Peran Kecerdasan Emotional (Emotional Intellegence) Dalam Meningkatkan Empati Multibudaya (Multicultural Empathy) Pembimbing Haji


Tuti Alawiyah(1*), Rima Irmayanti(2), Devy Sekar Ayu Ningrum(3), Maya Masyita Suherman(4)

(1) IKIP Siliwangi Cimahi, Indonesia
(2) IKIP Siliwangi Cimahi, Indonesia
(3) IKIP Siliwangi Cimahi, Indonesia
(4) IKIP Siliwangi Cimahi, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Kondisi jama’ah yang heterogen perlu disikapi secara empatik oleh pembimbing haji untuk meminimalisir konflik yang disebabkan oleh kesalahfahaman budaya baik antara jama’ah dengan pembimbing maupun diantara jama’ah sendiri sehingga tujuan dari pelaksanaan ibadah haji dapat tercapai. Oleh karena itu, peningkatan keterampilan empati multibudaya (multicultural empathy) menjadi sangat penting bagi pembimbing haji. Empati multibudaya tersebut meliputi kemampuan pembimbing untuk memahami dan berkomunikasi dengan jama’ah pada tingkat emosional, kognitif, dan perilaku. Artikel ini merupakan studi literatur yang berisi ulasan, rangkuman, dan pemikiran penulis tentang Peran Kecerdasan Emotional (Emotional Intellegence) Dalam Meningkatkan Empati Multibudaya (Multicultural Empathy) Pembimbing Haji. Data dibangun dengan menelusuri literatur berupa artikel-artikel konseptual yang relevan dan studi-studi terdahulu yang darinya kesimpulan dapat ditarik. Artikel konseptual ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang berharga dalam diskusi ilmiah serta menjadi data awal untuk penelitian tentang tema yang relevan.

Keywords


Kecerdasan emotional; empati multibudaya; pembimbing haji.

Full Text:

PDF

References


Baruth, Leroy G. & Manning, M. Lee. (2007). Multicultural Counseling and Psychotherapy; A Lifespan Approach. New Jersey: Pearson.

Davis, M. H. (1983). Measuring individual differences in empathy: Evidence for a multidimensional approach. Journal of Personality and Social Psychology, 44(1), 113– 126. https://doi.org/10.1037/0022-3514.44.1.113.

Eatough, Erin (2023). Developing cognitive empathy to become a better coworker

https://www.betterup.com/blog/cognitive-empathy.

Ekman, P. (1972). Universal and Cultural Differences in Facial Expression of Emotions. In J. Cole (Ed.), Nebraska.

Ekman, P. (1999). Basic emotions. In T. Dalgleish and M. Power (Eds.), Handbook of Cognition and Emotion. Sussex: John Wiley & Sons.

Goleman, D. (2007). Emotional Intelligence (10th ed.). Bantam Books.

Hays, Danica G. & Erford, Bradley T. (2010). Developing Multicultural Counseling Competence: A Systems Approach. New Jersey: Pearson

LeDoux, J. (2012) Rethinking the Emotional

Brain. Neuron, 73, 653-676. https://doi.org/10.1016/j.neuron.2012.02.004.

Myers, M. W., & Hodges, S. D. (2013). Empathy: Perspective taking and prosocial behavior: Caring for others like we care for the self. https://doi.org/10.1037/14042-013

Rogers, CR. (1961) On Becoming a Person: A Therapist’s View of Psychotherapy. Houghton Mifflin, Boston.

Nugraha, A & Sulstiana, D (2017). Kepekaan Multibudaya Bagi Konselor Dalam Layanan Konseling. http://journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling.

Surya, Mohamad. (2003). Psikologi Konseling. Bandung: C. V. Pustaka Bani Quraisy.




DOI: https://doi.org/10.15575/mjhu.v2i1.29715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 

 

 

 

 

 


Editorial Office:
S1 Program Studi Manajemen Haji dan Umrah
Fakultas Dakwah dan Komunikasi
UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jalan A.H. Nasution No. 105, Cibiru
Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40614
Phone: 022- 7802276