Membangun Sapta Pesona di Masjid Raya Bandung


Assyifa Khania Faradila(1), Any Nova Salsabila(2), Anis Semesta Putri(3), Daffa Alfarizi(4), Aimanul Ichsan Wiradisastra(5*), Aam Abdillah(6)

(1) Jurusan Sejarah Peradaban Islam, Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) Jurusan Sejarah Peradaban Islam, Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) Jurusan Sejarah Peradaban Islam, Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(4) Jurusan Sejarah Peradaban Islam, Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(5) Jurusan Sejarah Peradaban Islam, Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(6) Jurusan Sejarah Peradaban Islam, Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi implementasi program pembangunan Sapta Pesona di Masjid Raya Bandung. Masjid Raya Bandung dipilih sebagai objek penelitian karena peran strategisnya sebagai landmark dan pusat aktivitas keagamaan dan budaya di kota Bandung. Metode yang dilakukan penulis adalah observasi melalui pengamatan langsung ke Masjid Raya Bandung. Pendekatan yang dilakukan oleh penulis adalah pendekatan kualitatif dengan studi literatur atau literature review. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program Sapta Pesona di Masjid Raya Bandung telah menghasilkan berbagai perubahan positif dalam hal peningkatan fasilitas fisik, pengelolaan alam sekitar, penguatan budaya lokal, dan peningkatan kualitas pelayanan. Namun, tantangan yang dihadapi termasuk dalam hal mempertahankan keaslian budaya dan nilai-nilai keagamaan dalam konteks pariwisata yang semakin komersialisasi. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memperkaya literatur tentang pengembangan destinasi pariwisata berbasis budaya dan keagamaan di Indonesia, khususnya dalam konteks implementasi konsep Sapta Pesona. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya mempertahankan keseimbangan antara pengembangan infrastruktur pariwisata dengan keberlanjutan budaya dan nilai-nilai spiritual dalam pengelolaan masjid sebagai destinasi pariwisata.

References


Jurnal

Medlimo, Rodrikson. (2022). Inovasi Pemberdayaan Industri Kreatif Nasional Sebagai Upaya Pemulihan Perekonomian. Jurnal Hukum Bisnis Islam Vol. 12 (02).

Natalia, Wibowo. (2018). Sejarah Pembangunan Dan Renovasi pada masjid agung bandung. Arcade: Jurnal Arsitektur, Vol. 2 (3).

Natalia, Wibowo. (2018). PROSES DAN ALASAN TERJADINYA TRANSFORMASI MASJID RAYA BANDUNG. Arcade: Jurnal Arsitektur, Vol. 2 (3).

Artikel

Admin. (2022). Informasi Masjid raya bandung - sejarah & fasilitas. Available at: https://pergiyuk.com/informasi/masjid-raya-bandung/ (Accessed: 20 June 2024).

Admin. (2011). Mesjid Raya Bandung. Available at: Mesjid Raya Bandung | Informasi Lengkap Bandung (archive.org). (Accessed: 19 June 2024).

Brilyana, Yayan. (2022) Pemkot dan DKM akan Tata Area Luar Masjid Raya Bandung. Humas Kota Bandung. Available at: www.bandung.go.id. (Accessed: 20 June 2024).

Ichan. (2015) Masjid Agung Provinsi jawa Barat, Masjid Agung Provinsi Jawa Barat. Available at: https://bandungtempodulu.blogspot.com/2015/01/masjid-agung-provinsi-jawa-barat.html (Accessed: 21 June 2024).

Kasputra, Daniel. (no date). Arsitektur Masjid Agung Bandung dari Masa ke Masa. Available at: https://romansabandung.com/arsitektur-masjid-agung-bandung-dari-masa-ke-masa/. (Accessed: 20 June 2024).

Pimpinan DPRD Kota Bandung. Sejarah Mesjid Agung Bandung (archive.org). (Accessed: 19 June 2024).

Timomor, R.A. (no date). Mengenal Masjid Raya Bandung: Sejarah, Fasilitas, dan Arsitektur. www.rumah123.com. Available at: https://www.rumah123.com/explore/kota-bandung/masjid-raya-bandung/ (Accessed: 20 June 2024).

Verianty, Woro. (2023). Profil Masjid Raya Bandung, Sejarah, Arsitektur dan Fasilitasnya. Available at: https://www.liputan6.com/hot/read/5189027/profil-masjid-raya-bandung-sejarah-arsitektur-dan-fasilitasnya. (Accessed: 21 June 2024).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Assyifa Khania Faradila, Any Nova Salsabila, Anis Semesta Putri, Daffa Alfarizi, Aimanul Ichsan Wiradisastra, Aam Abdillah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

https://journal1.uad.ac.id/xbola/ https://bidp3.dp3ak.jatimprov.go.id/assets/sbo/ https://jurnalham.komnasham.go.id/ham/ https://ejournal.unsub.ac.id/post/ https://ditpenjamu.uny.ac.id/themes/index.html https://sipede.sidoarjokab.go.id/data/bola/ https://peredaranpangan.pom.go.id/curl/ https://lib.radenintan.ac.id/system/ https://fgerprint.sambas.go.id/