
Handphone: +6285961137790

E-mail: KSosial@uinsgd.ac.id

Lisensi Creative Commons

Khazanah Sosial  are licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International


Click Her For See Stats