Studi Penggunaan Analisis Pendekatan Ilmu-ilmu Sosial dalam Penelitian Hadis Metode Syarah


Wahyudin Darmalaksana(1*)

(1) ( Scopus ID: 57200216635 ) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu membahas penggunaan analisis dalam penelitian hadis melalui metode syarah dengan pendekatan ilmu-ilmu sosial. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif melalui studi pustaka dengan menerapkan analisis isi. Hasil dan pembahasan penelitian ini meliputi hadis sebagai subjek penelitian, pengembangan metode syarah hadis, dan penelitian hadis dengan analisis dari pendekatan ilmu-ilmu sosial. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan analisis dari pendekatan ilmu-ilmu sosial sangat terbuka lebar penerapannya dalam penelitian hadis dengan metode syarah. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya perumusan model analisis dari pendekatan ilmu-ilmu sosial dalam penelitian hadis secara lebih luas melalui asosiasi ilmu hadis Indonesia.


Keywords


Metode syarah hadis, Hadis sosial, Pendekatan ilmu-ilmu sosial, Penelitian hadis

Full Text:

PDF

References


Abbas, N. (2019). Masa Depan Hadis Dan ‘Ulum Al-Hadis (Suatu Gagasan Ke Arah Pembaruan Pemikiran Hadis). Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 13(1), 41–63.

Adib, H. M. (2011). Filsafat Ilmu: Ontologi, Epistemol ogi, Aksiologi, dan Logika Ilmu Pengetahuan. Pustaka Pelajar.

Adibah, I. Z. (2017). Pendekatan Sosiologis Dalam Studi Islam. INSPIRASI: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(1), 1–20.

Adriansyah, N. Z. (2018). Pola Kajian Hadis Akademik Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Di Indonesia (Studi Skripsi Mahasiswa Tafsir Hadis UIN Raden Fatah Palembang, UIN Syarif Kasim Pekanbaru dan UIN Imam Bonjol Padang). Jurnal Ilmu Agama: Mengkaji Doktrin, Pemikiran, Dan Fenomena Agama, 19(2), 177–195.

Afwadzi, B. (2016). Membangun Integrasi Ilmu-Ilmu Sosial dan Hadis Nabi. Jurnal Living Hadis, 1(1), 101–128.

Afwadzi, B. (2017). Integrasi ilmu-ilmu alam dan ilmu-ilmu sosial dengan pemahaman hadis Nabi: Telaah atas konsepsi, aplikasi, dan implikasi. Theologia, 28(2), 351–390.

Agus, B. (1999). Pengembangan ilmu-ilmu sosial: studi banding antara pandangan ilmiah dan ajaran Islam. Gema Insani.

Andariati, L. (2020). Hadis dan Sejarah Perkembangannya. Diroyah: Jurnal Studi Ilmu Hadis, 4(2).

Anggoro, T. (2019). Perkembangan Pemahaman Hadis Di Indonesia: Analisis Pergeseran Dan Tawaran Di Masa Kini. Diya Al-Afkar: Jurnal Studi Al-Quran Dan Al-Hadis, 7(01), 147–166.

Anshori, M. (2017). Syarḥ Hadis dari Masa Ke Masa. Jurnal Al-Irfani: Jurnal Kajian Tafsir Hadits, 3(1), 1–32.

Arifin, J. (2014). Pendekatan Ulama Hadis dan Ulama Fiqh dalam Menelaah Kontroversial Hadis. Jurnal Ushuluddin, 22(2), 145–154.

Ariyanto, D. A. S. (2018). Sains dan teknologi dalam perkembangan peradaban manusia. Seminar Nasional Pendidikan Teknik Otomotif.

Assagaf, J. (2015). Studi Hadis Dengan Pendekatan Sosiologis: Paradigma Living-Hadis. Holistic Al-Hadis, 1(2), 289–316.

Aw, L. C. (2011). Memahami Makna Hadis Secara Tekstual Dan Kontekstual. Ulumuna, 15(2), 391–414.

Bahammam, F. S. (2013). Fiqih Modern Praktis. Gramedia Pustaka Utama.

Bakri, S. (2016). Tarikh Islam: Transformasi Teologi dalam Lintasan Sejarah Peradaban. BukukuMedia.

Bentley, P. J., Gulbrandsen, M., & Kyvik, S. (2015). The relationship between basic and applied research in universities. Higher Education, 70(4), 689–709.

Bisryi, H. (2009). Mengakhiri Dikotomi Ilmu Dalam Dunia Pendidikan. Edukasia Islamika, 7(2), 70254.

Bistara, R. (2020). Perkembangan Ilmu Hadis Periode Keempat Dan Kelima. KACA (Karunia Cahaya Allah): Jurnal Dialogis Ilmu Ushuluddin, 10(1), 108–120.

Burhanuddin, B. (2018). Metode dalam memahami Hadis. Jurnal Al-Mubarak: Jurnal Kajian Al-Qur’an Dan Tafsir, 3(1), 1–11.

Chaer, M. T. (2014). Pendekatan Antropologi Dalam Studi Agama. At-Tahdzib: Jurnal Studi Islam Dan Muamalah, 2(2), 114–132.

Darmalaksana, W. (2004). Hadis di Mata Orientalis: Telaah atas Pandangan Ignaz Goldziher dan Joseph Schacht. Bandung: Benang Merah Press.

Darmalaksana, W. (2020a). Formula Penelitian Pengalaman Kelas Menulis. Jurnal Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung. http://digilib.uinsgd.ac.id/32620/

Darmalaksana, W. (2020b). Living Hadis Nilai-nilai Inti Manajemen Strategis Pendidikan Tinggi. Jurnal Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2.

Darmalaksana, W. (2020c). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Darmalaksana, W. (2020d). Prosiding Proses Bisnis Validitas Hadis untuk Perancangan Aplikasi Metode Tahrij. Jurnal Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1, 1–7.

Darmalaksana, W. (2020e). Rencana Implementasi Penelitian Hadis pada Pendidikan Tinggi Indonesia: Sebuah Analisis Kebijakan. Jurnal Hadis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Darmalaksana, W., Alawiah, N., Thoyib, E. H., Sadi’ah, S., & Ismail, E. (2019). Analisis Perkembangan Penelitian Living Al-Qur’an dan Hadis. Jurnal Perspektif, 3(2), 134–144.

Darmalaksana, W., Pahala, L., & Soetari, E. (2017). Kontroversi Hadis sebagai Sumber Hukum Islam. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya, 2(2), 245–258.

Dewi, S. K. (2017). Fungsi Performatif dan Informatif Living Hadis dalam Perspektif Sosiologi Reflektif. Jurnal Living Hadis, 2(2), 179–207.

Effendy, N. (2009). Perkembangan psikologi: Kelahiran integral. Anima, 24 (2), 124–131.

Faiqoh, L. (2017). Hermeneutika Otentisitas Hadis M. Mustofa Azami. Farabi: Journal of Ushuluddin & Islamic Thought, 14(1).

Firdaus, M. T., & Suryadilaga, M. A. (2019). Integrasi Keilmuan Dalam Kritik Matan Hadis. TAJDID: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 18(2), 153–176.

Hardiyati, M. (2020). Sejarah Perkembangan Ilmu Dunia Barat.

Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 2, 11–16.

Hariono, D. (2019). Syarah Hadis: Model dan Aplikasi Metodologis. UNIVERSUM: Jurnal KeIslaman Dan Kebudayaan, 13(2).

Hasbiansyah, O. (2008). Pendekatan fenomenologi: Pengantar praktik penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi. Mediator: Jurnal Komunikasi, 9(1), 163–180.

Hosen, M., & Musyafiq, A. (n.d.). Urgensi Integrasi Antara Ahli Fiqh dan Ahli Hadis dalam Memahami Sunah: Studi atas Pemikiran Syekh Muhammad al-Ghazali dalam Karyanya al-Sunah al-Nabawiyah baina Ahl al-Fiqh wa Ahl al-Hadis.

Hsieh, H.-F., & Shannon, S. E. (2005). Three approaches to qualitative content analysis. Qualitative Health Research, 15(9), 1277–1288.

Huda, M. D. (2016). Pendekatan antropologis dalam studi islam. Didaktika Religia, 4(2), 139–162.

Huda, N., & Pahrudin, A. (2018). Orientasi Kajian Hadis Kontemporer Indonesia (Studi Artikel E-Jurnal Dalam Portal Moraref 2015-2017). Refleksi, 17(2), 169–192.

Husnaini, A. (n.d.). Ulumul Hadis dan Sejarah Perkembangannya.

Ibrahim, M. I., Nazri, F. I., Basiron, B., Baharuddin, A., Bidang, M.,

Persepsi, K., & Bentong, S. I. (2018). Islam serta pembentukan sains dan teknologi. Prosiding Seminar Tamadun Islam UTM, 1–2.

Irawan, R. (2019). Metode Kontekstual Penafsiran Al-Qur’an Perspektif Fazlur Rahman. Al-Dzikra: Jurnal Studi Ilmu Al-Qur’an Dan Al-Hadits, 13(2), 171–194.

Ismail, M. Y. (2016). Peranan Sains Moden dalam Interaksi teks Hadis: Penelitian Terhadap Hadis Berkaitan Penciptaan Janin Manusia.

Jannah, D. (2017). Kritik dan Syarah Hadits. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1).

Kurniati, Y. (2020). Rekonstruksi Metodologi Keilmuan Syarah Hadis Klasik. Islam Transformatif: Journal of Islamic Studies, 4(1), 46–56.

Lubis, H. M. R. (2017). Sosiologi Agama: Memahami Perkembangan Agama dalam Interaksi Islam. Kencana.

Lukman, F. (2017). Integrasi-Interkoneksi dalam Studi Hadis Disertasi Di Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta. RELIGIA, 1–11.

Mahyudi, D. (2016). Pendekatan Antropologi Dan Sosiologi Dalam Studi Islam. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 2(2).

Maliki, Z. (2018). Rekontruksi Teori Sosial Modern. UGM PRESS.

Mardiana, D., & Darmalaksana, W. (2020). Relevansi Syahid Ma’nawi dengan Peristiwa Pandemic Covid-19: Studi Matan Pendekatan Ma’anil Hadis. Jurnal Perspektif, 4(1), 12–19.

Menčik, D. (2020). Perspectivism of Renaisance Thought. Doi: Http://Dx. Doi. Org/10.12681/Eml, 22101.

Muhsin, M. (2015). Memahami Hadis Nabi dalam Konteks Kekinian: Studi Living-Hadis. Holistic Al-Hadis, 1(1), 1–24.

Muhtador, M. (2016). Sejarah Perkembangan Metode dan Pendekatan Syarah Hadis. Riwayah, 2(2), 259–272.

Muin, M. (2015). Pemahaman Komprehensif Hadis Melalui Asbab Al-Wurud. Addin, 7(2).

Musa, A. Y. (2010). Hadith as scripture: discussions on the authority of prophetic traditions in Islam. AMERICAN JOURNAL OF ISLAMIC SOCIAL SCIENCES 27: 1, 132.

Nufus, A. H. (2018). Pengantar dan Sejarah Perkembangan Ilmu Hadits.

Panjwani, F. (2012). Fazlur Rahman and the search for authentic Islamic education: A critical appreciation. Curriculum Inquiry, 42(1), 33–55.

Qomarullah, M. (2016). Metode Takhrij Hadits Dalam Menakar Hadits Nabi. EL-Ghiroh, 11(2), 23–34.

Qudsy, S. Z. (2016). Living Hadis: Genealogi, Teori, dan Aplikasi. Jurnal Living Hadis, 1(1), 177–196.

Raharusun, A. S. (2016). Tasawuf Nabawi: Membaca Maqom Rido Dalam Hadis Nabi. Syifa Al-Qulub, 1(1), 99–112.

Rahman, F. (1984). Islam and modernity: Transformation of an intellectual tradition (Vol. 15). University of Chicago Press.

Rahman, F. (2009). Major Themes of the Qur’an. University of Chicago Press.

Ramah, M. (2019). Wacana dalam Perkembangan Ilmu Sosial Modern. KINESIK, 6(2), 165–175.

Rodliyana, M. D. (2012). Hegemoni Fiqh Terhadap Penulisan Kitab Hadith. JOURNAL OF QUR’AN AND HADITH STUDIES, 1(1), 119–144.

Rohmana, J. A. (2015). Pendekatan Antropologi Dalam Studi Living Hadis Di Indonesia: Sebuah Kajian Awal. Holistic Al-Hadis, 1(2), 247–288.

Rohmatika, R. V. (2019). Pendekatan Interdisipliner dan Multidisipliner Dalam Studi Islam. Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama, 14(1), 115–132.

Rokhzi, M. F. (2015). Pendekatan Sejarah dalam Studi Islam. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 2(1), 85–94.

Sagir, A. (2017). Perkembangan Syarah Hadis dalam Tradisi Keilmuan Islam. Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin, 9(2), 129–151.

Saifullah, S. (2014). Renaissance dan Humanisme Sebagai Jembatan Lahirnya Filsafat Modern. Jurnal Ushuluddin, 22(2), 133–144.

Salleh, N. M., Shamsu, L. S. H., Wazir, R., Usman, A. H., Abdullah, M. F. R., Ismail, A. Z., & Burhanuddin, N. A. (2019). Penyalahgunaan Living Hadis dalam Kalangan Kelompok Liberal: Satu Sorotan Literatur Secara Sistematik. HADIS, 9(17), 65–78.

Salleh, N. M., Usman, A. H., Wazir, R., Shamsu, L. S. H., & Burhanuddin, N. A. (2020). Living Sunnah Menurut Fazlur Rahman: Satu Sorotan Literatur Secara Sistematik. AL-BURHĀN: JOURNAL OF QURʾĀN AND SUNNAH STUDIES, 4(1), 127–141.

Santosa, S. (2016). Melacak Jejak Pensyarahan Kitab Hadis. Diroyah: Jurnal Ilmu Hadis, 1(1).

Soetari, E. (1994). Ilmu Hadits. Amal Bakti Press.

Soetari, E. (2005). Ilmu Hadits: Kajian Riwayah dan Dirayah. Mimbar Pustaka.

Soetari, E. (2015). Syarah dan Kritik Hadis dengan Metode Tahrij: Teori dan Aplikasi (2nd ed.). Yayasan Amal Bakti Gombong Layang.

Solahudin, M. (2016). Pendekatan Tekstual dan Kontekstual dalam Penafsiran Alquran. Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 1(2), 115–130.

Sulaemang, S. L. (2016). Teknik Interpretasi Hadis dalam Kitab Syarah Al-Hadis. Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin, 14(2), 125–132.

Sumarna, E. (2016). Syarah Hadis dalam Perspektif Kritik Dakhili dan Khariji (Menuju Pemaknaan Hadis yang Integritas). Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 14(2), 157–164.

Suryadilaga, M Alfatih. (2006). Living Hadis dalam Kerangka Dasar Keilmuan UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta: DIPA UIN Sunan Kalijaga.

Suryadilaga, M Alfatih. (2007). Implementasi Pendekatan Integrasi-Interkoneksi dalam Kajian Living Hadis. Islamic Studies dalam Paradigma Integrasi-Interkoneksi: Sebuah Antologi ….

Suryadilaga, Muhammad Alfatih. (2015). Ragam Studi Hadis di PTKIN Indonesia dan Karakteristiknya: Studi atas Kurikulum IAIN Bukittinggi, IAIN Batusangkar, UIN Sunan Kalijaga, dan IAIN Jember. JOURNAL OF QUR’AN AND HADITH STUDIES, 4(2), 215–247.

Suryadilaga, Muhammad Alfatih. (2016). Profil Prodi Ilmu Hadis di Era Globalisasi Teknologi Informasi. Riwayah, 2(1), 114–131.

Sy, S. (2017). Pengaruh Hadis Dalam Ilmu Fiqih dan Teologi (Kajian Tokoh dan Pemikiran Imam Syafii). El-Furqania: Jurnal Ushuluddin Dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(02), 221–233.

Syafii, S. (2017). Dari ilmu tauhid/ilmu kalam ke teologi: analisis epistemologis. Jurnal Theologia, 23(1), 1–15.

Taufik, E. T. (2020a). Epistemologi Syaraḥ Hadis di Perguruan Tinggi: Diskursus Genealogis Terhadap Transmisi dan Transformasi Metode Syaraḥ Hadis di Indonesia. Ushuluna: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 6(2), 33–50.

Taufik, E. T. (2020b). Syaraḥ Hadis Di Perguruan Tinggi: Genealogis Transmisi Dan Transformasi Metode Syaraḥ Hadis Di Indonesia. Ushuluna: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 6(2), 33–50.

Thantowi, M. R. (1994). Fungsi al-qur’an dan as sunnah sebagai petunjuk bagi manusia. IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Tim Penyusun. (2018a). Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2500 Tahun 2018 tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Jenjang Sarjana pada PTKI.

Tim Penyusun. (2018b). Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 6165 Tahun 2018 tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Jenjang Magister dan Doktor pada PTKI.

Tim Penyusun. (2018c). Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 6994 Tahun 2018 tentang Agenda Riset Keagamaan Nasional (Arkan) 2018–2028.

Tim Penyusun. (2019a). Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 102 Tahun 2019 tentang Standar Keagamaan Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam.

Tim Penyusun. (2019b). Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2498 Tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Integrasi Ilmu di PTKI.

umi Rosidah, F. (2011). Pendekatan Antropologi dalam Studi Agama. Religio: Jurnal Studi Agama-Agama, 1(1), 23–32.

Wahid, R. A. (2017). Masa depan perkembangan kajian hadis di nusantara. Kertas Dibentangkan, Anjuran Kolej Universiti Islam Antarabangsa Selangor, 15.

Wahid, R. A., & Masri, D. (2018). Perkembangan Terkini Studi Hadis Di Indonesia: Peran Lembaga-Lembaga Pendidikan dalam Pengkajian Hadis.

Wahid, R. A., & Masri, D. (2019). Perkembangan Terkini Studi Hadis di Indonesia. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 42(2), 263–280.

Wazna, R. (2018). Metode Kontemporer Menggali Otentisitas Hadis (Kajian Pemikiran Harald Motzki). Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin, 17(2), 112–125.

Wendry, N., Anshori, M., Majid, A., M Dalil, F. Y., & Rahman, H. (2018). Paradigma Studi Hadis Kontemporer.

Zahrah, N. S. (2020). Gharib al-Hadits Sebagai Embriologi Syarah Hadits dan Transformasinya. El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Tafsir Hadis, 9(1), 127–141.

Zuhri, M. (2015). Perkembangan Kajian Hadis Kesarjanaan Barat. ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam, 16(2), 215–234.

Zuhri, S., & Dewi, S. K. (2018). Living Hadis; Praktik, Resepsi, Teks, dan Transmisi. Yogyakarta: Q-Media.




DOI: https://doi.org/10.15575/ks.v2i3.9599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Wahyudin Darmalaksana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


UIN Sunan Gunung Djati

Kota Bandung, Jawa Barat
Handphone: +6285961137790

E-mail: KSosial@uinsgd.ac.id

Lisensi Creative Commons

Khazanah Sosial  are licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International


Click Her For See Stats