MEMBANGUN KESADARAN LITERASI KEUANGAN DAN KEBIASAAN MENABUNG ANAK DI TPQ NURURROHMAH
DOI:
https://doi.org/10.15575/prestise.v4i2.39952Keywords:
Menabung, literasi keuangan, anak-anak, kesadaranAbstract
Literasi keuangan sangat penting bagi individu untuk membuat keputusan yang tepat terkait sumber daya keuangan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan dan kebiasaan menabung pada anak-anak usia 3-15 tahun di TPQ Nururrohmah, sebuah pusat pendidikan berbasis komunitas di Indonesia. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif, kami meneliti efektivitas program pengabdian masyarakat dalam mengajarkan konsep dan manfaat menabung kepada anak-anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun sebagian besar anak memahami pentingnya menabung, mereka belum memiliki kebiasaan menabung secara rutin. Penelitian ini menekankan perlunya motivasi, fasilitas tabungan yang mudah diakses, dan pendidikan sistematis tentang manfaat menabung. Program ini disambut dengan antusias oleh anak-anak dan guru, menunjukkan adanya minat yang kuat untuk mengadopsi sistem tabungan yang lebih terstruktur. Dengan menanamkan literasi keuangan dan kebiasaan menabung sejak dini, anak-anak dapat diberdayakan untuk mengelola keuangan dengan bijak, menghindari perilaku konsumtif, dan mempersiapkan diri menghadapi tantangan keuangan di masa depan. Temuan ini memiliki implikasi bagi pembuat kebijakan, pendidik, dan orang tua yang berupaya mempromosikan literasi keuangan dan perilaku keuangan yang bertanggung jawab pada anak-anak.References
Agusti, A., Edriani, D., & Rahim, H. (2023). Edukasi Literasi Keuangan pada Anak-Anak TPQ Baitul Muttaqin Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Jurnal Laporan Abdimas Rumah Ilmiah, 4(1), 7–12.
Ahmad, M., & Fauzi, L. (2019). Efektivitas Program Literasi Keuangan pada Anak-Anak di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 123–134.
Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211.
Ardiana, M. (2019). Kontrol Diri, Pendidikan Pengelolaan Keuangan, Pengetahuan Inklusi Keuangan Siswa Pengaruhnya Terhadap Perilaku menabung Siswa SMK Se Kota Kediri. Sustainability (Switzerland, 11(1), 1–14.
Azizah, N. S. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup Pada Perilaku Keuangan Pada Generasi Milenial. Competition for California Water: Alternative Resolutions, 01, 92–101.
Gani, A. R. A., Soviah, O. F., & Rahmawati, R. (2019). Penyuluhan Membangun Kesadaran Menabung Sejak Dini Pada Siswa SDN 2 Lengkong Wetan Kelurahan Lengkong Wetan Tangerang Selatan Banten. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1), 1–6. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/5452/3663
Hasanah, N. (2019). Penerapan Literasi Keuangan Berbasis Nilai Islam pada Anak-Anak. Jurnal Pendidikan Islam, 11(4), 289–301.
Hassan, R., & Nasir, A. (2020). Integrating Financial Literacy in Islamic Education: A Case Study of Pedagogical Practices in Religious Schools. Journal of Islamic Education Studies, 12(3), 45–58.
Hukubun, R. D., Tomasoa, M., Satumalay, V. N., Sanduan, F., Krisye, K., Fendjalang, S. N. M., & Soukotta, I. V. T. (2023). Edukasi Cinta Bangga Paham Rupiah Di Negeri Leahari. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, 2(3), 93–97.
HUSTON, S. J. (2010). Measuring Financial Literacy. The Journal of Consumer Affairs, 44(2). https://onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1111/j.1745-6606.2010.01170.x
Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2014). The Economic Importance of Financial Literacy: Theory and Evidence. Journal of Economic Literature, 52(1), 5–44.
Mandell, L., & Klein, S. (2009). Dampak Pendidikan Literasi Keuangan tentang Perilaku Keuangan Selanjutnya Machine (Google (trans.); Vol. 206).
Merriam, S. B., & Caffarella, R. S. (1999). Learning in Adulthood: A Comprehensive Guide. Jossey-Bass.
Ningrum, P. W., Sari, N. D. P., Wasitaningsih, C., & Astuti, E. (2022). Penguatan Literasi Keuangan Terhadap Siswa Melalui Budaya Menabung di Sdit Al Muttaqin. SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA), 1, 351–361. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA/article/view/2361/2047
OECD. (2018). OECD/INFE Toolkit for Measuring Financial Literacy and Financial Inclusion. OECD Publishing.
Pulungan, D. R., Khairani, L., Arda, M., Koto, M., & Kurnia, E. (2019). Memotivasi Anak Usia Dini Menabung Demi Masa Depan. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 296–301. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3631
Putri, W. E. C., & Apriani, A. (2022). Edukasi Pengelolaan Keuangan Dan Pentingnya Menabung Sejak Dini. Seminar Nasional 2022 - NBM Arts.
R, H. (2020). Integrasi Literasi Keuangan dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(3), 45–55.
Siti, Z., & Hidayat, T. (2021). Pengaruh Kebiasaan Menabung Terhadap Pembentukan Karakter Anak di Lingkungan TPQ. Jurnal Pendidikan Nonformal, 18(1), 67–78.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kulalitatif dan R&D (26th ed.). Alfabeta.
Wahyuti, S., Nasrun, A., & Zannati, S. L. (2023). Edukasi Pentingnya Budaya Menabung Sejak Dini untuk Bekal Masa Depan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda, 1(1), 16–19. file:///C:/Users/LENOVO/Downloads/79-Article Text-146-1-10-20230811.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).