Aktivitas Media Relations Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tasikmalaya sebagai Upaya Penyebaran Informasi Publik

Authors

  • Sofiatul Munawwaroh UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Acep Muslim UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/reputation.v9i3.37373

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan Konsep strategi media relations yaitu mengelola relasi, mengembangkan jaringan dan implementasi strategi dalam aktivitas media relations sebagai upaya penyebaran informasi publik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Proses pengumpulan data dilaksanakan melalui wawancara mendalam, observasi partisipasi pasif dan dokumentasi dalam memperoleh jawaban dari pertanyaan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa Diskominfo Kota Tasikmalaya telah melakukan kegiatan media relations meliputi kegiatan menjalin kemitraan dengan media massa, melakukan pemilihan dan penyusunan daftar media, membangun hubungan secara personal dengan pekerja media, melakukan press gathering, press tour, press release, kemudian membangun kolaborasi dengan jaringan organisasi profesi, KIM, serta para pegiat media sosial berlandaskan pada konsep media relations yang dikembangkan oleh Yosal Iriantara.

Kata Kunci : Media Relations; Humas Pemerintah; Media Massa

ABSTRACT

This study aims to explain the concept of media relations strategy, namely managing relationships, developing networks and implementing strategies in media relations activities as an effort to disseminate public information. The research method used is descriptive with a qualitative approach. The data collection process was carried out through in-depth interviews, passive participation observation and documentation in obtaining answers to research questions. The results of the study show that the Tasikmalaya City Diskominfo has carried out media relations activities including activities to establish partnerships with mass media, select and compile media lists, build personal relationships with media workers, conduct press gatherings, press tours, press releases, Then build collaboration with a network of journalist professional organizations, KIM and social media activists. In addition, the Tasikmalaya City Diskominfo coordinates with each OPD for the dissemination of information to the media and carries out a strategy for managing negative news from the mass media to institutions based on the concept of media relations developed by Yosal Iriantara.

Keywords : Media Relations; Government Public Relations; Mass Media

References

Darmastuti, Rini (2012) Media Relations : Konsep, strategi dan aplikasi. Yogyakarta. CV Andi Ofset.

Gassing, Syarifudin S dan Suryanto (2016).Public Relations. Yogyakarta :CV Andi Ofset.

Hasibuan, Malayu S.P, 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Askara.

Kertajaya, Hermawan. (2008). Arti komunitas. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Iriantara, Yosal (2008). Media Relations: Konsep, Pendekatan, dan Praktik. Bandung : Simbiosa Rekatama Media

_____________ (2019). Media Relations: Konsep, Pendekatan, dan

Praktik (Edisi Revisi) Bandung : Simbiosa Rekatama Media

Jefkins Frank dan Yadin Daniel (2004). Public Relations. Edisi Kelima. Jakarta. PT Gelora Aksara Pratama

Moleong, Lexy J (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Ramdani, Thoriq (2022) The Government Public Relations Handbook: Panduan Praktis Humas Pemerintah. Yogyakarta : Bintang Semesta Media.

Rachmat, dkk. (2004). Kewarganegaraan (citizenship) 2. Jakarta : PT. Gradinso

Ruslan Rosady (2007) Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi . Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Sambo, Masriadi (2019). Media Relations Kontemporer (Edisi Pertama). Jakarta : Kencana.

Soemirat & Ardianto (2017) Dasar Dasar Public Relations. Bandung : PT remaja Rosdakarya

Sujanto, Raditia Yudistira (2022). Pengantar Public Relations Di Era 4.0.Yogyakarta. Pustaka Baru Press.

Suprawoto (2018) .Government Public Relations. Jakarta. Prenadamedia Group.

Syahputra, Iswandi (2019). Media Relations: Teori, Strategi dan Intelijen. Depok : PT Raja Grafindo

Wardhani, Diah. (2013). Media Relations. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Gunawan, A. I., & Anisa, R. (2020). Kegiatan Media Monitoring Humas Pemerintah Kota Cimahi. Ekspresi Dan Persepsi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2)

Mayasari, D., Perbawasari, S., & Budiana, H. R. (2018). Media Relations Humas Pemerintah Kota Bukittinggi (Studi Deskriptif mengenai Strategi Media Relations Humas Pemerintah Kota Bukittinggi dalam Membangun Hubungan Baik dengan Media Massa Lokal). Gunahumas, 1(1), 21-35.

Rizqiyah, R. N., Kriyantono, R., & Sujoko, A. (2021). Manajemen Media Relations dalam Meningkatkan Citra Positif dan Reputasi Perusahaan di Era Artificial Intelligence. Journal of Communication Studies, 6(1), 53-66.

Rohmana, N. L. P., & Pratiwi, R. Z. B. (2020). Media Relations Dinas Komunikasi Dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Karanganyar Dalam Sosialisasi Program Pemerintah. Academic Journal of Da'wa and Communication, 1(1), 15-39.

Adnin, S. D. (2021). Strategi media relations humas Perumda Tirtawening Kota Bandung dalam membangun reputasi perusahaan. Skripsi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Edria, M Aqshal (2022). Strategi Media Relations Dinas Komunikasi Informatika dan Statistika Provinsi Lampung dalam Pulikasi Pembangunan Daerah. Skripsi, Universitas Lampung

Maulana, A. (2022). Strategi media Relations Humas RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung dalam mempertahankan citra lembaga. Skripsi.UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Mayang, R. M. (2022). Aktivitas Media Relations Humas Polda Ntb

Dalam Rangka Memperbaiki Citra Kepolisian. Skripsi. Unniversitas Mataram

Muksin,Nurananda (2022) Manajemen Media Relations dalam Meningkatkan Citra Positif (Studi di Bidang Humas Polda Jawa Barat). Skripsi.UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Shahibah, H. R. N. (2021). Strategi Media Relations Humas Kabupaten Klaten Dalam Upaya Menghasilkan Pemberitaan Positif Kepala Daerah. Skripsi Universitas Diponegoro.

Syamsuri, Sulistia (2021) Strategi Media relations Humas Kejaksaan Agung Republik Indonesia dalam Membina Hubungan baik dengan Pers. Skripsi Universitas budi Luhur

Fokusjabar.id (2020) Covid-19, Diskominfo Perkuat Kemitraan Dengan Media, Diakses pada 29 Oktober 2023 dari https://fokusjabar.id/2020/03/30/diskominfo-perkuat-kemitraan-media/

Inilahtasik.com (2022) Bahas Isu Terkini, Diskominfo Kota Tasik Gelar Silaturahmi Kemitraan, Diakses pada 27 Oktober 2023 dari https://www.inilahtasik.com/bahas-isu-terkini-diskominfo-kota-tasik-gelar-silaturahmi-kemitraan.

Jabar Antaranews.com (2023) Pemkot Tasikmalaya Tiga Kali berturut-turut Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik Jabar, Diakses pada 3 Desember 2023 dari https://jabar.antaranews.com/berita/481761/pemkot-tasikmalaya-tiga-kali-berturut-turut-raih-penghargaan-keterbukaan-informasi-publik-jabar?page=all

Kominfo_pemkot_tasik.https://instagram.com/kominfo_pemkot_tsm?igshid=MXcxYjllZXcwYnl1NA== diakses pada 5 November 2023

Tasikmalayakota.go.id (2022) Pemerintah Kota Tasikmalaya meraih penghargaan Kota Informatif Tingkat Jawa Barat Tahun 2022. Diakses pada 29 Oktober 2023 dari https://diskominfo.tasikmalayakota.go.id/berita-pemerintahan/pemerintah-kota-tasikmalaya-meraih-penghargaan-kota-informatif-tingkat-jawa-barat-tahun-2022/

Wartatasik.com (2019) Jalin Silaturahmi dan Sinegritas, Diskominfo Kota Tasik Gelar. Diakses pada 27 Oktober 2023 Pertemuan dengan

Awak Media. https://www.wartatasik.com/wartatasik-birokrasi-jalin-silaturahmi-dan-sinergitas-diskominfo-kota-tasik-gelar-pertemuan-dengan-awak-media/

Downloads

Published

2025-03-30

How to Cite

Munawwaroh, S., & Muslim, A. (2025). Aktivitas Media Relations Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tasikmalaya sebagai Upaya Penyebaran Informasi Publik. Reputation: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat, 9(3), 315–334. https://doi.org/10.15575/reputation.v9i3.37373

Citation Check