Tingkat Stres Ibu Muda di Masa Pandemi Covid-19: Bagaimana Peran Resiliensi dan Sikap Sabar?
DOI:
https://doi.org/10.15575/psy.v8i2.14737Keywords:
patience, resilience, stress, young mothers, Covid-19 pandemicAbstract
This study aims to examine the role of resilience and patience on stress level experienced by young mothers during Covid-19 pandemic. This study is a quantitative correlational research using 3 instruments in a set of questionnaire that is: resilience and patience questionnaire developed by the researcher, and Pandemic-Related Perceived Stress Scale of Covid-19 (PRPSSC) developed by Campo-Arias and colleagues. The participants were 44 young mothers who have 1st- and 2nd-grader children in Pasirbitung village, Tasikmalaya. The results show that most of the participants have resilience (70.4%) and patience (88.6%) in high level, and stress in mild level (70.5%). Resilience and patience have negative effect on stress level of the mothers. That is, the higher resilience and patience, the lower stress experienced by the mothers.
References
Agustin, Y. (2020). Konsep sabar menurut Imam Al-Ghazali ditinjau dari perspektif konseling Islam (Skripsi tidak diterbitkan). UIN Ar-Raniry, Fakultas Dakwah Komunikasi.
Al-Jauziyyah, I. Q. (2011). Cerdas ala Rasulullah. Pustaka Azzam.
Andalas, H. (2020). Gambaran tingkat depresi, kecemasan, dan stres dewasa awal pada masa pandemi Covid-19 (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Negeri Jakarta, Fakultas Psikologi.
Andika, K. A. (2012). Hubungan self efficacy dan hardiness dengan stress pengasuhan pada ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Muhammadiyah Surakarta, Fakultas Psikologi.
Ansori, M. R., Laudza, M. N., & Nurfitriani, N. (2019). Sabar dan resiliensi sebagai respon pertahanan psikologis (Skripsi tidak diterbitkan). UIN SGD Bandung, Fakultas Psikologi.
Apriyanto, N., & Setyawan, D. (2020). Gambaran tingkat resiliensi masyarakat desa Sriharjo, Imogiri pasca banjir. Holistic Nursing and Health Science, 3(2), 21–29. https://doi.org/10.14710/hnhs.3.2.2020
Argaheni, N. B. (2021). Efek pandemi Covid-19 terhadap kecemasan ibu selama kehamilan. Placentum, 9(2).
Campo-Arias, A., Pedrozo-Cortez, M. J., & Pedrozo-Pupo, J. C. (2020). Pandemic-related perceived stress scale of COVID-19: An exploration of online psychometric performance. Revista Colombiana de Psiquiatria, 49(4), 229–230. https://doi.org/10.1016/j.rcp.2020.05.005
Christina, A. (2019, Mei 10). Menurut penelitian-Ibu dengan tiga anak paling stress dibanding dengan jumlah lainnya. Sayangi Anak. https://sayangianak.com/menurut-penelitian-ibu-dengan-tiga-anak-paling-stress-dibanding-dengan-jumlah-lainnya/
CNN Indonesia. (2020, November 24). 8 Bulan pandemi, 56 persen ibu rumah tangga alami stres. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20201111113804-255-568443/8-bulan-pandemi-56-persen-ibu-rumah-tangga-alami-stres
Covid19.go.id. (2020, September 15). Tanya jawab covid-19. Covid19.Go.Id (p. 3). https://Covid19.go.id/tanya-jawab?page=3
Creswell, J. W. (2013). Research design pendekatan qualitative, quantitative, and mixed. Sage.
Fajri, S. I. R., & Eryani, R. D. (2021). Hubungan hardiness dengan stres pada ibu dalam mendampingi anak MI Al-Islam belajar di rumah. Prosiding Psikologi, 7(1), 68–72. https://doi.org/10.29313/.v7i1.25608
Fauziyyah, R., Awinda, R. C., & Besral, B. (2021). Dampak pembelajaran jarak jauh terhadap tingkat stres dan kecemasan mahasiswa selama pandemi Covid-19. Jurnal Biostatistik, Kependudukan, dan Informatika Kesehatan, 1(2), 113. https://doi.org/10.51181/bikfokes.v1i2.4656
Galanakis, M. K., Palaiologou, A., Patsi, G., Velegraki, I. M., & Darviri, C. (2016). A literature review on the connection between stress and self-esteem. Psychology, 7(5), 687-694. https://doi.org/10.4236/psych.2016.75071
Gaol, N. T. L. (2016). Teori stres: Stimulus, respons, dan transaksional. Buletin Psikologi, 24(1), 1–11. https://doi.org/10.22146/bpsi.11224
Hadi, S. (2018). Konsep sabar dalam Al-Qur’an. Jurnal Madani, 1(2), 473–488. https://doi.org/10.33753/madani.v1i2.25
Hafiz, S. El. (2015). Psikologi kesabaran. Buletin KPIN, 1(2).
Harini, V. P. R. (2020). Gambaran tingkat stres pada anak usia remaja selama menjalani pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19 di kelurahan Patrang kecamatan Patrang (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Jember, Ilmu Keperawatan.
Hati, D. P. (2021). Pengaruh work family conflict pada stres kerja ibu karir pada masa pandemi Covid-19 (Skrispi tidak diterbitkan). Universitas Muhammadiyah Malang, Fakultas Psikologi.
Hendriani, W. (2018). Resiliensi psikologis. Penerbit Kencana.
Hijon, A. C. (2017). Academic resilience: A transcultural perspective. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 237(June 2016), 594–598. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2017.02.013
Hurlock, E. B. (2009). Psikologi perkembangan, Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Erlangga.
Hutagalung, S. (2018). Hubungan religiusitas dengan resiliensi pada remaja di panti asuhan Betlehem. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 4(2).
Jannah, M., Yacob, F., & Julianto. (2017). Rentang kehidupan manusia (life span development) dalam Islam. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 3(1), 97–114. https://doi.org/10.22373/equality.v3i1.1952
Kharmina, N. (2011). Hubungan antara tingkat pendidikan orang tua dengan orientasi pola asuh anak usia dini (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Negeri Semarang, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Lestari, I. (2021). Hubungan antara religiusitas dan resiliensi dengan stres pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi (Skrispi tidak diterbitkan). UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Fakultas Psikologi.
Lubis, M. Z. (2019). Hubungan sabar terhadap resiliensi pada remaja yang tinggal di panti asuhan Sentosa Banjarmasin (Skripsi tidak diterbitkan). UIN Antasari Banjarmasin, Fakultas Ushuluddin dan Humaniora.
Lucia, R., & Kurniawan, J. E. (2017). Hubungan antara regiliusitas dan resiliensi pada karyawan. Psychopreneur Journal, 1(2), 126–136. https://doi.org/10.37715/psy.v1i2.838
Lutfida, T. (2021, Januari 4). Dinamika stress di masa pandemi. https://psyarxiv.com/uxb8w/
Maulidya, F., Adelina, M., & Hidayat, F. A. (2018). Periodesasi perkembangan dewasa. Umsida.
Missasi, V., & Izzati, I. D. C. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi resiliensi. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 433–441.
Muaziroh, U., & Sholiha, Z. (2018). Aktualisasi konsep sabar dalam perspektif Al-Qur’an. At-Tibyan, 3(2). https://doi.org/10.32505/tibyan.v3i2.616.AKTUALISASI
Muna, A. C., Baihaqi, A., & Muhlisin, M. (2016). Natural disasters - Makna sabar dalam konteks ketahanan. Jurnal Penelitian, 13(1), 133–154. https://doi.org/10.28918/jupe.v13i2.1193
Muslim, M. (2020). Manajemen stress pada masa pandemi covid-19. Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 192–201.
Nasrullah, D., Tristiandayani, R., Rohayani, L., Siswanto., Sumartyawati, N. M., Hasanah, U., & Direja, A. H. S. (2020). Dampak psikologis tenaga kesehatan dalam upaya menghadapi pandemi corona virus (Covid-19) di Indonesia. http://sinta.ristekbrin.go.id/Covid/penelitian/detail/245
Nasrullah., & Sulaiman, L. (2021). Analisis pengaruh COVID-19 terhadap kesehatan mental masyarakat di Indonesia. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 20(3), 206–211. https://doi.org/10.14710/mkmi.20.3.206-211
Nasution, D. A. D., Erlina, E., & Muda, I. (2020). Dampak pandemi covid-19 terhadap perekonomian Indonesia. Jurnal Benefita, 5(2), 212–224. https://doi.org/10.22216/jbe.v5i2.5313
Nurhasanah. (2020). Perubahan pola pendidikan di masa covid 19. https://doi.org/10.35542/osf.io/5evt8
Nurmalia, P. H., Putri, A. M., Artini, I. & Pramesti, W. (2021). Hubungan karakteristik orang tua dengan stress pengasuhan orang tua yang memiliki anak retardasi mental di SLB se-Bandar Lampung tahun 2019-2020. Psikologi Konseling, 18(1), 934–951.
Pangaribuan, R. (2021). Dampak positif pandemi covid-19 terhadap dunia pendidikan. Stit Al Kifayah Riau. https://doi.org/10.36423/jumper.v2i2.665
Pattipeilohy, D., Pattiselanno, A. E., & Mardiatmoko, G. (2019). Resiliensi masyarakat terhadap Banjir. Agrilan: Jurnal Agribisnis Kepulauan, 7(1), 88. https://doi.org/10.30598/agrilan.v7i1.890
Pikobar. (2021, September). Pusat informasi dan koordinasi Covid-19 Jawa Barat. Pemerintah Provinsi Jawa Barat. https://pikobar.jabarprov.go.id/
Prasetyo, H. C. (2016). Hubungan antara religiusitas dan resiliensi pada individu yang gagal dalam seleksi kepolisisan di surakarta (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Kristen Satya Wacana, Fakultas Psikologi.
Prayekti. (2019). Konseptualisme dan validasi instrumen narimo ing pandum. Jurnal Bisnis Teori dan Implementasi, 10(1), 31–39. https://doi.org/10.18196/bti.102113
Prayoga, R. (2021). Pandemi Covid-19-Penjarakan diri sebagai perubahan sosial instan. Pusat Penelitian Masyarakat dan Budaya LIPI, 14(4).
Prihantini, A. (2021, September 21). Tingkat stres ibu di Indonesia naik 95 persen selama pandemi Covid-19. Solopos News. https://www.solopos.com/hasil-penelitian-tingkat-stres-ibu-di-indonesia-naik-95-persen-selama-pandemi-Covid-19-1158543
Rachman, M. P. N., Fahmi, I., & Hermawati, N. (2018). Hubungan religiusitas dengan resiliensi pada survivor kanker payudara. Psikologia (Jurnal Psikologi), 3(1), 29–39. https://doi.org/10.21070/psikologia.v3i1.1718
Rahayu, R. G. (2020). Pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap kedisiplinan belajar siswa di SDN 05 Kabawetan Kabupaten Kepahiang (Skripsi tidak diterbitkan). IAIN Bengkulu, Fakultas Tarbiyah dan Tadris.
Rahmat, B. Z. (2020, Maret 28). Aktif bersabar hadapi wabah corona. Unsil. unsil.ac.id. https://unsil.ac.id/2020/03/28/aktif-bersabar-hadapi-wabah-corona/
Ross, H. O., Hasanah, M., & Kusumaningrum, F. (2020). Implementasi konsep sahdzan (sabar dan huznudzan) sebagai upaya perawatan kesehatan mental di masa pandemi Covid-19. Khazanah: Jurnal Mahasiswa, 12(1). https://doi.org/10.20885/khazanah.vol12.iss1.art7
Sabrina, N. R. C. (2018). Tingkat kesabaran dan resiliensi pada mahasiswa yang tinggal di pondok pesantren (Skrisp tidak diterbitkan). Universitas Muhammadiyah Malang, Fakultas Psikologi.
Satria, B., & Sari, M. (2017). Tingkat resiliensi masyarakat di area rawan bencana. Idea Nursing Journal, 8(2), 30–34. https://doi.org/10.52199/inj.v8i2.8818
Savage, M. (2020, November 6). Dampak psikologis akibat pandemi Covid-19 diduga akan bertahan lama. BBC Worklife. https://www.bbc.com/indonesia/vert-fut-54808663
Sebayang, R. (2020, Maret 12). WHO nyatakan wabah covid-19 jadi pandemi, apa maksudnya?. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/news/20200312075307-4-144247/who-nyatakan-wabah-covid-19-jadi-pandemi-apa-maksudnya
Subandi. (2015). Sabar: Sebuah konsep psikologi. Jurnal Psikologi, 38(2), 215–227). https://doi.org/10.22146/jpsi.7654
Suriastini, W., Sikoki, B., & Listiono. (2020, Juli 21). Gangguan kesehatan mental meningkat tajam: Sebuah panggilan meluaskan layanan kesehatan jiwa. SurveyMETER. https://surveymeter.org/id/node/576
Sutopo. (2014). Penentuan jumlah sampel dalam penelitian. Statistika dan Manajemen Riset. STIE Dharmaputra.
Thahir, A. (2020). Psikologi Perkembangan (1st ed.). Aura Publishing.
Ulfa, Z. D., & Mikdar, U. Z. (2020). Dampak pandemi covid-19 terhadap perilaku belajar, sosial dan kesehatan bagi mahasiswa FKIP Universitas Palangka Raya. JOSSAE, 5(2), 124. https://doi.org/10.26740/jossae.v5n2.p124-138
Utami, D., Latifah, N. A., Andriyani., & Fajrini, F. (2020). Gambaran tingkat stres dalam pelaksanaan work from home selama masa pandemi Covid19 di DKI Jakarta. Muhammadiyah Public Health Journal, 1(2), 102–114. https://doi.org/10.24853/mphj.v1i2.9342
Utami, M. R., & Supriatna, U. Y. (2021). Pengaruh kesabaran terhadap kecemasan selama pandemi pada perempuan dewasa di Kecamatan Antapani. Prosiding Psikologi, 347–354. https://doi.org/10.29313/.v0i0.28337
Vibriyanti, D. (2020). Kesehatan mental masyarakat: Mengelola kecemasan di tengah pandemi Covid-19. Jurnal Kependudukan Indonesia, 2902, 69. https://doi.org/10.14203/jki.v0i0.550
Wahidmurni. (2017). Pemaparan metode penelitian kuantitatif. UIN MMI, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.
Wahyuni, I. (2020, Desember 14). Dinamika pembelajaran “daring†pada masa pandemi Covid 2019. https://iainkendari.ac.id/index.php/content/detail/dinamika_pembelajaran_daring_pada_masa_pandemi_Covid
Waxman, H. C., Gray, J. P., & Padron, Y. N. (2003). Review of research on educational resilience. CREDE (Vol. 11).
Wikipedia. (2021, September). Pandemi Covid-19 di Indonesia. Wikipedia. https://id.wikipedia.org/wiki/Pandemi_Covid-19_di_Indonesia
Windayani., & Sakti, P. (2020). Faktor-faktor stres pada ibu rumah tangga dalam menghadapi kegiatan belajar dari rumah (BDR). Jurnal Psimawa, 3(2), 67–73.
Worldometer. (2020). Countries where Coronavirus has spread - Worldometer. Worldometer (pp. 2–5). https://www.worldometers.info/coronavirus/countries-where-coronavirus-has-spread/
Wulandari, A. P. J. (2020, Maret 31). Mengenal resiliensi dalam ilmu psikologi. BINUS University Faculty of Humanities. https://psychology.binus.ac.id/2020/03/31/mengenal-resiliensi-dalam-ilmu-psikologi/
Yolanda, Y., Suryani, U., Refti, Y., & Nopthika, A. A. (2021). Cara mengendalikan stres dan tetap produktif pada dewasa muda dalam menghadapi masa pandemi Covid 19. Peduli Masyarakat, 3(2), 115–122. https://doi.org/10.37287/jpm.v3i2.498
Yusuf., & Kahfi. (2018). Sabar dalam perspektif Islam dan Barat. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 4(2), 233-245. https://doi.org/10.53627/jam.v4i2.3225
Zalukhu, J. (2019). Dampak pandemi Covid-19 terhadap psikologis masyarakat. https://doi.org/10.31219/osf.io/b8pxs
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
The author whose published manuscript approved the following provisions:
1. The right of publication of all material published in the journal / published on the E-Journal of Psychology website is held by the editorial board with the knowledge of the author (moral right remains the author of the script).
2. The formal legal provisions for access to digital articles of this electronic journal are subject to the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike license (CC BY-SA), which means that the Journal of Psychology reserves the right to save, transmit media / format, manage in database form, , maintain, and publish articles without requesting permission from the Author as long as it continues to include the name of the Author as the owner of Copyright.
3. Printed and published print and electronic manuscripts are open access for any purposes. In addition to these objectives, the editorial board shall not be liable for violations of copyright law.
Â