Implementasi CSR PT Pupuk Kujang pada Program Kampung Nanasku
DOI:
https://doi.org/10.15575/reputation.v8i3.37370Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manfaat CSR dalam konsep Triple Bottom Line pada dimensi sosial, ekonomi, dan lingkungan yang diperoleh perusahaan maupun masyarakat kelompok petani nanas dalam kegiatan CSR Pupuk Kujang pada program Kampung Nanasku. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah studi kasus, yang melibatkan pengumpulan data primer dan sekunder melalui wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT Pupuk Kujang memperoleh manfaat sosial, seperti peningkatan hubungan dengan petani nanas, partisipasi pentahelix dalam pengambilan keputusan, pembinaan kompetensi masyarakat, penciptaan lapangan pekerjaan, serta peningkatan kepercayaan dan reputasi perusahaan. Manfaat ekonomi meliputi pembinaan kompetensi ekonomi masyarakat, pembukaan peluang pasar, peningkatan profitabilitas, dan penciptaan lapangan kerja. Manfaat lingkungan mencakup peningkatan kompetensi pengelolaan limbah dan penerapan Zero Waste Agriculture untuk mengurangi limbah produksi.
Kata Kunci : CSR; Triple Bottom Line; Humas Perusahaan
ABSTRACT
This study aims to describe the benefits of CSR in the Triple Bottom Line concept in the social, economic, and environmental dimensions obtained by the company and the pineapple farmer group community in Pupuk Kujang's CSR activities in the Kampung Nanasku program. This research uses the constructivism paradigm with a qualitative approach. The method used is a case study, which involves collecting primary and secondary data through in-depth interviews and observations. The results of this study show that PT Pupuk Kujang obtained social benefits, such as improved relationships with pineapple farmers, pentahelix participation in decision-making, community competency building, job creation, and increased company trust and reputation. Economic benefits include fostering community economic competence, opening market opportunities, increasing profitability, and job creation. The environment benefits include improved waste management competencies and the implementation of Zero Waste Agriculture to reduce production waste.
Keywords : CSR; Triple Bottom Line; Corporate Public Relations
References
Afriani. A. & Halim Usman. (2023). Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Meningkatkan Citra Perusahaan Di Mata Masyarakat pada PT Pratomo Putra Teknik Palopo. Universitas Muhammadiyah Palopo: Fakultas Ekonomi dan Bisnis.
Afridayanti, Chika. Dkk. (2023). Analisis Pengelolaan Limbah Sebagai Bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Perusahaan PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Lampung: Jurnal Manajemen dan Akuntansi
Agung, I Gusti Ngurah. I Nyoman Putu Budiartha & Ni Made Sukaryati Karma. (2020). Implementasi Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Furama Villa and Spa Ubud. Bali: Jurnal Analogi Hukum.
Anggun, M., Fitriyani, N. A., & Hartojo, H. (2023). Implementation of Creating Shared Value (CSV) in the Community Empowerment Program" Cardamom Spice Village" PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. Prospect: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 2(3), 198-209.
Ansar, Andi Devi Aisyah. Dkk. (2023). Peran Corporate Social Responsibility dalam Membangun Citra Perusahaan: Sebuah Literatur. Politeknik Pratama: Jurnal Akuntansi dan Bisnis (Akuntansi).
Aqiela, Lin. Sabtoso Tri Raharjo. dan Risna Resnawaty. (2018). Implementasi Program Corporate Social Responsibility (CSR) El Corps. Jurnal Social Work Jurnal, Volume 8, Nomor 2.
Ayun, Rati Afina Qurrata & Fitriyah. (2019). Strategi Pemberdayaan UKM dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing Perusahaan. Universitas Indonesia: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam.
El Khoury, J., & Farah, D. (2018). Opinion Leaders in 2019- Advertising and Public Relations. International Journal of Arts & Sciences, 11(1), 451–460.
Elkington. John. (1997). Cannibals with Forks : The Triple Bottom Line of 21st Century Business. Oxford. UK : Capstone
Gea, Imelda Veronica. Muhammad Saleh & Rahcmad Budi Suharto. (2022). Peranan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Tingkat Pembangunan Desa. Inovasi: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Manajemen.
Gustiawan, Agung. Drikarsa. Rahadiyand Aditya. (2022). Kampung Nanasku: Implementation of Pineapple Cultivation Innovation by Mekarsari Maju Farmers Group Sarireja Village. Prospect: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat.
Hadi, Noor. (2011). Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Husein, Saddam. Wahyu P. & Anindita Paramasatya. (2023). “Bumi Becaro†Program Pemberdayaan Masyarakat Ramah Lingkungan yang Mampu Mendukung Pemulihan Ekonomi Pasca Masa Pandemi Masyarakat Desa Payakabung Kabupaten Ogan Ilir. Prospect: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat.
Kartini, Dwi. (2013). Corporate Social Responsibility Transformasi Konsep Sustainability Management dan Implementasi di Indonesia. Bandung: PT Refika Aditama
Kast FE, Rosenzweig JF. (2003). Organisasi dan Manajemen. Edisi Keempat, Alih Bahasa: A. Hasymi Ali. Jakarta: Bumi Aksara
Lestari, Tri Wahyu. Uswatun Chasanah & Muhammad Mathori. (2023). Strategi Penguatan UMKM melalui Model Pentahelix di Kabupaten Purwerejo. Yogyakarta: Jurnal Syntax Admiration.
Mardikanto, Totok. (2014). Corporate Social Responsibility Tanggung Jawab Sosial Korporasi. Bandung: Alfabeta
_______________. (2018). Corporate Social Responsibility Tanggung Jawab Sosial Korporasi. Bandung: Alfabeta
Mulyana, Dedi. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Novia, Ghina Dwi. Darajat Wibawa. Encep Dulwahab. (2019). Implementasi Corporate Social Responsibility Melalui Program Bantuan Solar Tree Light. Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat, 2(2), 221-240.
Rival, Dicki Muhammad. (2023). Implementasi program CSR PT. Shell dalam membangun hubungan baik dengan masyarakat Kampung Pasir Tukul. Jurusan Ilmu Komunikasi Humas, UIN Sunan Gunung Djati, Bandung
Riyanto. (2018). Community Empowerment Based on Good Tourism Governance in the Development of Tourism Destination. Journal of Indonesian Tourism and Development Studies, 126-136.
Rosyida. Aisyah Surya Bintang. Kadhung Prayoga. Suryani Nurfadillah. (2023). Kajian Dan Verifikasi Budidaya Tanaman Nanas di “Kampung Nanasku†Subang. Universitas Diponegoro
Syafari, Muhammad Riduansyah. (2018). Pentahelix Model In Community Empowerment Around Coal Mine In Maburai Village Tabalong Regency. Banjarmasin: Atlantis Press.
Untung, Hendrik Budi. (2008). Corporate Social Responsibility. Jakarta: Sinar Grafika
Urip, Sri. (2014). Strategi CSR Tanggung Jawab Sosial Perusahaan untuk Peningkatan Daya Saing Perusahaan Di Pasar Negara Berkembang. Ciputat: Lentera Hati
Wulandari, Y. P., Kriswantriyono, A., Rahmawati, T., & Trianingrum, S. (2021). Coastal Ecobased Tourism Development at Tirta Ayu Beach. Balongan Indramayu By PT Pertamina IT Balongan, 6(1), 13-21
Yoga, I Ketut Dharma Putra. Sunaryo & Yulia Kusuma Wardani. (2018). Implementasi Konsep Creating Shared Value (CSV) Sebagai Program Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Peningkatan Kesejahteraan Stakeholder (Studi pada PT. Nestle Indonesia Panjang Factory). Pactum Law Jurnal
Zhao, Fangyuan, & Kong, Yin. (2017). Discovering Social Network Key Opinion Leaders Based Psychology Theory in Social.



