Strategi Kampanye BNN dalam Mencegah Penggunaan Narkoba di Kalangan Pelajar

Authors

  • Putri Agustin Lestari UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Khoiruddin Mochtar UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Abdul Azis Maarif UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/reputation.v9i2.29798

Abstract

Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Barat merupakan Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang mempunyai tugas membantu pemerintah Indonesia dalam memberantas pelaku-pelaku yang berusaha memperjual belikan narkotika. Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Barat dalam menanggapi fenomena peningkatan angka penyalahgunaan Narkotika di kalangan pelajar, dibuatlah sebuah program kampanye yang dinamakan “BNN GOES TO SCHOOL Berdasarkan hasil penelitian yang didapat, Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Barat dalam melakukan kampanye melalui tiga tahapan, yaitu tahap identifikasi masalah yaitu melihat dari peningkatan penggunaan penyalahgunaan Narkotika di tingkat pelajar yang terus naik di setiap tahunnya, dengan landasan program Nasional. Selanjutnya tahap pengelolaan kampanye yang meliputi tahap perencanaan dengan menentukan tujuan kampanye, menentukan siapa yang menjadi sasaran, menentukan pihak yang akan terlibat dan terakhir menentukan menggunakan media apa dalam melaksanakan kampanye. Lalu tahap pelaksanaan yang akan dilakukan secara langsung dan tidak langsung. Terakhir, tahap evaluasi yang akan dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Barat dengan melakukan rapat.

Kata Kunci : Strategi, Kampanye, Pencegahan Narkoba

Author Biography

Putri Agustin Lestari, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jurusan Ilmu Komnikasi Hubungan Masyarakat, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

References

Alwi, Hasan dkk. 2001. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai. Pustaka

Ardianto, E. (2016). Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan

Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rektama

Arsyad, A. 2002. Media Pembelajaran, edisi 1. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Persada

Cangara. H (2012). Pengantar Ilmu Komuniakasi. Jakarta: PT Raja Grafindo

Cutlip, S. M, Center, A.H., & Broom, G. M (2009). Effective Public relations:

Edisi Kesembilan. Jakarta: Prenada Media Group.

Eko, Widodo Suparno. (2015). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.

Gregory, A. (2004). Perencanaan dan Manajemen Kampanye Public

Relations. Jakarta: Erlangga.

Larson. C.U (1992). Persuasion Recption and Responsibility. California.

Wardsworth Publishing Company.

Morissan (2010). Manajemen Public Relations, Strategi Menjadi Humas

Profesional. Jakarta: Kencana.

Mukarom, Z., & Laksana, M. W. (2015). Manajemen Public Relations. Bandung:

CV Pustaka Setia.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial; Perspektif Komunikasi, Budaya, dan

Sosioteknologi. Bandung. Simbiosa Rekatama Media.

Ostegaard, Leon. (2002). Effective Campaign Assesment. Thousand Oaks: Sage

Publication

Rasid, A. (2018). Implikasi Landasan-Landasan Pendidikan. Jurnal Studi Ilmu Pendidikan

dan Keislaman, 1(1)

Rachmadi, F (1992). Public Relations. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama

Rogers. (1985). Communication Technology The New Media in Society

Rulli. N. (2016). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya,

Sosioteknologi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media

Ruslan, Rosadi. (2006). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: PT

Raja Grafindo Persada.

Ruslan, Rosadi. (2008). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: PT Raja

Grafindo Persada.

Ruslan, Rosady. (2013). Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo

Persada

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung:

Alfabeta

Suyanto, S (2005) Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat

Publising

Tjiptono. (2011). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI

Venus, A.(2007). Manajemen Kampanye: Panduan Teoretis dan Praktis dalam

Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung : Simbiosa Rekatama

Media.

Venus, A. (2009). Manajemen Kampanye. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Venus, A. (2012). Manajamen Kampanye. Bandung: Simbiosa Rektama Media

Venus, A. (2018). Manajemen Kampanye Panduan Teoritis Dan Praktis Dalam

Mengefektifkan Kampanye Komunikasi Publik Edisi Revisi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Venus, A. (2019). Manajemen Kampanye, Panduan Teoritis dan Praktis dalam

Mengefektifkam Kampanye Komunikasi Publik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Wibawa, D1. 2020. Hukum dan Etika Humas: Membina Hubungan Baik dengan

Wartawan, Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Jurnal :

Arini, Damiarti Aprilia (2019) “Kampanye #ThinkBeforeYouShare oleh Organisasi

Do Something Indonesia Untuk Mengubah Perilaku Generasi Milenialâ€. Volume 4 No. 1 Halaman 66

Immanuel. J (2021) “Strategi Kampanye Alzheimer Indonesia

#JanganMaklumDenganPikun dalam Membangun Kesadaran akan Isu

Demensiaâ€. Volume 6 No. 67 Halaman 58

Wilson, T.D. (1999). “Models in Information Behavior Researchâ€. Journal of

Documentation. Volume 55 No. 3 Halaman249-270

Setiadi, Ahmad. 2014. Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi.

Volume 22 No. 4 Halaman 2

Sintar, Nababan (2020). “Model Komunikasi Humas dalam Literasi Media Sosial (Studi

Kasus Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika). Volume 4 No. 1 Halaman 13

Skripsi :

Abdurrachman, Muhammad Kurniabi. (2022). Kampanye Public Relations Dinas

Perhubungan Dalam Mensosialisasikan Transportasi Umum (Studi Deskriptif Tentang Sosialisasi program BISKITA di Kota Bogor). Fakultas Dakwah dan Komunikasi. UIN Sunan Gunung Djati, Bandung.

Anggraeni, Maya. (2016). Pengaruh Persepsi Label Halal, Citra Merek (Brand Image),

dan Word Of Mouth (WOM) Terhadap Minat Beli Ulang Produk (Studi Kasus

Pada Restoran Solaria Ambrukmo Plaza Yogyakarta).

Pramana, Resa (2023) Kampanye Public Relations Program Adopsi Hutan melalui I

instagram @Hutanituid : Studi deskriptif pada Humas Organisasi Hutan Itu Indonesia

Yolanda, Ega (2023). Kampanye Public Relations dalam Sosialisasi Aplikasi

“Super Sukabumi†(Studi Deskriptif Kualitatif pada Diskominfo Kota Sukabumi). Fakultas Dakwah dan Komunikasi. UIN Sunan Gunung Djati, Bandung.

Website :

BNN (2019). Penyalahgunaan Narkotika di Kalangan Pelajar Meningkat [Online]

diakses pada 19 Juli 2023, dari Penggunaan Narkotika di Kalangan Remaja Meningkat (bnn.go.id) .

bnn,contributor (2022). Visi dan Misi BNN [Online] diakses pada 19 Juli 2023, dari

https://jabar.bnn.go.id/visi-dan-misi-bnn/

Ariwibowo, Kukuh.(2013). Logo Badan Narkotika Nasional [Online] diakses pada

19 Juli 2023, dari https://dedihumas.bnn.go.id/read/section/artikel/2014/01/16/853/logo-badan-narkotika-nasional

Bnn, contributor (2022). Mengenal Jenis-Jenis Narkotika [Online] diakses pada 19

Juli 2023, dari https://sumut.bnn.go.id/mengenal-jenis-jenis-narkotika/

Sutrisno, Debbie (2022). Kejati Jabar Catat Perkara Narkotika Paling Banyak

Ditangani di 2022. [Online] Diakses pada 21 Mei 2023, dari https://jabar.idntimes.com/news/jabar/debbie-sutrisno/kejati-jabar-catat-perkara-narkotika-paling-banyak-ditangani-di.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Lestari, P. A., Mochtar, K., & Maarif, A. A. (2024). Strategi Kampanye BNN dalam Mencegah Penggunaan Narkoba di Kalangan Pelajar. Reputation: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat, 9(2), 229–252. https://doi.org/10.15575/reputation.v9i2.29798

Citation Check