Pengelolaan Media Sosial YouTube Kementerian Sekretariat Negara RI Sebagai Media Informasi dan Publikasi
DOI:
https://doi.org/10.15575/reputation.v7i3.23374Abstract
References
Afifuddin, M. (2022) Modul Panduan Pengawasan Partisipatif Media Sosial. Panduan Pengelolahan Sosial Media: Badan Pengawas Pemilu
Hastrida, A. (2021). Proses Pengelolaan Media Sosial Pemerintah: Manfaat dan Risiko. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, 25(2), 149-165.
Lani, O. P., Handayani, B. (2021). Peranan Humas Pemerintahan (Government Public Relations) dalam Menciptakan Reputasi Pemerintahan yang Baik. Lontar: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 130-140.
Li HO-Y et al. (2020). YouTube as a source of information on COVID-19: a pandemic of misinformation?. BMJ Global Health, 5(5), e002604.
Pakpahan, A, V, B., Djuwita, A. (2019). Penggunaan Circular Model of SoMe Melalui Instagram @Trademark_bdg. E-Proceeding of Management, 6(2), 5197-5205.
Pemerintahan Negara Republik Indonesia. (2010). Peraturan Pemerintah Nomor 61 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Jakarta: Kementerian Sekretariat Negara
Permatasati et al. (2021). Kehumasan Digital: Tren dan Kompetensi yang Dibutuhkan. Jurnal Aspikom, 6(2), 373-386.
Prabawati, H., Adi, W. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (KOPHI) Sebagai Media Publikasi Kegiatan. Jurnal Communicology, 7(2), 160-178.
Rohma, J. N., Husna, J. (2017). Situs Youtube Sebagai Media Pemenuhan Informasi: Sebuah Survei Terhadap Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro Angkatan 2013-2015. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(1), 171-180.
Rrustemi, V., Baca, G. (2021). The impact of social media activities on raising brand awareness during the COVID-19 pandemic: the case of fashion industry in Kosovo. Management: Journal of Contemporary Management Issues, 26(2), 295-310.
Safarizki, D. A. (2022). Pengelolaan digital PR melalui Website ppid.kai.id: Studi deskriptif pada unit Humas PPID PT. Kereta Api Indonesia. Skripsi. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Sunan Gunung Djati.
Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi. Cakrawala: Jurnal Humaniora, 16(2).
Suminto, A., Farizi, A, A. (2020) Analisis Pemanfaatan Media Sosial Twitter oleh Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil. Sahafa: Journal of Islamic Communication, 2(2), 191-206.
Sumkayani, O., Jamroji. (2021). Media Monitoring Model in Public Relations of BUMN (State-Owned enterprise) Companies. Al-Mada: Jurnal Agama Sosial dan Budaya, 4 (2), 197-212.
Suprawoto (2018). Government Public Relations Perkembangan dan Praktik di Indonesia. Jakarta: Prenamedia Group.
Surokim et al. (2017). Internet, Media Sosial, dan Perubahan Sosial di Madura. Madura: Prodi Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Budaya (FISIB) Universitas Trunojoyo Madura (UTM).
Tasya, Winduwati, S. (2022). Pemanfaatan Media Baru Event via Live Streaming selama Pandemi Covid-19. Koneksi, 6(2), 312-317.
Widyasari, L, K. (2018). Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial dalam Lembaga Pemerintah. Jakarta: Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika.
Biroadpim Kalteng. (2021). Meneropong Peran Humas Pemerintah Memasuki Era 4.0. Diambil dari https://biroadpim.kalteng.go.id/2021/06/meneropong peran-humaspemerintah-memasuki-era-4-0/
Presentation. (2022). Pentingnya Mengenal Audiens Presentasi & Cara Analisisnya [Online] diakses 12 Januari 2023, dari situs https://4presentation.net/id/mengenal-audiens-presentasi/
Firmannamal, A. (2019). Istana dan Media Sosial, [Online] diakses 25 Agustus 2022, dari https://www.humasindonesia.id/opini/istana-dan-mediasosial
Kemensetneg. (2021). Akselerasi Digital Public Relations, Kemensetneg Gandeng Telkom University [Online] diakses 31 Mei 2022, dari https://www.setneg.go.id/baca/index/akselerasi_digital_public_relatio s_kemensetneg_gandeng_telkom_university
__________. (2021). Transformasi Digital Kunci Mengoptimalkan Peran Pranata Humas di Era Revolusi 4.0 [Online] diakses 27 Mei 2022, dari https://www.setneg.go.id/baca/index/transformasi_digital_kunci_me optimalkan_peran_pranata_humas_di_era_revolusi_40
Bojong News. (2021). Humas Polri Sebagai Leading Sektor Pemberitaan Dalam Manajemen Media. [Online]. diakses 12 Januari 2023, dari situs http://bojongnews.semarangkota.go.id/detailpost/humas-polri-sebagai leading-sektor-pemberitaan-dalam-manajemen-media
Dewaweb. (2022). Pahami Cara Kerja Algoritma Youtube [Online] diakses 12 Januari 2023, dari situs https://www.dewaweb.com/blog/panduan-algoritma - youtube/
Dikom Fisipol. (2020). Endorsement di Kalangan Influencer Media Sosial. [Online]. diakses 12 Januari 2023, dari situs https://dikom.fisipol.ugm.ac.id/endorsement-di-kalangan-influencer media-sosial/
IndonesiaPR. (2022). Pentingnya Media Monitoring. [Online]. diakses 12 Januari 2023, dari situs https://indonesiapr.id/pentingnya-media monitoring/#:~:text=Media%20monitoring%20atau%20pemantauan 20media,industri%2C%20dan%20topik%20menarik%20lainnya.
Kominfo. (2015). Kemkominfo: Internet Jadi Referensi Utama Mengakses Berita dan Informasi. Diambil dari https://www.kominfo.go.id/index.php/content/detail/5421/Kemkom nfo%3A+Internet+Jadi+Referensi+Utama+Mengakses+Berita+dan+I formasi/0/berita_satker
Menpan. (2022). Pentingnya Keterbukaan Informasi Publik dalam Reformasi Birokrasi. [Online]. diakses 12 Januari 2023, dari situs https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/pentingnya-keterbukaan -informasi-publik-dalam-reformasi-birokrasi
Neilpatel. (2020). How to Engage Your Audience with Live Streaming. Diambil dari https://neilpatel.com/blog/live-streaming/
Simon Kemp. (2022). DIGITAL 2022: Indonesia [Online] diakses 10 Juni 2022, dari https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia
Smash Ballon. (2022). How to Increase Watch Hours on YouTube Easily (9 Proven Ways). [Online]. diakses 12 Januari 2023, dari situs https://smashballoon.com/how-to-increase-watch-hours-on-youtube/
Taplink. (2022). Menambahkan link YouTube ke bio Instagram selalu berpengaruh positif terhadap peningkatan jumlah view, like, dan subscriber. [Online]. diakses 12 Januari 2023, dari situs https://taplink.at/id/blog/panduan-cara menambahkan-tautan-youtube-ke-bio-instagram-lifehack.html



