Tingkat Stres Ibu Muda di Masa Pandemi Covid-19: Bagaimana Peran Resiliensi dan Sikap Sabar?


Medina Chodijah(1*)

(1) UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


This study aims to examine the role of resilience and patience on stress level experienced by young mothers during Covid-19 pandemic. This study is a quantitative correlational research using 3 instruments in a set of questionnaire that is: resilience and patience questionnaire developed by the researcher, and Pandemic-Related Perceived Stress Scale of Covid-19 (PRPSSC) developed by Campo-Arias and colleagues. The participants were 44 young mothers who have 1st- and 2nd-grader children in Pasirbitung village, Tasikmalaya. The results show that most of the participants have resilience (70.4%) and patience (88.6%) in high level, and stress in mild level (70.5%). Resilience and patience have negative effect on stress level of the mothers. That is, the higher resilience and patience, the lower stress experienced by the mothers.


Keywords


patience, resilience, stress, young mothers, Covid-19 pandemic

Full Text:

PDF

References


Agustin, Y. (2020). Konsep sabar menurut Imam Al-Ghazali ditinjau dari perspektif konseling Islam (Skripsi tidak diterbitkan). UIN Ar-Raniry, Fakultas Dakwah Komunikasi.

Al-Jauziyyah, I. Q. (2011). Cerdas ala Rasulullah. Pustaka Azzam.

Andalas, H. (2020). Gambaran tingkat depresi, kecemasan, dan stres dewasa awal pada masa pandemi Covid-19 (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Negeri Jakarta, Fakultas Psikologi.

Andika, K. A. (2012). Hubungan self efficacy dan hardiness dengan stress pengasuhan pada ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Muhammadiyah Surakarta, Fakultas Psikologi.

Ansori, M. R., Laudza, M. N., & Nurfitriani, N. (2019). Sabar dan resiliensi sebagai respon pertahanan psikologis (Skripsi tidak diterbitkan). UIN SGD Bandung, Fakultas Psikologi.

Apriyanto, N., & Setyawan, D. (2020). Gambaran tingkat resiliensi masyarakat desa Sriharjo, Imogiri pasca banjir. Holistic Nursing and Health Science, 3(2), 21–29. https://doi.org/10.14710/hnhs.3.2.2020

Argaheni, N. B. (2021). Efek pandemi Covid-19 terhadap kecemasan ibu selama kehamilan. Placentum, 9(2).

Campo-Arias, A., Pedrozo-Cortez, M. J., & Pedrozo-Pupo, J. C. (2020). Pandemic-related perceived stress scale of COVID-19: An exploration of online psychometric performance. Revista Colombiana de Psiquiatria, 49(4), 229–230. https://doi.org/10.1016/j.rcp.2020.05.005

Christina, A. (2019, Mei 10). Menurut penelitian-Ibu dengan tiga anak paling stress dibanding dengan jumlah lainnya. Sayangi Anak. https://sayangianak.com/menurut-penelitian-ibu-dengan-tiga-anak-paling-stress-dibanding-dengan-jumlah-lainnya/

CNN Indonesia. (2020, November 24). 8 Bulan pandemi, 56 persen ibu rumah tangga alami stres. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20201111113804-255-568443/8-bulan-pandemi-56-persen-ibu-rumah-tangga-alami-stres

Covid19.go.id. (2020, September 15). Tanya jawab covid-19. Covid19.Go.Id (p. 3). https://Covid19.go.id/tanya-jawab?page=3

Creswell, J. W. (2013). Research design pendekatan qualitative, quantitative, and mixed. Sage.

Fajri, S. I. R., & Eryani, R. D. (2021). Hubungan hardiness dengan stres pada ibu dalam mendampingi anak MI Al-Islam belajar di rumah. Prosiding Psikologi, 7(1), 68–72. https://doi.org/10.29313/.v7i1.25608

Fauziyyah, R., Awinda, R. C., & Besral, B. (2021). Dampak pembelajaran jarak jauh terhadap tingkat stres dan kecemasan mahasiswa selama pandemi Covid-19. Jurnal Biostatistik, Kependudukan, dan Informatika Kesehatan, 1(2), 113. https://doi.org/10.51181/bikfokes.v1i2.4656

Galanakis, M. K., Palaiologou, A., Patsi, G., Velegraki, I. M., & Darviri, C. (2016). A literature review on the connection between stress and self-esteem. Psychology, 7(5), 687-694. https://doi.org/10.4236/psych.2016.75071

Gaol, N. T. L. (2016). Teori stres: Stimulus, respons, dan transaksional. Buletin Psikologi, 24(1), 1–11. https://doi.org/10.22146/bpsi.11224

Hadi, S. (2018). Konsep sabar dalam Al-Qur’an. Jurnal Madani, 1(2), 473–488. https://doi.org/10.33753/madani.v1i2.25

Hafiz, S. El. (2015). Psikologi kesabaran. Buletin KPIN, 1(2).

Harini, V. P. R. (2020). Gambaran tingkat stres pada anak usia remaja selama menjalani pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19 di kelurahan Patrang kecamatan Patrang (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Jember, Ilmu Keperawatan.

Hati, D. P. (2021). Pengaruh work family conflict pada stres kerja ibu karir pada masa pandemi Covid-19 (Skrispi tidak diterbitkan). Universitas Muhammadiyah Malang, Fakultas Psikologi.

Hendriani, W. (2018). Resiliensi psikologis. Penerbit Kencana.

Hijon, A. C. (2017). Academic resilience: A transcultural perspective. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 237(June 2016), 594–598. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2017.02.013

Hurlock, E. B. (2009). Psikologi perkembangan, Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Erlangga.

Hutagalung, S. (2018). Hubungan religiusitas dengan resiliensi pada remaja di panti asuhan Betlehem. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 4(2).

Jannah, M., Yacob, F., & Julianto. (2017). Rentang kehidupan manusia (life span development) dalam Islam. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 3(1), 97–114. https://doi.org/10.22373/equality.v3i1.1952

Kharmina, N. (2011). Hubungan antara tingkat pendidikan orang tua dengan orientasi pola asuh anak usia dini (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Negeri Semarang, Fakultas Ilmu Pendidikan.

Lestari, I. (2021). Hubungan antara religiusitas dan resiliensi dengan stres pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi (Skrispi tidak diterbitkan). UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Fakultas Psikologi.

Lubis, M. Z. (2019). Hubungan sabar terhadap resiliensi pada remaja yang tinggal di panti asuhan Sentosa Banjarmasin (Skripsi tidak diterbitkan). UIN Antasari Banjarmasin, Fakultas Ushuluddin dan Humaniora.

Lucia, R., & Kurniawan, J. E. (2017). Hubungan antara regiliusitas dan resiliensi pada karyawan. Psychopreneur Journal, 1(2), 126–136. https://doi.org/10.37715/psy.v1i2.838

Lutfida, T. (2021, Januari 4). Dinamika stress di masa pandemi. https://psyarxiv.com/uxb8w/

Maulidya, F., Adelina, M., & Hidayat, F. A. (2018). Periodesasi perkembangan dewasa. Umsida.

Missasi, V., & Izzati, I. D. C. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi resiliensi. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 433–441.

Muaziroh, U., & Sholiha, Z. (2018). Aktualisasi konsep sabar dalam perspektif Al-Qur’an. At-Tibyan, 3(2). https://doi.org/10.32505/tibyan.v3i2.616.AKTUALISASI

Muna, A. C., Baihaqi, A., & Muhlisin, M. (2016). Natural disasters - Makna sabar dalam konteks ketahanan. Jurnal Penelitian, 13(1), 133–154. https://doi.org/10.28918/jupe.v13i2.1193

Muslim, M. (2020). Manajemen stress pada masa pandemi covid-19. Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 192–201.

Nasrullah, D., Tristiandayani, R., Rohayani, L., Siswanto., Sumartyawati, N. M., Hasanah, U., & Direja, A. H. S. (2020). Dampak psikologis tenaga kesehatan dalam upaya menghadapi pandemi corona virus (Covid-19) di Indonesia. http://sinta.ristekbrin.go.id/Covid/penelitian/detail/245

Nasrullah., & Sulaiman, L. (2021). Analisis pengaruh COVID-19 terhadap kesehatan mental masyarakat di Indonesia. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 20(3), 206–211. https://doi.org/10.14710/mkmi.20.3.206-211

Nasution, D. A. D., Erlina, E., & Muda, I. (2020). Dampak pandemi covid-19 terhadap perekonomian Indonesia. Jurnal Benefita, 5(2), 212–224. https://doi.org/10.22216/jbe.v5i2.5313

Nurhasanah. (2020). Perubahan pola pendidikan di masa covid 19. https://doi.org/10.35542/osf.io/5evt8

Nurmalia, P. H., Putri, A. M., Artini, I. & Pramesti, W. (2021). Hubungan karakteristik orang tua dengan stress pengasuhan orang tua yang memiliki anak retardasi mental di SLB se-Bandar Lampung tahun 2019-2020. Psikologi Konseling, 18(1), 934–951.

Pangaribuan, R. (2021). Dampak positif pandemi covid-19 terhadap dunia pendidikan. Stit Al Kifayah Riau. https://doi.org/10.36423/jumper.v2i2.665

Pattipeilohy, D., Pattiselanno, A. E., & Mardiatmoko, G. (2019). Resiliensi masyarakat terhadap Banjir. Agrilan: Jurnal Agribisnis Kepulauan, 7(1), 88. https://doi.org/10.30598/agrilan.v7i1.890

Pikobar. (2021, September). Pusat informasi dan koordinasi Covid-19 Jawa Barat. Pemerintah Provinsi Jawa Barat. https://pikobar.jabarprov.go.id/

Prasetyo, H. C. (2016). Hubungan antara religiusitas dan resiliensi pada individu yang gagal dalam seleksi kepolisisan di surakarta (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Kristen Satya Wacana, Fakultas Psikologi.

Prayekti. (2019). Konseptualisme dan validasi instrumen narimo ing pandum. Jurnal Bisnis Teori dan Implementasi, 10(1), 31–39. https://doi.org/10.18196/bti.102113

Prayoga, R. (2021). Pandemi Covid-19-Penjarakan diri sebagai perubahan sosial instan. Pusat Penelitian Masyarakat dan Budaya LIPI, 14(4).

Prihantini, A. (2021, September 21). Tingkat stres ibu di Indonesia naik 95 persen selama pandemi Covid-19. Solopos News. https://www.solopos.com/hasil-penelitian-tingkat-stres-ibu-di-indonesia-naik-95-persen-selama-pandemi-Covid-19-1158543

Rachman, M. P. N., Fahmi, I., & Hermawati, N. (2018). Hubungan religiusitas dengan resiliensi pada survivor kanker payudara. Psikologia (Jurnal Psikologi), 3(1), 29–39. https://doi.org/10.21070/psikologia.v3i1.1718

Rahayu, R. G. (2020). Pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap kedisiplinan belajar siswa di SDN 05 Kabawetan Kabupaten Kepahiang (Skripsi tidak diterbitkan). IAIN Bengkulu, Fakultas Tarbiyah dan Tadris.

Rahmat, B. Z. (2020, Maret 28). Aktif bersabar hadapi wabah corona. Unsil. unsil.ac.id. https://unsil.ac.id/2020/03/28/aktif-bersabar-hadapi-wabah-corona/

Ross, H. O., Hasanah, M., & Kusumaningrum, F. (2020). Implementasi konsep sahdzan (sabar dan huznudzan) sebagai upaya perawatan kesehatan mental di masa pandemi Covid-19. Khazanah: Jurnal Mahasiswa, 12(1). https://doi.org/10.20885/khazanah.vol12.iss1.art7

Sabrina, N. R. C. (2018). Tingkat kesabaran dan resiliensi pada mahasiswa yang tinggal di pondok pesantren (Skrisp tidak diterbitkan). Universitas Muhammadiyah Malang, Fakultas Psikologi.

Satria, B., & Sari, M. (2017). Tingkat resiliensi masyarakat di area rawan bencana. Idea Nursing Journal, 8(2), 30–34. https://doi.org/10.52199/inj.v8i2.8818

Savage, M. (2020, November 6). Dampak psikologis akibat pandemi Covid-19 diduga akan bertahan lama. BBC Worklife. https://www.bbc.com/indonesia/vert-fut-54808663

Sebayang, R. (2020, Maret 12). WHO nyatakan wabah covid-19 jadi pandemi, apa maksudnya?. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/news/20200312075307-4-144247/who-nyatakan-wabah-covid-19-jadi-pandemi-apa-maksudnya

Subandi. (2015). Sabar: Sebuah konsep psikologi. Jurnal Psikologi, 38(2), 215–227). https://doi.org/10.22146/jpsi.7654

Suriastini, W., Sikoki, B., & Listiono. (2020, Juli 21). Gangguan kesehatan mental meningkat tajam: Sebuah panggilan meluaskan layanan kesehatan jiwa. SurveyMETER. https://surveymeter.org/id/node/576

Sutopo. (2014). Penentuan jumlah sampel dalam penelitian. Statistika dan Manajemen Riset. STIE Dharmaputra.

Thahir, A. (2020). Psikologi Perkembangan (1st ed.). Aura Publishing.

Ulfa, Z. D., & Mikdar, U. Z. (2020). Dampak pandemi covid-19 terhadap perilaku belajar, sosial dan kesehatan bagi mahasiswa FKIP Universitas Palangka Raya. JOSSAE, 5(2), 124. https://doi.org/10.26740/jossae.v5n2.p124-138

Utami, D., Latifah, N. A., Andriyani., & Fajrini, F. (2020). Gambaran tingkat stres dalam pelaksanaan work from home selama masa pandemi Covid19 di DKI Jakarta. Muhammadiyah Public Health Journal, 1(2), 102–114. https://doi.org/10.24853/mphj.v1i2.9342

Utami, M. R., & Supriatna, U. Y. (2021). Pengaruh kesabaran terhadap kecemasan selama pandemi pada perempuan dewasa di Kecamatan Antapani. Prosiding Psikologi, 347–354. https://doi.org/10.29313/.v0i0.28337

Vibriyanti, D. (2020). Kesehatan mental masyarakat: Mengelola kecemasan di tengah pandemi Covid-19. Jurnal Kependudukan Indonesia, 2902, 69. https://doi.org/10.14203/jki.v0i0.550

Wahidmurni. (2017). Pemaparan metode penelitian kuantitatif. UIN MMI, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.

Wahyuni, I. (2020, Desember 14). Dinamika pembelajaran “daring” pada masa pandemi Covid 2019. https://iainkendari.ac.id/index.php/content/detail/dinamika_pembelajaran_daring_pada_masa_pandemi_Covid

Waxman, H. C., Gray, J. P., & Padron, Y. N. (2003). Review of research on educational resilience. CREDE (Vol. 11).

Wikipedia. (2021, September). Pandemi Covid-19 di Indonesia. Wikipedia. https://id.wikipedia.org/wiki/Pandemi_Covid-19_di_Indonesia

Windayani., & Sakti, P. (2020). Faktor-faktor stres pada ibu rumah tangga dalam menghadapi kegiatan belajar dari rumah (BDR). Jurnal Psimawa, 3(2), 67–73.

Worldometer. (2020). Countries where Coronavirus has spread - Worldometer. Worldometer (pp. 2–5). https://www.worldometers.info/coronavirus/countries-where-coronavirus-has-spread/

Wulandari, A. P. J. (2020, Maret 31). Mengenal resiliensi dalam ilmu psikologi. BINUS University Faculty of Humanities. https://psychology.binus.ac.id/2020/03/31/mengenal-resiliensi-dalam-ilmu-psikologi/

Yolanda, Y., Suryani, U., Refti, Y., & Nopthika, A. A. (2021). Cara mengendalikan stres dan tetap produktif pada dewasa muda dalam menghadapi masa pandemi Covid 19. Peduli Masyarakat, 3(2), 115–122. https://doi.org/10.37287/jpm.v3i2.498

Yusuf., & Kahfi. (2018). Sabar dalam perspektif Islam dan Barat. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 4(2), 233-245. https://doi.org/10.53627/jam.v4i2.3225

Zalukhu, J. (2019). Dampak pandemi Covid-19 terhadap psikologis masyarakat. https://doi.org/10.31219/osf.io/b8pxs




DOI: https://doi.org/10.15575/psy.v8i2.14737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


web
stats

View My Stats

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.