Peranan Marketplace dalam Upaya Meningkatkan Pangsa Pasar pada Kampung Tas dan Ransel Desa Margahayu Tengah Kabupaten Bandung


Firman Asriadi(1), Rakhmia Nalibratawati(2*)

(1) Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Winayamukti,  
(2) ,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam upaya memacu perkembangan dan pertumbuhan pelaku usaha kecil,
diperlukan suatu cara atau metode tertentu untuk meningkatkan penjualan mereka.
Salah satu upaya yang dilakukan adalah memanfaatkan media digital yang telah
berkembang pesat penerapannya secara online oleh banyak pelaku usaha.
Permasalahan yang muncul adalah bagaimana memilih dan menentukan media
yang paling efektif dalam rangka meningkatkan aktivitas pemasaran sehingga
omzet penjualan dapat meningkat secara signifikan. Untuk menjawab
permasalahan tersebut, penelitian ini bermaksud untuk mencoba menguji agar
dapat menemukan dan menetapkan media digital (marketplace) yang terbaik untuk
media pemasaran pelaku usaha tersebut, sehingga kegiatan pemasaran pelaku usaha
kecil dapat berjalan dengan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode deskriptif, yaitu penelitian untuk membuat gambaran umum mengenai
situasi atau kejadian. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk data primer
adalah dengan cara observasi dan wawancara, sedangkan untuk data sekunder
berdasarkan studi kepustakaan. Untuk membuktikan efektifitas media pemasaran
digital berupa marketplace, maka diperlukan subyek penelitian yaitu pelaku usaha
kecil yang terlibat langsung dengan pemasaran online, pendekatan wawancara dan
tingkat keberhasilan mereka dalam penggunaan media digital (marketplace)
tersebut. Melalui penelitian ini diharapkan pelaku usaha kecil dapat memilih secara
efektif penggunaan media digital (marketplace) dalam kegiatan pemasaran mereka
sehingga omzet penjualan mereka dapat meningkat. Penelitian mengambil lokasi
atau obyek penelitian di Kampung Tas dan Ransel Desa Margahayu Tengah
Kabupaten Bandung. Mengingat perilaku konsumen dan sosial budaya di kampung
tersebut berbeda antara para pengrajin, tentunya harus dapat diukur atau diuji,
apakah ada hubungan linier secara signifikan pemanfaatan marketplace dalam
upaya peningkatan kegiatan pemasaran dan penjualan produk pelaku usaha.

Kata kunci: Marketplace, Pelaku usaha kecil, Pangsa Pasar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15575/prestise.v1i1.16646

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prestise: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ekonomi dan Bisnis



Google Scholar

Garuda