Evaluasi Dampak Kebijakan Mesin Parkir Elektronik di Kota Bandung

Diki Suherman

Abstract


Pemerintah Kota Bandung pada tahun 2016 memasang mesin parkir yang berjumlah 445 mesin sebagai inovasi di bidang transportasi. Hal itu untuk menunjang keberhasilan Kota Bandung sebagai smart city. Selain itu,  untuk menciptakan layanan publik bidang transportasi dan mobilitas yang lebih baik, untuk menghilangkan permasalahan umum dalam transportasi seperti macet, pelanggaran lalu lintas, dan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui retribusi parkir. Namun sejauh ini, dalam penerapannya mesin parkir tersebut belum berjalan efektif untuk menambah Pendapatan Asli Daerah Kota Bandung. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana evaluasi dampak kebijakan mesin parkir elektronik di Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitaitif dengan jenis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan mesin parkir elektronik di Kota Bandung sebagai bagian dari smart city belum terealisasi secara optimal. Hal itu dapat dilihat dari berbagai aspek, baik dari penggunaan mesin parkir, sistem pembayaran yang masih ada yang manual, maupun target peningkatan retribusi parkir yang jauh dari target Pendapatan Asli Daerah. Adapun rekomendasi dari penelitian ini di antaranya: 1) pentingnya sosialisasi yang maksimal yang tidak hanya melalui acara incidental tapi harus continueitas; 2) dibutuhkan rekrutmen petugas yang baik untuk memilih sumber daya manusia yang berkompeten; 3) perlunya diperhatikan aspek-aspek lain melalui forcesting dan planning yang baik untuk mengetahui kendala dalam upaya peningkatan retribusi  daerah


Keywords


Evaluasi, Dampak Kebijakan, Mesin Parkir Elektronik (e-Parkir)

Full Text:

PDF

References


Adriyanto, T., & Kismartini, K. (2016). Evaluasi Kebijakan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Semarang. Journal of Public Policy and Management Review, 5(3), 396–409.

Alia, S., & Maulana, J. (2019). Analisis Program Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan di Kota Bandung Analysis of the Regional Development and Empowerment Program in Bandung City. Politicon: Jurnal Ilmu Politik.

Anam, S. (2019). Evaluasi Kebijakan Sistem Zonasi Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (Ppdb) Di Tingkat Sekolah Menengah Pertama Negeri (Smpn) Di Kabupaten Pamekasan. Reformasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 9(2), 112–122.

Anggraenie, N. T., & Setyono, J. S. (2020). Evaluasi Kebijakan Konservasi Kota Kecil Lasem, Kabupaten Rembang. Teknik PWK (Perencanaan Wilayah Kota), 9(1).

Arifani, M. A., Sari, A. L., & Rifkah, R. (2018). Aplikasi Regulasi Pembinaan Anak Jalanan Oleh Dinas Sosial Dan Penanggulangan Kemiskinan Kota Bandung. JISPO: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 8(2), 147–155.

Chandra, N., Sutan, K., Antonious, C., & Handoko, C. (2019). Aplikasi Parkir Menggunakan Ionic Framework dan Firebase. Engineering, MAthematics and Computer Science (EMACS) Journal, 1(1), 43–48.

Dewi, R. S., & Julianto, P. (2019). Analisis Efektivitas Penggunaan Sistem E-Parking Dalam Pembayaran Retribusi Parkir Di Kabupaten Tabanan. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 10(3), 390–401.

Indrawati, N. (2016). Penyusunan anggaran dalam era new public management: Implementasinya di Indonesia. JRAB: Jurnal Riset Akuntansi & Bisnis, 10(2).

Jang, B.-W., & Kim, C.-G. (2019). Impact localization of composite stiffened panel with triangulation method using normalized magnitudes of fiber optic sensor signals. Composite Structures, 211, 522–529.

Kireina, N. F. (2017). Mesin parkir elektronik sebagai wujud dari smart city di kota bandung. JISPO: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 7(2), 63–80.

Lintjewas, O., Tulusan, F., & Egetan, M. (2016). Evaluasi Kebijakan Pemberian Bantuan Pengembangan Usaha Mina Perdesaan di Kabupaten Minahasa Selatan. JURNAL ILMIAH SOCIETY, 2(20).

Nurmawan, A. R., Saadah, K., & Suwondo, S. (2019). Analisis Efektivitas Program Terminal Parkir Elektronik Sebagai Perwujudan Smart City Kota Bandung. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 10(1), 1274–1284.

Prasetyo, W. D., Harsan, T., & Pujiyana, P. (2019). Partisipasi Politik Pemilih Pemula Dalam Pemilihan Umum 2019 Di Kelurahan Sumber Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta. Civics Education And Social Science Journal (CESSJ), 1(1).

Septiadi, M. A. (2019). Strategi Kualitas Pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bandung. Politicon: Jurnal Ilmu Politik, 1(1), 71–86.

Permana, I., & Jafar, L. A. (2020). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kota Cirebon. Prosiding Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) Klaster Humanoira.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kauntitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yusuf, A. M. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Prenada Media.




DOI: https://doi.org/10.15575/politicon.v2i1.7919

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Diki Suherman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter

 

 

1th Floor, Building of FISIP
Jl. Raya A.H. Nasution No. 105 Cibiru Kota Bandung, 40614
Handphone: +6282176562270

E-mail: journalpoliticon@uinsgd.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

POLITICON : Jurnal Ilmu Politik  are licensed under Attribution-ShareAlike 4.0 International