MANAJEMEN PARAWISATA HALAL DI KABUPATEN GARUT: PENDEKATAN REGULASI DAN POTENSI EKONOMI


Indra Dermawan(1*), Heru Heru(2), Ach. Hakiki(3), Budi Budi(4)

(1) STIA Cimahi, Indonesia
(2) STIA Cimahi, Indonesia
(3) Universitas Indonesia, Indonesia
(4) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Sektor pariwisata merupakan usaha bisnis yang menjanjikan perkembangan dan kemajuan negara. Sektor ini terus berkembang seiring dengan berkembangnya penduduk muslim di dunia. Oleh sebab itu, pariwisata halal memiliki potensi yang besar dalam peningkatan ekonomi di Indonesia khususnya di Kabupaten Garut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen pariwisata halal di Kabupaten Garut dalam perspektif regulasi dan potensi ekonomi. Metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi dilakukan untuk memperolah data yang reliabel guna menjawab tujuan penelitian. Hasil penelitian menemukan bahwa secara regulasi, manajemen pariwisata halal harus dinaungi dengan undang-undang yang dapat meningkatkan proses perbaikan pariwisata halal. Di samping itu, potensi ekonomi manajemen pariwisata halal dapat mendongkrak Pendapatan Daerah di Kabupaten Garut. Manajemen pariwisata halal dapat mengoptimalkan potensi-potensi yang dimiliki oleh pariwisata di Kabupaten Garut. Oleh sebab itu, penting pemangku kebijakan mengawasi dan mendampingi regulasi pariwisata halal agar ekonomi daerah dapat ditingkatkan.


References


Al Qita, S., Sunarya, S. L., & Rusydiana, A. S. (2022). Manajemen Pariwisata Halal (Sebuah Review Menggunakan Analisis Bibliometrik). AR REHLA : Journal of Islamic Tourism, Halal Food, Islamic Traveling, and Creative Economy, 2(2), 140–157.

Chang, W. J., & Katrichis, J. M. (2016). A literature review of tourism management (1990–2013): a content analysis perspective. In Current Issues in Tourism (Vol. 19, Issue 8, pp. 791–823). Routledge. https://doi.org/10.1080/13683500.2016.1167177

Creswell, J. W. (2013). Research Design: Qualitatice, Quantitatice, and Mixed Methods Aprroaches. In Sage Publication.

Darussalam, A. Z., Syarifuddin, S., Rusanti, E., & Tajang, A. D. (2021). Pengembangan Manajemen Pariwisata Halal Berbasis Kearifan Lokal Sipakatau’, Sipakainge’, Sipakalebbi’. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 96. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.1831

Dede, A. M. (2023). Strategi Pengembangan Pariwisata Halal Sebagai Pendorong Ekonomi Berkelanjutan Berbasis Maqashid Syariah. Al-Bahjah Journal Of Islamic Economics, 1(1), 26–43. https://doi.org/10.61553/abjoiec.v1i1.22

Dulkiah, M. (2020). Forms of Social Capital on Halal Tourism in Bandung. In International Journal of Science and Society (Vol. 2, Issue 1). http://ijsoc.goacademica.com

Fajar Akbar, M. (2021). Halal Tourism Opportunities To Increase Tourist Visits In Indonesia. Journal of Indonesian Tourism and Policy Studies, 6(2), 2021. https://doi.org/10.7454/jitps.v6i2.1093

Ferdinand, A. (2014). Management Research Methods. BP Universitas Diponegoro.

Huda, N., Rini, N., Muslikh, M., Hidayat, S., Takidah, E., Sari, D. P., & Husniyah, A. (2022). Strategic Model for Halal Tourism Development in Indonesia: A Preliminary Research. Indonesian Journal of Halal Research, 4(2), 53–64. https://doi.org/10.15575/ijhar.v4i2.11849

Jaelani, A. K. (2021). The Standardization of Halal Tourism Management in West Nusa Tenggara. Pena Justisia: Media Komunikasi Dan Kajian Hukum], 20(2), 74–87. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2021.104340

Kusnendi, & Ciptagustia, A. (2023). Analisis Model Pengukuran dan Struktural dalam Penelitian Manajemen dan Bisnis. Upi Press.

Lafifa Sunarya, S., & Al Qital, S. (2022). A Mapping Halal Tourism Management Research: Text Mining using NVivo. 1(2). https://journal.uinmataram.ac.id

Li, L. (2008). A review of entrepreneurship research published in the hospitality and tourism management journals. Tourism Management, 29(5), 1013–1022. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2008.01.003

Murtayadi, U., Azizurrohman, M., & Supiandi, S. (2022). An Effort to Increase the Role of Halal Tourism: West Nusa Tenggara Islamic Center. Journal of Economics Research and Social Sciences, 6(1), 54–63. https://doi.org/10.18

Prawira, M. F. A., Pamungkas, Y., Agustin, D. L. I., Tanisa, F. S., Alviana, A. D., Anisa, D. N., & Syam, R. (2023). Halal Tourism Destination from Tourist Perspectives: A Review. Journal of Tourism Sustainability, 3(1), 50–60. https://doi.org/10.35313/jtospolban.v3i1.75

Putri, T. S., & Wakhid, M. (2023). The Influence of Halal Tourism on Indonesia’s Economic Growth Pengaruh Halal Tourism Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia. 2(1). https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/

Rahayu, S., & Candera, M. (2023). Tourist Loyalty to Halal Tourism in Indonesia: The Role of Services Quality, Satisfaction, and Experience Quality. Jurnal Manajemen Bisnis, 14(1), 198–213. https://doi.org/10.18196/mb.v14i1.177

Sekaran, U. dan R. B. (2009). Research Methods for Business: A Skill Building Approach. John Wiley & Sons, Limites.

Sodikin, M. (2020). Competitive Advantages of Sharia Banks: Role of Ihsan Behavior and Digital Marketing in New Normal. Journal of Digital Marketing and Halal Industry, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.21580/jdmhi

Suban, S. A., Madhan, K., & Shagirbasha, S. (2021). A bibliometric analysis of Halal and Islamic tourism. International Hospitality Review. https://doi.org/10.1108/ihr-05-2021-0038

Sumaiya, N., & Abdullah, M. A. (2022). Regulation of tourist dress ethics in the realization of maritime-based halal tourism in Sabang city. E3S Web of Conferences, 339. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202233905006

Tetep, T., Suherman, A., Mulyana, E., Widyanti, T., Pebriani, W., Susanti, Y., & Ilah, I. (2021). Potensi Pariwisata Garut Dalam Mewujudkan Ekonomi Kreatif. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 3(02), 141–146. https://doi.org/10.35899/biej.v3i02.219

Wijaya, L. H. (2020). The Impact of Halal Tourism on Regional Economic Growth in Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. Al-Iqtishad: Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah, 12(2). https://doi.org/10.15408/aiq.v12i2.15127




DOI: https://doi.org/10.15575/prestise.v3i2.33888

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Prestise: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ekonomi dan Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Google Scholar

Garuda