The Urgency of Halal Certification in Halal Cosmetic Brands in Indonesia


Azzahra Fitriani Putri(1*)

(1) UPN Veteran Jakarta,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Kebutuhan kosmetik di Indonesia untuk mendapatkan sertifikasi halal berakar pada populasi negara yang mayoritas beragama Islam dan komitmennya terhadap prinsip-prinsip Islam. Oleh karena itu, merek kosmetik halal hadir sebagai pilihan yang tepat karena terdiri dari bahan-bahan yang aman, bersertifikat, dan diakui kehalalannya. Tingginya permintaan serta kesadaran halal dari masyarakat akan produk kosmetik halal menjadi salah satu faktor yang mendesak untuk memiliki sertifikasi halal bagi sebuah merek. Sertifikasi ini tidak hanya memenuhi kebutuhan populasi Muslim lokal tetapi juga memposisikan Indonesia di pasar halal global. Pertumbuhan pasar Indonesia juga terus mendukung produk dalam negeri yang mencari peluang untuk memenuhi pasar domestik dan memberikan dampak yang signifikan di kancah internasional. Selain itu, terdapat tantangan yang dapat dihadapi oleh industri kosmetik halal mulai dari proses sertifikasi hingga edukasi konsumen dan akses pasar global. Metode kualitatif melalui studi literatur digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui urgensi sertifikasi halal pada merek-merek kosmetik di Indonesia untuk mendorong mereka menjadi merek kosmetik berstandar halal.


Keywords


Sertifikasi; Kosmetik; Halal

Full Text:

PDF

References


Aisyah, M. (2016). Consumer Demand on Halal Cosmetics and Personal Care Products in Indonesia. Al-Iqtishad: Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah, 9(1), 125-142.

Bambang Saiful Ma’arif, Nandang HMZ, M. Fauzi Arif, (2023), Citizens’ Preferences Toward Halal Products in Social and Humaniora Research Symposium (SoRes), KnE Life Sciences, pages 520–529.

Hrp, A. K. Z., Siregar, R. A., & Marpaung, M. (2022). Analysis of the Effect of Halal Awareness, Subjective Norms, Attitudes and Intentions on Consumer Interest and Use of Halal Cosmetics. International Journal of Economics (IJEC), 1(2), 300-314

International Agency for Research on Cancer, & International Agency for Research on Cancer. (1993). Beryllium, cadmium, mercury, and exposures in the glass manufacturing industry (Vol. 58). IARC, World Health Organization.

Karimah, A. I., & Alifa, N. R. (2023). Keputusan Pembelian Produk Kosmetik PT. Paragon Technology and Innovation Berdasarkan Brand Awareness dan Halal Awareness. Likuid Jurnal Ekonomi Industri Halal, 3(2), 77-91.

Kurniawati, D. A., & Savitri, H. (2020). Awareness level analysis of Indonesian consumers toward halal products. Journal of Islamic Marketing, 11(2), 522-546.

Mulyarahardja, R., Adhitya, A. G., Budiharga, J. W. M., Ciptadi, & Samuel, Y. P. (2023). Determinants of Purchase Intention of Halal Cosmetic Products Among Muslim Females: Evidence from Indonesia. Journal of Halal Product and Research (JHPR), 6(1), 55–68. https://doi.org/10.20473/jhpr.vol.6-issue.1.55-68

Mustika, A., Hendradewi, S., & Ratnaningtyas, H. (2022). Halal Label: Is It Important In Determining Buying Interest?. Current Issues in Tourism.

Pavithra, K. G., SundarRajan, P., Kumar, P. S., & Rangasamy, G. (2023). Mercury Sources, Contaminations, Mercury Cycle, Detection, and Treatment Techniques: A Review. Chemosphere, 312, 137314.

Prakasita, T. A., & Wardana, A. (2022). Safety, Quality, and Religion on the Consumption of Halal Cosmetic Products: Views of Female Muslim University-Students. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 11(2), 191-203.




DOI: https://doi.org/10.15575/likuid.v4i1.30985

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Tools

  

 LIKUID Jurnal EkonomI Industri Halal Indexed by

       

 

Sharia Economics Study Program

Faculty of Islamic Economics and Business

UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jln. AH. Nasution No. 105 Bandung 40614
Phone/Fax. 022-7802278, Email: eksyar@uinsgd.ac.id

 

View My Stats