Dampak Penggunaan Platform Digital Terhadap Perkembangan UMKM Indonesia


Eva Shakira(1*), Husna Karima Rahmawulan(2), Vemy Suci Asih(3)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Transformasi digital dalam bisnis UMKM semakin berkembang pesat, mengubah perilaku manusia dan mempercepat proses digitalisasi. Maka dukungan Platform Digital terhadap UMKM harus ditingkatkan agar UMKM memiliki nilai tambah sehingga UMKM bisa naik kelas. Penelitian Perkembangan Platform Digital terhadap UMKM di Indonesia ini bertujuan agar mengetahui sejauh mana UMKM menggunakan Platform Digital untuk bertransaksi. Metode Penelitian ini menggunakan dua jenis Metode yaitu Metode Literatur dan Metode Kualitatif, dengan menggunakan studi Pustaka pada metode Literatur serta Teknik Observasi, penyebaran angket dan wawancara pada Metode Kualitatif untuk mengumpulkan data kepada 10 pengusaha UMKM di Kabupaten Bandung, Indoensia. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa perkembangan platfrom digital terhadap UMKM hampir semua UMKM sudah menggunakan platform digital untuk bertransaksi. Dari Penelitian ini dapat diketahui bahwa melalui Platform Digital sebagai wadah untuk bertransaksi, UMKM mengalami perkembangan usaha.

 

Kata kunci: Platform Digital, UMKM


Full Text:

PDF

References


Afandi, D. R., & Putra, M. (2020). Pengembangan Kinerja UKM: Penggunaan Platform Digital dengan Kemampuan Jaringan dan Ambidexterity. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(2), 93-102.

Ana, W., Tiara Dwi Fulandari Sophan, C. N., & Sanggarwati, D. A. (2021). Pengaruh Pemasaran Media Online dan Marketplace terhadap Tingkat Penjualan Produk Umkm Cn Collectiondi Sidoarjo. Media Mahardhika, 19(3), 517-522.

Ardiansyah, T. (2020). Model Platform E-Commerce Dalam Mendukung Kesuksesan Umkm Di Indonesia. Jurnal Usaha, 1(1), 1-12.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah. JMD: Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2), 62-76.

Pradiani. (2017). Pengarush Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Hasil Penjualan Industri Rumahan. Jurnal Jibeka, 11(2), 46-53.

Sarfiah, S. N., Atmaja, H. E., & Verawati., D. M. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 137-146.

Wibawa, A. E. (2021). Implementasi Platform Digital Sebagai Media Pembelajaran Daring Di Muhammdiyah PK Kartasura Pada Masa Pandemi Covid-19. Berajah Journal, 1(2), 76-84.




DOI: https://doi.org/10.15575/prestise.v3i1.30447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prestise: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ekonomi dan Bisnis



Google Scholar

Garuda