Kampanye Public Relations #AkuBijakMinumSehat melalui Instagram @fyindonesians

Penulis

  • Euis Sahara UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Khoiruddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Subagio Budi Prajitno UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran proses kegiatan kampanye public relations #AkuBijakMinumSehat yang dilakukan oleh Forum for Young Indonesians (FYI) melalui akun Instagram @fyindonesians dengan mengacu pada model kampanye Ostergaard yang dikemukakan oleh Leon Ostergaard. Sesuai dengan tujuan penelitian, peneliti mendeskripsikan hasil penelitian ini dengan membaginya menjadi empat tahapan, yakni tahap identifikasi masalah, tahap perancangan, tahap pelaksanaan serta tahap evaluasi kampanye. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan paradigma konstruktivisme serta metode studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah melalui wawancara mendalam, observasi partisipasi pasif serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa kegiatan kampanye #AkuBijakMinumSehat yang dilakukan oleh FYI melalui Instagram @fyindonesians merupakan kampanye public relations yang sesuai dengan model kampanye Ostergaard. Kata Kunci : Kampanye Public Relations ; Instagram ; LSM. This study aims to determine the description of the #AkuBijakMinumSehat public relations campaign activities carried out by Forum for Young Indonesians (FYI) through the @fyindonesians Instagram account by referring to the Ostergaard campaign model proposed by Leon Ostergaard. In accordance with the research objectives, the researcher describes the results of this study by dividing them into four stages, namely the problem identification stage, design stage, implementation stage and campaign evaluation stage. This research was conducted using the constructivism paradigm and case study method. The data collection techniques used were in-depth interviews, passive participation observation and documentation. Based on the results of the research, it is concluded that the #AkuBijakMinumSehat campaign activities carried out by FYI through Instagram @fyindonesians is a public relations campaign in accordance with the Ostergaard campaign model. Keywords : Public relations campaign, Instagram, NGO.

Referensi

Adani, D., Yulianti, W., Anita, Y., & Pinariya, J. M. (2021). Kampanye Marketing Public Relations BeBASEkspresi Mengenai Perubahan Stigma Standar Kecantikan Perempuan Indonesia. Journal of Research on Business and Tourism, 90-98.

Alamsyah, A., & Sumarni, L. (2024). Kampanye Public Relations (Edukasi dan Kolaborasi) dalam Tingkat Kesadaran Masyarakat Akan Penggunaan Air Bersih. Harmoni, 339.

Ardy, D. G., & Natalia, C. E. (2022). Pengaruh Kampanye PR Gojek #PesanDariRumah terhadap Kesadaran Konsumen . Jurnal Komunikasi Pembangunan, 203.

Arianita, V. B., Roosinda, F. W., & Ekantoro, J. (2021). Kampanye Digital pada Instagram @Perhumas_Indonesia Melalui #IndonesiaBicaraBaik dalam Mewujudkan Masyarakat 5.0. Jurnal Intelektual Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi, 113-121.

Asih, W. M., Muchtar, K., & Abidin, Y. Z. (2020). Pengelolaan Digital PR dalam Mengemas Konten Dakwah di Instagram @masjidtrans. Jurkom, 115.

Berger, C. R., Roloff, M. E., & Roskos-Ewoldsen, D. R. (2021). Kampanye Komunikasi: Handbook Ilmu Komunikasi. Nusa Media.

Budiarti, E. T. (2020). Kampanye Public Relations Online melalui Media Sosial Instagram @lesswasteshift. (Thesis Diploma). Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Constantelos, J. (2007). Interest Group Strategies in Multi-level Europe. Journal of Public Affairs, 40.

Diniati, A., Razak, R., & Lestari, M. T. (2022). Literacy Event Sebagai Kampanye Public Relations dalam Meningkatkan Semangat Literasi Masyarakat Indonesia. Wacana, 200.

Fariastuti, I., & Pasaribu, M. (2020). Kampanye Public Relations #MediaMelawanCovid19 di Media Massa. Jurnal Pustaka Komunikasi, 217.

Gregory, A. (2020). Perencanaan dan Manajemen Kampanye Public Relations. Jakarta: Erlangga.

Hambali, I., Rosyidi, I., & Astuti, D. R. (2022). Kampanye Public Relations Greenpeace Indonesia dalam Menangani Krisis Iklim. Reputation, 414.

Junaedi, F. (2019). Etika Komunikasi di Era Siber (Teori dan Praktik). Depok: Rajagrafindo Persada.

Karim, I. Y., & Yulianita, N. (2021). Peran Instagram @greenarationid Sebagai Media Kampanye Ramah Lingkungan. Journal Riset Public Relations, 120-128.

Margaretha, L., Sari, A., & Toni, A. (2020). Perencanaan dan Evaluasi Public Relations Program CSR Bring Back Our Bottle pada Perusahaan The Body Shop Indonesia. Jurnal Pewarta Indonesia, 10.

Morissan. (2014). Manajemen Public Relations. Jakarta: Kencana Pernada Media Group.

Mukarom, Z., & Laksana, M. W. (2015). Manajemen Public Relations: Panduan Efektif Pengelolaan Hubungan Masyarakat. Bandung: Pustaka Setia.

Nasrullah, R. (2020). Media Sosial (Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nelansari, Z. F., & Tjahjawati, S. S. (2022). Analisis Efektivitas Pesan Kampanye Peningkatan Keselamatan di . Jurnal Komunikasi Nusantara, 233.

Nugroho, R. M., Mukarom, Z., & Astuti, D. R. (2024). Kampanye Public Relations Program P4GN untuk Menekan Angka Penggunaan Narkoba di Kota Bandung. Reputation, 190.

Nova, F. (2011). Crisis Public Relations. Jakarta: Rajawali Press.

Permana, F. Y. (2017). Perempuan dalam Kampanye Antikorupsi. Jurnal ASPIKOM, 401.

Prajarini, D. (2020). Media Sosial Periklanan - Instagram. Sleman: Deepublish.

Pramana, R. (2023). Kampanye Public Relations program Adopsi Hutan melalui Instagram @Hutanituid : Studi deskriptif pada Humas Organisasi Hutan Itu Indonesia. (Thesis Sarjana). Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Ramadhan, R. R., Solahudin, D., & Anugrah, D. (2023). Strategi Kampanye Public Relations Pada Program Rebo Nyunda di Kabupaten Bandung. Reputation, 293.

Ratnasari, E., Sumartias, S., & Romli, R. (2020). Penggunaan Message Appeals dalam Strategi Pesan Kampanye. Jurnal Ilmu Komunikasi, 366.

Ruslan, R. (2021). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Depok: Rajawali Pers.

Sastrosoebroto, I., & Natakoesoemah, S. (2024). 8 Steps as Public Relations Planner. Klaten: PT Nas Media Indonesia.

Setiyawati, & Lovett, M. M. (2023). Peran Public Relations melalui Media Sosial Instagram dalam Membentuk Citra pada PT Flip. Bandung Conference Series: Public Relations, 1160.

Tim Wesfix. (2018). Public Relations itu "Dipraktekin". Jakarta: Grasindo.

Venus, A. (2019). Manajemen Kampanye. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Widiastuti, Wahyudin, A., & Paryati. (2020). Kampanye Public Relations tentang Sosialisasi Layanan Elektronik PASTI Kantor Pertanahan Kota Bandung. Reputation, 67.

Witabora, J. (2012). Peran dan Perkembangan Ilustrasi. Humaniora, 665.

Diterbitkan

2024-03-30

Cara Mengutip

Sahara, E., Khoiruddin, & Prajitno, S. B. (2024). Kampanye Public Relations #AkuBijakMinumSehat melalui Instagram @fyindonesians. Reputation: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat, 8(3), 285–308. Diambil dari https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/reputation/article/view/38953

Citation Check