Strategi Kampanye BNN dalam Mencegah Penggunaan Narkoba di Kalangan Pelajar
DOI:
https://doi.org/10.15575/reputation.v9i2.29798Abstract
Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Barat merupakan Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang mempunyai tugas membantu pemerintah Indonesia dalam memberantas pelaku-pelaku yang berusaha memperjual belikan narkotika. Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Barat dalam menanggapi fenomena peningkatan angka penyalahgunaan Narkotika di kalangan pelajar, dibuatlah sebuah program kampanye yang dinamakan “BNN GOES TO SCHOOL Berdasarkan hasil penelitian yang didapat, Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Barat dalam melakukan kampanye melalui tiga tahapan, yaitu tahap identifikasi masalah yaitu melihat dari peningkatan penggunaan penyalahgunaan Narkotika di tingkat pelajar yang terus naik di setiap tahunnya, dengan landasan program Nasional. Selanjutnya tahap pengelolaan kampanye yang meliputi tahap perencanaan dengan menentukan tujuan kampanye, menentukan siapa yang menjadi sasaran, menentukan pihak yang akan terlibat dan terakhir menentukan menggunakan media apa dalam melaksanakan kampanye. Lalu tahap pelaksanaan yang akan dilakukan secara langsung dan tidak langsung. Terakhir, tahap evaluasi yang akan dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Barat dengan melakukan rapat.
Kata Kunci : Strategi, Kampanye, Pencegahan Narkoba
References
Alwi, Hasan dkk. 2001. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai. Pustaka
Ardianto, E. (2016). Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan
Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rektama
Arsyad, A. 2002. Media Pembelajaran, edisi 1. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Persada
Cangara. H (2012). Pengantar Ilmu Komuniakasi. Jakarta: PT Raja Grafindo
Cutlip, S. M, Center, A.H., & Broom, G. M (2009). Effective Public relations:
Edisi Kesembilan. Jakarta: Prenada Media Group.
Eko, Widodo Suparno. (2015). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia.
Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.
Gregory, A. (2004). Perencanaan dan Manajemen Kampanye Public
Relations. Jakarta: Erlangga.
Larson. C.U (1992). Persuasion Recption and Responsibility. California.
Wardsworth Publishing Company.
Morissan (2010). Manajemen Public Relations, Strategi Menjadi Humas
Profesional. Jakarta: Kencana.
Mukarom, Z., & Laksana, M. W. (2015). Manajemen Public Relations. Bandung:
CV Pustaka Setia.
Nasrullah, R. (2015). Media Sosial; Perspektif Komunikasi, Budaya, dan
Sosioteknologi. Bandung. Simbiosa Rekatama Media.
Ostegaard, Leon. (2002). Effective Campaign Assesment. Thousand Oaks: Sage
Publication
Rasid, A. (2018). Implikasi Landasan-Landasan Pendidikan. Jurnal Studi Ilmu Pendidikan
dan Keislaman, 1(1)
Rachmadi, F (1992). Public Relations. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama
Rogers. (1985). Communication Technology The New Media in Society
Rulli. N. (2016). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya,
Sosioteknologi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media
Ruslan, Rosadi. (2006). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: PT
Raja Grafindo Persada.
Ruslan, Rosadi. (2008). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: PT Raja
Grafindo Persada.
Ruslan, Rosady. (2013). Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo
Persada
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung:
Alfabeta
Suyanto, S (2005) Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat
Publising
Tjiptono. (2011). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI
Venus, A.(2007). Manajemen Kampanye: Panduan Teoretis dan Praktis dalam
Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung : Simbiosa Rekatama
Media.
Venus, A. (2009). Manajemen Kampanye. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.
Venus, A. (2012). Manajamen Kampanye. Bandung: Simbiosa Rektama Media
Venus, A. (2018). Manajemen Kampanye Panduan Teoritis Dan Praktis Dalam
Mengefektifkan Kampanye Komunikasi Publik Edisi Revisi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Venus, A. (2019). Manajemen Kampanye, Panduan Teoritis dan Praktis dalam
Mengefektifkam Kampanye Komunikasi Publik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Wibawa, D1. 2020. Hukum dan Etika Humas: Membina Hubungan Baik dengan
Wartawan, Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Jurnal :
Arini, Damiarti Aprilia (2019) “Kampanye #ThinkBeforeYouShare oleh Organisasi
Do Something Indonesia Untuk Mengubah Perilaku Generasi Milenialâ€. Volume 4 No. 1 Halaman 66
Immanuel. J (2021) “Strategi Kampanye Alzheimer Indonesia
#JanganMaklumDenganPikun dalam Membangun Kesadaran akan Isu
Demensiaâ€. Volume 6 No. 67 Halaman 58
Wilson, T.D. (1999). “Models in Information Behavior Researchâ€. Journal of
Documentation. Volume 55 No. 3 Halaman249-270
Setiadi, Ahmad. 2014. Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi.
Volume 22 No. 4 Halaman 2
Sintar, Nababan (2020). “Model Komunikasi Humas dalam Literasi Media Sosial (Studi
Kasus Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika). Volume 4 No. 1 Halaman 13
Skripsi :
Abdurrachman, Muhammad Kurniabi. (2022). Kampanye Public Relations Dinas
Perhubungan Dalam Mensosialisasikan Transportasi Umum (Studi Deskriptif Tentang Sosialisasi program BISKITA di Kota Bogor). Fakultas Dakwah dan Komunikasi. UIN Sunan Gunung Djati, Bandung.
Anggraeni, Maya. (2016). Pengaruh Persepsi Label Halal, Citra Merek (Brand Image),
dan Word Of Mouth (WOM) Terhadap Minat Beli Ulang Produk (Studi Kasus
Pada Restoran Solaria Ambrukmo Plaza Yogyakarta).
Pramana, Resa (2023) Kampanye Public Relations Program Adopsi Hutan melalui I
instagram @Hutanituid : Studi deskriptif pada Humas Organisasi Hutan Itu Indonesia
Yolanda, Ega (2023). Kampanye Public Relations dalam Sosialisasi Aplikasi
“Super Sukabumi†(Studi Deskriptif Kualitatif pada Diskominfo Kota Sukabumi). Fakultas Dakwah dan Komunikasi. UIN Sunan Gunung Djati, Bandung.
Website :
BNN (2019). Penyalahgunaan Narkotika di Kalangan Pelajar Meningkat [Online]
diakses pada 19 Juli 2023, dari Penggunaan Narkotika di Kalangan Remaja Meningkat (bnn.go.id) .
bnn,contributor (2022). Visi dan Misi BNN [Online] diakses pada 19 Juli 2023, dari
https://jabar.bnn.go.id/visi-dan-misi-bnn/
Ariwibowo, Kukuh.(2013). Logo Badan Narkotika Nasional [Online] diakses pada
19 Juli 2023, dari https://dedihumas.bnn.go.id/read/section/artikel/2014/01/16/853/logo-badan-narkotika-nasional
Bnn, contributor (2022). Mengenal Jenis-Jenis Narkotika [Online] diakses pada 19
Juli 2023, dari https://sumut.bnn.go.id/mengenal-jenis-jenis-narkotika/
Sutrisno, Debbie (2022). Kejati Jabar Catat Perkara Narkotika Paling Banyak
Ditangani di 2022. [Online] Diakses pada 21 Mei 2023, dari https://jabar.idntimes.com/news/jabar/debbie-sutrisno/kejati-jabar-catat-perkara-narkotika-paling-banyak-ditangani-di.



