Manajemen Corporate Social Responsibility pada Program Rengkam di Perbatasan

Authors

  • Fadhil Ramadhan Fathurrahman Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Khoiruddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Abdul Aziz Ma’Arif UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/reputation.v9i1.37530

Abstract

ABSTRAK Corporate social responsibility merupakan kewajiban perusahaan untuk bertanggung jawab dalam kesejahteraan sekitarnya pada aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan dari hasil laba untuk mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis terkait manajemen CSR program “Rengkam di Perbatasan†oleh humas PT PLN Batam menggunakan konsep four step PR oleh Cutlip, Center, dan Broom yakni: Tahap pencarian fakta, perencanaan dan pengorganisasian, aksi dan komunikasi, serta evaluasi. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang diwujudkan dalam metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ialah wawancara mendalam didukung oleh dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan kegiatan manajemen CSR program “Rengkam di Perbatasan†yakni: Tahap pencarian fakta melalui kegiatan survey lapangan dan social mapping. Tahap perencanaan dan pengorganisasian melalui kegiatan pembuatan framework, pembuatan roadmap, dan koordinasi dengan pihak terkait. Tahap aksi dan komunikasi dilakukan dengan kegiatan briefing dan pelaksanaan program. Tahap Evaluasi melalui kegiatan pengawasan program, evaluasi berkala, dan membuat laporan akhir tahun. ABSTRACT Corporate social responsibility is a company's obligation to be responsible for the welfare of its surroundings in the economic, social and environmental aspects of profits to support sustainable development goals. This research aims to find out and analyze the CSR management of the "Seaweed at the Border" program by PT PLN Batam public relations using the four step PR concept by Cutlip, Center, and Broom, namely: Fact finding, planning and organizing, action and communication, and evaluation stages. This research uses a constructivist paradigm using a qualitative approach which is realized in descriptive methods. The data collection technique used in the research is in-depth interviews supported by documentation. The research results show the CSR management activities of the "Seaweed at the Border" program, namely: Fact-finding stage through field survey activities and social mapping. The planning and organizing stage involves creating a framework, creating a roadmap, and coordinating with related parties. The action and communication stages are carried out with briefing activities and program implementation. The Evaluation Stage involves program monitoring activities, periodic evaluations, and making end-of-year reports).

References

Apriani, W. (2014). Pengelolaan Dana Corporate Social Responsibility (CSR) PT Semen Tonasa Dalam Program Kemitraan Dengan Usaha Kecil Dan Menengah di Kabupaten Pangkep 3(1) 14-16

Arikunto, S. (2011). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktek. Edisi revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Azwar, S. (2007). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Basyirah, B., & Sahara, L. (2021). Peran Sop (Standar Operasional Prosedur) Terhadap Kinerja Karyawan Pada Organisasi Pdam Tirta Bengi Bener Meriah Kabupaten Bener Meriah. Universitas Gajah Putih Journal of Economics Review, 3(2), 07-14.

Bungin, B. (2017) Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Yogyakarta:Gajah Mada Press.

Carrol dan Shabana. (2010). The Business Case for Corporate Social Responsibiity: A Review of Concepts, Research and Practice. International Journal of Management Reviews, 12(1), 85-105Eccle & Krzus. (2015). One Report: Integrated Reporting for a Sustainable Strategy. Manhattan: John & Sons

Creswell, J.W. (2018). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches: fourth Edition. California: Sage

Cutlip, Center, Broom. (2016). Effective Public Relations. In B. Tri Wibowo. Jakarta: Kencana.

Dahlsrud, A. (2008). How Corporate Social Responsibility is Defined: An Analysis of 37 Definitions Corporate Social Responsibility and Environmental Management. 15(1), 01-13.

Damayanti, N. (2023), Implementasi Corporate Social Responsibility Penyaluran Air Bersih. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Dessler. (2015). Human Resource Management. New Jersey: Pearson.

Dewi, S. A. (2023). Manajemen Corporate Social Responsibility (CSR) PT Kereta Api (Persero) Melalui Program Marching Band Locomotive. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Effendy, O. U. (2017). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya

Hadi, N (2018). Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Ekspert

Iriantara, Y. (2013). Community Relations Konsep dan Aplikasinya. Bandung: Simbiosa.

Johnson & Scholes (2008). Exploring Corporate Strategy. New Jersey: Prentice Hall.

Kasali, R. (2018). Manajemen Public Relations: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Kotler dan Nancy. (2011). Corporate Social Responsibility, Doing the Most Good for Your Company and Your Cause. Canada: Jhon Willey & Sons, Inc.

Mardikanto, T. (2018). Corporate Social Responsibility Tanggung Jawab Sosial Korporasi. Bandung: Alfabeta.

Moleong, L.J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyadi. (2007). Sistepm Perencanaan dan Pengendalian Manajemen. Jakarta: Salemba Pusa.

Nugrahani. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Solo: Cakra Books

Patton. (2014). Qualitative research and evaluation methods. Edisi 4. California: Sage.

Putra, A. B. (2022), Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) PT Adaro Energy Indonesia Tbk. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Rahman, R. (2009) Corporate Social Responsibility Antara Teori dan Kenyataan. Yogyakarta: Medpress.

Robbins dan Coulter. (2016) Management: twelfth edition. New Jersey: Pearson. Ruslan, R. (2011). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi Konsep. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Salim, E. (2020). Konsep Pembangunan Berkelanjutan. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Siagian (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara Singarimbun. (2020) Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES.

Sugiyono, D. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung: alfabeta.

Susanto. (2009). Reputation Driven Coorporate Social Responsibility. Bandung:Erlangga.

Terry, G. R. (2012). Prinsip-Prinsip Manajemen. (edisi bahasa Indonesia).PT. Bumi Aksara: Bandung.

Untung, H. (2009). Corporate Social Responsibility. Jakarta: Sinar Grafika Utami, T. (2023). Implementasi Kegiatan Corporate Social Responsibility Pada

Program Kemitraan Dalam Upaya Penyusunan Tanggungjawab Perusahaan. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Wulan, Z. (2023). Corporate Social Responsibility PT Kereta Api (Persero) dalam Penguatan Program Sahabat Difabel. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Fathurrahman, F. R., Khoiruddin, & Ma’Arif, A. A. (2024). Manajemen Corporate Social Responsibility pada Program Rengkam di Perbatasan. Reputation: Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat, 9(1), 39–60. https://doi.org/10.15575/reputation.v9i1.37530

Citation Check