STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN KEPEMILIKAN EMAS BANK JABAR BANTEN SYARIAH


Zela Prabawaning Tias(1*), Muhammad Hizqil Zaini(2)

(1) UIN Maulana Malik Ibrahim malang,  
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membahas strategi pemasaran yang dilakukan oleh Bank Jabar Banten Syariah (BJBS) KCP Jembatan Merah Bogor pada produk Pembiayaan Kepemilikan Emas (PKE). Metode penelitian yang digunakan dalam karya tulis ini adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif yang sumber datanya berasal dari hasil observasi, wawancara, buku, jurnal ilmiah, dan situs internet. Sedangkan teknik analisis data yang digunakannya berupa analisis deskriptif kualitatif dan SWOT analysis dengan serangkaian perhitungan melalui IFAS dan EFAS. Dalam karya tulis ini akan diperoleh informasi bahwa hasil analisis SWOT menunjukkan nilai IFAS sebesar 4,05 dan nilai EFAS sebesar 3,70 dengan hasil matriks IE (Internal-Eksternal) yang bertemu di sel IV. Dengan demikian, strategi pemasaran yang sesuai dengan produk PKE di BJBS KCP Jembatan Merah Bogor dari kedua hasil tersebut adalah strategi kebijakan stabilitas dengan cara istirahat terlebih dahulu dan mengusahakan yang ada dengan penuh.


Keywords


Pembiayaan Kepemilikan Emas, Strategi Pemasaran, Analisis SWOT

References


Afrizal. (2015). Metode Penelitian Kualitatif, Sebuah Upaya Mendukung Pengguna Penelitian Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. PT Raja Grafindo Persada.

Bjbsyariah. (2018). Kepemilikan Emas. https://www.bjbsyariah.co.id/kepemilikan-emas

David, F. R. (2009). Manajemen Strategis. Salemba Empat.

David, F. R., & David, F. R. (2017). Strategic Management: A Competitive Advantage Approach, Concepts and Cases. Pearson Education Limited.

Fatimah, F. N. D. (2016). Teknik analisis SWOT: Pedoman Menyusun Strategi yang Efektif & Efisien serta Cara Mengelola Kekuatan & Ancaman. Anak Hebat Indonesia.

Habibah, N. U. (2017). Perkembangan Gadai Emas ke Investasi Emas pada Pegadaian Syariah. Amwaluna: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 1(1), 83.

Hasil Wawancara dengan Karyawan Bank Jabar Banten Syariah Kantor Cabang Pembantu Jembatan Merah Bogor. (2023).

Hidayat, T. (2011). Buku Pintar Investasi Emas. TransMedia.

Karim, A. A. (2013). Bank Islam: Analisis Fiqih dan Keuangan. PT Raja Grafindo.

Lasmiatun. (2010). Perbankan Syariah. LPSDM RA. Kartini.

Marimin. (2004). Teknik dan Aplikasi Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk. Grasindo.

Mughni, J. A. (2019). Analisis SWOT Pemasaran Produk Pembiayaan Kepemilikan Emas di BJB Syariah Kantor Cabang Pembantu Bantar Kalong. Jurnal Edukasi: Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi, 7(1), 7.

Muhaeni, S. N., Apsari, P. I., Yusron, Moh., & Arin, S. (2022). Analisis Penerapan Strategi Pemasaran Produk Tabungan Easy Wadiah. MUSYARAKAH: Journal of Sharia Economics (MJSE), 2(1), 41.

Rangkuti, F. (2006). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (1999). Metode Penelitian Bisnis. Alvabeta.

Suhri, M. (2021). Strategi Pemasaran Tabungan Haji Terhadap Minat Masyarakat di Bank Syariah Mandiri Sumbawa Besar. Al-Bayan: Jurnal Hukum dan Ekonomi Islam, 1(1), 47.

Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 10/31/DPbS perihal Produk Bank Syariah dan Unit Usaha Syariah. (2018).

Ulpah, M. (2021). Strategi Pemasaran Sales Funding Bank BNI Syariah Cabang Tangerang dalam Menambah Jumlah Nasabah. Madani Syari’ah, 4(1), 38.




DOI: https://doi.org/10.15575/prestise.v4i1.35312

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Zela Prabawaning Tias, Muhammad Hizqil Zaini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Google Scholar

Garuda