Strategi Komunikasi Humas Pemprov Jabar dalam Mensosialisasikan Program Desa Digital


Anita Lestari(1*)

(1) Jurusan Ilmu Komunikasi Hubungan Masyarakat, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Country:Indonesia,  
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi humas Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam mensosialisasikan program Desa Digital, menggunakan konsep four steps public relations yang digagas oleh Cutlip, Center and Broom. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode deskriptif kualiatif dengan mekanisme pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapat ialah 1) Fact finding sebagai tahapan awal dalam melakukan analisis data dan pencarian fakta merujuk pada Indeks Desa Membangun (IDM) dan survei lapangan 2) Planning and Programming sebagai tahapan dalam merumuskan tujuan dan penetapan program dengan cara mengenal khalayak, menentukan isi pesan dan pemilihan penggunaan media 3) Actions and communications sebagai tahapan melakukan implementasi sosialisasi secara langsung dan sosialisasi secara tidak langsung 4) Evaluating sebagai tahapan peninjauan ulang perencanaan, pelaksanaan dan hasil dari program yang sudah direncanakan melalui media sosial dan kuisioner.

Kata Kunci : Strategi Komunikasi Humas, Desa Digital

ABSTRACT

This study aims to find out how the West Java Provincial Government's public relations communication strategy in disseminating the Digital Village program, uses the four steps public relations concept initiated by Cutlip and Center. This research was carried out using a qualitative descriptive method with data collection mechanisms through interviews, observations, and documentation. The research results obtained are 1) Fact finding as the initial stage in conducting data analysis and data searching referring to the Village Development Index (IDM) and field surveys 2) Planning and Programming as a stage in formulating goals and determining programs by knowing the audience, determining the content messages and the selection of media use 3) Actions and communications as the stage of implementing direct and indirect socialization 4) Evaluating as the stage of reviewing the planning, implementation and results of the planned program through social media and questionnaires.

Keywords : PR communication strategy, Digital Village


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arifin, A. (2015). Pespektif Ilmu Politik, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Azhari, H. P. (2019). Strategi Komunikasi BKKBN Provinsi Sumatera Utara Dalam Mensosialisasikan Program Pembentukan Kampung KB. (Skripsi). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Chandra, T. C. (2015). Hambatan Komunikasi dalam Aktivitas Bimbingan Belajar antara Tutor dengan Anak Kelas V SD di Bantaran Sungai Kalimas Surabaya. Jurnal E-Komunikasi, 3(2), 1–12.

Cangara, Hafied. 2008. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers

Cutlip, S. M. dkk (2009). Effective Public Relations, Ed. 9. Jakarta: Kencana.

Effendy, O. U. (2006). Hubungan Masyarakat Suatu Studi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Haryono, R & Fitriawati, D. (2020). Strategi Humas Polsek Cimenyan Dalam Mensosialisasikan Tindak Kriminal di Wilayah Cimenyan. Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis, 6(1).

Kasali, R. (1994). Manajemen public relations: Konsep dan aplikasinya di Indonesia. Indonesia: Grafiti.

Lattimore, D. B. (2010). Public Relations: Profesi dan Praktik Ed. 3. Salemba. Humanika. Jakarta.

Mardikanto, dkk. (2015). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Prespektif Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Mukarom, Z. (2015). Manajemen Public Relations. Bandung: Pustaka Setia.

Muchtar, K. (2018). Upaya Pemerintah dalam Membentuk Citra Purwakarta Melalui Kearifan Lokal. Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat, 1(4).

Novianti, S. dkk. (2020). Strategi Humas Badan Narkotika Jawa Barat dalam Mensosialisasikan Program Rehabilitasi. Jurnal InterAct, 9(2).

Parlindo, A. (2018). Pengelolaan CSR PT Pertamina EP Asset 1 Lirik Melalui Kawasan CSR Terpadu Pertamina. Humas:Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat I, 3 (2) 99.

Rahmadi, F. (1999). Public Relations dalam Teori dan Praktek. Jakarta:PT Gramedia Pustaka

Rondonuwu, S. A (2018) The Role of Opinion Leader in Submitting a Message about Village Development in lantung village Wori District Utara Minahasa Regency:Journal of Public Administration, ejournal.unsrat.ac.id

Ruslan, R. (2006). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Ruslan, R. (2012). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Safei, A. A. (2022). Dealing with Islamophobia: Expanding religious engagement to civic engagement among the Indonesian Muslim Community in Australia. HTS Teologies Studies/theological Studies, 78(4).

Safei, A. A. (2016). Development of Islamic Society Based on Majelis Ta’lim: A Study of the Shifting Role of the Majelis Ta’lim in West Java. American Journal of Applied Sciences, 13(9).

Safei, A. A. (2016). The development of Islamic Society based on Celestial business. Jurnal Walisongo, 23(1).

Safei, A. A. (2016). Toleransi Beragama di Era “Bandung Juara”. Jurnal KALAM, 10(2).

Safei, A. A. (2020). Sosiologi Toleransi Kontestasi, Akomodasi, Harmoni. Yogyakarta: Deepublish.

Safei, A. A & Millie, J. (2016). Religious Bandung II: The champion arrives. Inside Indonesia 124.

Satispi, E. dkk. (2019). Aktivitas Humas Pemerintah Daerah Dalam Sosialisasi Program di Dinas Kebakaran Jakarta Selatan. Jurnal Perspektif Komunikasi, 3(2).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suhendar, A. (2010). Keterbukaan Informasi Publik Bentuk Keseriusan Pemerintah Menuju Good Governance. Jurnal Wacana Kinerja, PKPPA I Lembaga Administrasi Negara 13(1).

Syahirah, S. (2021). Pengelolaan Media Relations Humas Pemkab Bandung melalui Program Ngawangkong dalam upaya menjaga citra. Skripsi Jurusan Ilmu Komunikasi Konst. Humas. UIN Sunan Gunung Djati.

Yulianita, N. (2007). Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung




DOI: https://doi.org/10.15575/reputation.v5i3.20546

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Reputation: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.