Envisaging Social Conflict of Youths’ Perspectives: Do Indonesian Youths’ Accept the Existence of LGBTQ + in Indonesia?


Ikrar Genidal Riadil(1*)

(1) Tidar University, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Kehadiran komunitas lesbian, gay, biseksual, transgender, dan queer adalah persyaratan wajib. Meskipun komunitas LGBTQ + adalah sekelompok orang yang prihatin dengan keyakinan agama, Indonesia bahkan sekarang menganggap LGBTQ + sebagai pelanggaran dan dosa. Mereka yang tidak secara konsekuen menyetujui pernikahan sesama jenis. Menariknya, persepsi ini telah diperdebatkan karena, pada kenyataannya, orang lain mungkin sudah mulai berpikiran terbuka dan sepenuhnya menerima prevalensi LGBTQ + orang di komunitas LGBTQ +. Studi ini menggunakan penelitian kualitatif untuk menyelidiki perspektif generasi muda Indonesia menuju komunitas LGBTQ + di Indonesia. Peneliti menggunakan kuesioner sebagai alat untuk pengumpulan data dengan sepuluh pertanyaan yang diperlukan untuk memenuhi perspektif pemuda Indonesia untuk menyelidiki sudut pandang mereka. Data penelitian yang dikumpulkan dari peserta Indonesia, dengan total adalah 83 pemuda Indonesia antara usia 15-26 di seluruh Indonesia. Karena isu penelitian ini cukup sensitif di Indonesia, pasti ada perspektif positif dan negatif yang juga terlihat pada hasil kuesioner. Singkatnya, tujuan studi akan lebih membantu pihak berwenang mengambil tindakan pencegahan untuk dimasukkan di masa depan. Juga, untuk menyelidiki para pemuda Indonesia dari latar belakang yang berbeda dari keyakinan dan perspektif terhadap komunitas LGBTQ +. Implikasi penelitian ini memberi tahu kaum muda subkultur LGBTQ + kepada orang tua dan guru Indonesia sebagai mereka yang bertanggung jawab untuk mendidik anak muda sehingga mereka tidak akan terpengaruh oleh fenomena sosial ini


Keywords


Indonesian youth’s, Psychology, LGBTQ+ Community, Sexuality, Social Conflict

Full Text:

PDF

References


Almeida, J., Johnson, R. M., Corliss, H. L., Molnar, B. E., & Azrael, D. (2009). Emotional distress among LGBT youth: The influence of perceived discrimination based on sexual orientation. Journal of youth and adolescence, 38(7), 1001-1014.

American psychological association. (1975). For a better undestanding of sexual orientation & homosexuality. Identity, 2(September), 1–6. Retrieved from www.apa.org/topics/sorientation.pdf.

Burns, C., & Krehely, J. (2011). Gay and transgender people face high rates of workplace discrimination and harassment data demonstrate need for federal law. American Progress, (May), 1–4.

Cam, L., & Tran, T. M. T. (2017). An evaluation of using games in teaching English grammar for first year English-majored students at Dong Nai Technology University. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 16(7), 55–71. Retrieved from https://pdfs.semanticscholar.org/ea44/48f1c6cbb8dab7420abbd20a993a86728206.pdf

Firdiansyah. (n.d.). “LGBT Marak, Apa Sikap Kita?” dalam sebuah diskusi Indonesian Lawyer’s Club (ILC) di TV.ONE.

Harahap, R. D. (2016). LGBT DI INDONESIA : Perspektif Hukum Islam, HAM, Psikologi dan Pendekatan Maṣlaḥah. Al-Ahkam, 26(2), 223. https://doi.org/10.21580/ahkam.2016.26.2.991

Hickey, P. (2011). Homosexuality: The mental illness that went away. Behaviorism and Mental Health, 8.

Lindesmith, A. R., Cory, D. W., & Ellis, A. (1952). The Homosexual in America: A Subjective Approach. American Sociological Review. https://doi.org/10.2307/2088387

Needham, B. L., & Austin, E. L. (2010). Sexual orientation, parental support, and health during the transition to young adulthood. Journal of youth and adolescence, 39(10), 1189-1198.

PBB, M. U. (2006). Deklarasi Universal Hak-Hak Asasi Manusia. Indonesian Journal of International Law, 4(1), 133–168. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Quinn Patton, M., & Cochran, M. (2007). A Guide to Using Qualitative Research Methodology. In Medecins Sans Frontieres. Retrieved from http://msf.openrepository.com/msf/handle/10144/84230

Riadil, I. G. (2020). DOES ORAL PRESENTATION AFFECT THE DEVELOPMENT OF THE STUDENTS’ABILITY TO SPEAK IN EFL CLASSROOM? Social Sciences, Humanities and Education Journal (SHE Journal), 1(2), 13-21.

Riadil, I. G. (2020). INVESTIGATING EFL LEARNERS’READING COMPREHENSION PROBLEMS AND STRATEGIES IN TIDAR UNIVERSITY. JELLT (Journal of English Language and Language Teaching), 4(1), 48-58.

Riadil, I. G. (2020). A Study of Students’ Perception: Identifying EFL Learners’ Problems in Speaking Skill. International Journal of Education, Language, and Religion, 2(1), 31-38.

Riadil, I. G. (2020). IDENTIFYING EFL STUDENTS’MOTIVATION TOWARDS READING ACTIVITY TO ENRICH THE CLASSROOM INTERACTION IN ELT CONTEXT. English Language and Pedagogy, 5(2), 1-10.

Riadil, I. G. (2020). Teaching English: An afresh sophisticated technique to cultivate digital native learners’ vocabulary by utilizing seesaw media as digital literacy. Journal of Research on English and Language Learning (J-REaLL), 1(2), 62-68.

Rosenstreich, G. (2013). LGBTI People Mental Health & Suicide. Revised 2nd Edition. National LGBTI Health Alliance, 5–20.

SANTOSO, M. B. (2016). Lgbt Dalam Perspektif Hak Asasi Manusia. Share : Social Work Journal, 6(2), 220. https://doi.org/10.24198/share.v6i2.13206

Saroh, Y.-, & Relawati, M. (2017). Indonesian Youth’S Perespective Towards Lgbt. Humanus, 16(1), 71. https://doi.org/10.24036/jh.v16i1.7323

Sujana, I. N., Setyawati, K. A., & Ujanti, N. M. P. (2018). the Existence of the Lesbian, Gay, Bisexual and Transgender (Lgbt) Community in the Perspective of a State Based on Pancasila. Mimbar Hukum - Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, 30(1), 126. https://doi.org/10.22146/jmh.28655

The American Psychological Association. (2008). Answer to Your Questions: for a Better Understanding of Sexual Orientation & Homoseuality. Retrieved June 11, 2020, from apa.org website: https://www.apa.org/topics/lgbt/orientation

Youth, L. G. B. T. (2014). Lesbian, gay, bisexual, and transgender health.




DOI: https://doi.org/10.15575/ks.v2i2.8819

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ikrar Genidal Riadil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


UIN Sunan Gunung Djati

Kota Bandung, Jawa Barat
Handphone: +6285961137790

E-mail: KSosial@uinsgd.ac.id

Lisensi Creative Commons

Khazanah Sosial  are licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International


Click Her For See Stats