Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for LIKUID: Jurnal Ekonomi Industri Halal?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Author Guidelines

LIKUID: Jurnal Ekonomi Industri Halal

Artikel Jurnal

  1. Tidak mengandung unsur plagiarisme dan memiliki indeks similaritymaksimal 25%
  2. Tidak pernah dan belum di publikasi pada jurnal lain.
  3. Ditulis menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris (menggunakan Microsoft Word, Candara 11pt, 1,15 spasi, ukuran kertas B5)
  4. Dikirim melalui https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/likuid

A.   Substansi artikel dan sistematika penulisan

Artike yang diterbitkan di LIKUID: Jurnal Ekonomi Industri Halal merupakan kajian ekonomi syariah dengan memfokuskan kajian pada ekonomi Industri halal. Lingkup industri halal terdiri dari keuangan syariah, bisnis syariah, dan industri produk halal. Unsur-unsur yang harus ada dalam artikel adalah: 1) judul, 2) nama lengkap penulis, afiliasi penulis, negara, dan email, 3) abstrak dan kata kunci, 4) pendahuluan, 5) metodologi, 6) hasil penelitian dan pembahasan, 7) simpulan dan 8) referensi.


B.   Gaya penulisan

Jurnal yang diterbitkan di LIKUID: Jurnal Ekonomi Industri Halal memiliki gaya penulisan sebagai berikut:

  1. 1. Artikel yang diterima adalah artikel yang ditulis dengan menggunakan program MS-Word, kertas B5 (18,2 x 25,7), dalam 15 sd 20 halaman, tidak menggunakan numbering dan bulleting, dengan spasi 1,15 dan menggunakan font Candara 11pt, dengan margin bawah, atas, dan kanan 2,5 cm.
  2. Judul artikel ditulis secara spesifik dan efektif, maksimal 15 kata bahasa Indonesia dengan menggunakan huruf kapital dan rata tengah.
  3. Abstrak adalah intisari jurnal, ditulis dalam satu paragraf, menggunakan bahasa Inggris  dan bahasa Indonesia, dengan satu spasi rata kanan dan maksimal 150-250 kata.
  4. Kata kunci terdiri dari 3 sampai 5 kata kunci yang mencerminkan konsep yang tertulis dalam jurnal.
  5. Pendahuluan. Bagian ini memberikan latar belakang penelitian, pene­liti­an-penelitian yang terkait yang pernah ada, perbedaan dari penelitian sebe­lumnya sehingga memunculkan kebaruan penelitian, tujuan penu­lisan, harapan yang ingin dicapai dari tulisan dan manfaat ilmiah dari tulisan. keseluruhan dalam bentuk paragraph tanpa number­ing dan bulleting. Pendahuluan maksimal 20% dari isi artikel.
  6. Metode. Bagian ini mencakup desain/rancangan penelitian, populasi dan sampel atau subjek penelitian, teknik pengumpulan data, prosedur penelitian dan analisis data.
  7. Hasil Penelitian dan Pembahasan. Bagian ini terdiri dari temuan hasil penelitian ber­da­sar­kan data lapangan yang diperoleh dengan angket, survey, doku­men, interview, obervasi dan teknik pengumpulan data lainnya. Hasil temuan penelitian dianalisis dengan interpretasi dan sintesis dengan teori tertentu (bisa juga berasal dari pemikiran penulis).
  8. Simpulan. berisi ringkasan jawaban tujuan penulisan, kemungkinan penerapan atau pengembangan penelitian dan rekomendasi untuk penelitian selanjut­nya.
  9. Referensi. Presentasi bahan referensi yang dipergunakan adalah 80% dari artikel jurnal, prosiding konferensi atau hasil penelitian dari 5 (lima) tahun terakhir. Kami menyarankan penulisan referensi untuk menggunakan softwere seperti mendeley, EndNote, Reference Manager, atau Zotero.
  10. Tabel dan grafik yang diterapkan harus disertai dengan sumber dan penomoran.
  11. Catatan kaki dan daftar pustaka menggunakan pedoman penulisan LIKUID: Jurnal Ekonomi Industri Halal.
  12. Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris yang digunakan dalam LIKUID: Jurnal Ekonomi Industri Halal adalah Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris yang baik dan benar.
 
C.   Gaya catatan kaki/ Footnote

 Sistem catatan kaki yang diterapkan di LIKUID: Jurnal Ekonomi Industri Halal adalah Format penulisan referensi mengikuti Chicago Manual of Style 17th edition (full note) dan menggunakan alat manajemen referensi Mendeley/ Zotero /Endnote.

 

D.   Referensi

Refernsi LIKUID: Jurnal Ekonomi Industri Halal disusun menurut abjad berdasarkan nama belakang penulis yang dikutip. Format penulisan daftar pustaka mengikuti Chicago Manual of Style edisi ke-17 (Catatan lengkap) dan menggunakan alat manajemen (Mendeley/Zotero/Endnote).

Referensi (Minimal 20), setiap referensi bibliografi diacu pada body record (kutipan). Referensi harus memuat: - Referensi utama (jurnal, prosiding) minimal 80% dari semua referensi - Referensi terkini (5 tahun terakhir) minimal 80% dari semua referensi.

 

E.    Transliterasi Arab ke Latin

Pedoman transliterasi yang digunakan dalam jurnal ini mengacu pada Surat Keputusan Bersama Departemen Agama dan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan No. 158 Tahun 1987 dan Nomor 0543b/U/1987.

 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.