Aktivitas Online Public Relations melalui Pengelolaan Media Sosial Instagram @RSU_Harkel


Muhamad Ariq Nurhakim(1*), Ahmad Fuad(2)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung,  
(*) Corresponding Author

Abstract


This research aims to elucidate the online public relations activities through Instagram management @rsu_harkel conducted by Rumah Sakit Umum Harapan Keluarga using David Armano's 4C concept consisting of Content, Context, Connectivity, and Continuity aspects. This study employs a descriptive method with a qualitative approach. Researchers use in-depth interviews, passive participation observation, and documentation to address the research questions. The research findings indicate that Rumah Sakit Umum Harapan Keluarga engages in online public relations activities with four stages, namely content determination, context adjustment, interaction stimulation, and planning and evaluation.

Full Text:

PDF

References


Atmoko, B. D. (2012). Instagram handbook: Tips fotografi ponsel. Jakarta: Media Kita.

Breakenridge, D. K. (2008). PR 2.0: New media, new tools, new audiences. New Jersey: FT Press.

Creswell, J. W. (2012). Research design: Pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Pustaka Pelajar.

Cutlip, S. M., Center, A. H., & Broom, G. M. (2018). Effective public relations (9th ed.). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

EB, G. A. (2016). Strategi cyber public relations dalam pembentukan citra institusi pendidikan tinggi swasta. Jurnal The Messenger, 6(1), 1-7. Diakses pada 25 November 2023, dari https://usm.ac.id

Harahap, M. A., & Adeni, S. (2020). Tren penggunaan media sosial selama pandemi di Indonesia. Professional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 7(2), 13-23. Diakses pada 25 Januari 2024, dari https://jurnal.unived.ac.id

Juliantika, S. (2022). Pengelolaan media sosial Instagram sebagai media komunikasi & informasi Rumah Sakit Pamengpeuk Garut: Studi deskriptif pada Instagram Rumah Sakit Pamengpeuk Garut (Skripsi). Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Khotimah, K. N., & Tanti, D. (2023). Tantangan pengelolaan media sosial Instagram untuk menjaga engagement dan loyalitas pelanggan pada masa pandemi (Studi pada Everskin Klinik Senopati). Jurnal Visi Komunikasi, 22(01), 28-44. https://doi.org/10.22441/visikom.v22i01.19142

Kurniati, K., Munir, M., Hamidah, L., & Rizky, A. S. (2020). Monitoring dan evaluasi humas pemerintah dalam penggunaan media sosial untuk memerangi hoaks. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(1), 78-95.

Martha, Z. (2021). Penggunaan fitur media sosial Instagram Stories sebagai media komunikasi. Jurnal Komunikasi Nusantara, 3(1), 26-32. https://doi.org/10.33366/jkn.v3i1.67

Marwantika, A. I. (2019). Potret dan segmentasi mad’u dalam perkembangan media di Indonesia. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 14(01), 1-14.

Naufalia, S. S., & Ali, A. (2023). Analisis pengelolaan Instagram RS Ortopedi Prof Dr R Soeharso Surakarta sebagai media informasi rumah sakit. Dalam eProceedings of Management, Universitas Telkom, 10(1).

Nasrullah, R. (2016). Media sosial: Perspektif komunikasi, budaya dan sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nurudin. (2012). Media sosial baru dan munculnya revolusi proses komunikasi. Yogyakarta: Buku Litera.

Pramudya, D. A. (2022). Implementasi cyber public relations pada media sosial Instagram Humas Polres Bogor (Skripsi). Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Permasih, I., Yusuf, Z. A., & Abdul Aziz, M. (2018). Pengelolaan media sosial Instagram Humas Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 25-46. Diakses pada 26 Juni 2023, dari https://jurnal.fdk.uinsgd.ac.id

Phillips, D., & Young, P. (2009). Online public relations: A practical guide to developing an online strategy in the world of social media. Kogan Page Publishers.

Puspitasari, K., & Irwansyah, I. (2022). Fleksibilitas interpretatif teknologi web 2.0 bagi pengelola media sosial instansi pemerintah. PRofesi Humas, 6(2), 220-242.

Ruslan, R. (2008). Etika kehumasan: Konsepsi & aplikasi.

Satira, A. U., & Hidriani, R. (2021). Peran penting public relations di era digital. SADIDA, 1(2), 179-202.

Septyami, D. A., & Zuhri, S. (2022). Pengelolaan konten media sosial Instagram @info_tuban dalam peningkatan pengikut. Jurnal Peurawi: Media Kajian Komunikasi Islam, 5(1). https://doi.org/10.22373/jp.v5i1.12265

Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan aplikasi Canva untuk membuat konten gambar pada media sosial sebagai upaya mempromosikan hasil produk UKM. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430-436. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2983

Simarmata, J. (2010). Rekayasa perangkat lunak. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Solis, B. (2010). Engage! The complete guide for brands and business to build, cultivate, and measure success in the new web. New Jersey: John Wiley & Sons.

Sondakh, R. A., Erawan, E., & Wibowo, S. E. (2019). Pemanfaatan media sosial Instagram pada akun @Geprekexpress dalam mempromosikan restoran Geprek Express. Ilmu Komunikasi, 7(1), 279-292. Diakses pada 17 Oktober 2023, dari https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id

Srisadono, W. (2018). Strategi perusahaan e-commerce membangun brand community di media sosial dalam meningkatkan omset penjualan. Jurnal Pustaka Komunikasi, 1(1), 167-179. Diakses pada 25 Januari 2024, dari https://journal.moestopo.ac.id

Tulung, A. A., Sri, U. S., & Virgin, C. S. (2021). Instagram sebagai media government public relations Kementerian Komunikasi dan Informatika di masa pandemi Covid-19. Commed: Jurnal Komunikasi dan Media, 5(2). https://doi.org/10.33884/commed.v5i2.3667

Utami, N. F., & Yuliati, N. (2022, July). Pemanfaatan media sosial Instagram sebagai media informasi. Dalam Bandung Conference Series: Public Relations (Vol. 2, No. 2, pp. 311-317). https://doi.org/10.29313/bcspr.v2i2.3334

Wiratmo, L. B., Irfan, N., & Kuwatono, K. (2017). Website pemerintah daerah sebagai sarana online public relations. Jurnal Aspikom, 3(2), 326-339. Diakses pada 26 Oktober 2023, dari https://jurnalaspikom.org

Yulvia, T., Sawiji, H., & Ninghardjanti, P. (2023). Pengelolaan media sosial untuk mendukung aktivitas humas Pemerintah Kota Surakarta. JIKAP (Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran), 4(4), 107-117. https://doi.org/10.20961/jikap.v4i4.47803




DOI: https://doi.org/10.15575/reputation.v8i2.34760

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Reputation: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.