Konstruksi Kesalehan Sosial Generasi muslim milenial dalam Filantropi Islam di kota Serang

Rina Darojatun, Azizah Alawiyah

Abstract


Artikel ini mengenai generasi muslim milenial kota Serang yang memiliki karakter yang unik dalam melaksanakan filantropi Islam, keakraban mereka pada media dan teknologi komunikasi menjadikannya terbuka menerima informasi termasuk pandangannya terhadap politik, sosial dan ekonomi, mereka tetap peduli dengan orang lain terutama kaum dhuafa,sehingga membentuknya kesalehan sosial. Tujuan penelitian ini adalah mengungkap terbentuknya budaya filantropi generasi muslim milenial lalu upaya generasi muslim milenial memaknai kesalehan sosial melalui filantropi kemudian konsep diri generasi muslim milenial dalam filantropi dan interaksi generasi muslim milenial dalam gerakan budaya filantropi. Melalui pendekatan fenomenologi kajian ini menegaskan bahwa generasi muslim milenials kota Serang mengenal dan mempraktikkan zakat, infaq dan sedekah sejak mereka kecil, seiring waktu berusaha memahaminya dan terus melakukannya, peran orang tua, lingkungan dan tempat belajar mereka sangat mempengaruhi terbentuknya kesadaran untuk berderma dan membantu orang lain, mereka beranggapan bahwa muslim yang taat adalah muslim yang menjalankan semua perintah Alloh swt dan menjauhi larangannya serta selalu membantu muslim lainnya yang kekurangan, hal ini mereka aplikasikan dalam keseharian, mereka ikut menggalang dana jika ada bencana alam di Indonesia  baik secara langsung melalui posko pengumpulan bantuan ataupun melalui donasi virtual untuk memudahkan dalam penyalurannya.


Keywords


kesalehan sosial, filantropi Islam, generasi muslim milenial

Full Text:

PDF

References


Buku

Badruzaman, Abad. Kesalehan Sosial dibalik Ketaatan Ritual. Jakarta : Elex Media. 2017

Bamualim, S, Chaedar. Irfan Abu bakar. Revitalisasi filantropi Islam: studi kasus lembaga zakat dan wakaf di Indonesia.Jakarta : Pusat Bahasa dan budaya UIN Syarif Hidayatullah & Ford Foundation. 2005

Bajri, M, Muhamad. Kesalehan Sosial : Internalisasi nilai-nilai Al Qur’an di ruang publik.Yogyakarta: Deepublish. 2017.

Bisri, A. Mustofa. Saleh Ritual, Saleh Sosial. Yogyakarta: Diva Press. 2019

Berger, Peter L. Thomas Luckman. The Social Construction Of Reality, A Treatise In The Sociology of Knowledge. Michigan University. America :Doubleday Anchor Books.1966.

Blumer, Herbert. Simbolic Interactionism, Perpective and Method .United State of America: Paperback Printing. 1986

BPS. Statistik Gender Tematik, Profil Generasi Milenial Indonesia. Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.2018.

Faiza, Arum. Sabila J Firda dkk. Arus Metamorfosa Milenial. Kendal : Penerbit Ernest. 2018

Fauzia, Dr.Amelia. Filantropi Islam, Sejarah dan Kontestasi Masyarakat Sipil dan Negara di Indonesia. Yogyakarta : Gading Publishing. 2016

Gaus, A.F. Ahmad. Filantropi dalam Islam. Jakarta: PT.Elexmedia Computindo. 20

Hafiduddin, Didin. Zakat dalam Perekonomian Modern. Jakarta: Gema Insani Pers. 2002.

Jati. Wasisto, Raharjo. Politik Kelas Menengah Muslim Indonesia. Depok: Penerbit LP3ES . 2017.

Ibrahim. Idi Subandi. Bachruddin Ali Akhmad. Komunikasi dan Komodifikasi. Jakarta: Yayasan Obor Pustaka Indonesia. 2014.

Ilcham, Waren F,

Kosim, Muhammad, MA. 2012. Mendidik Kesalehan Ritual dan Sosial, Belajar Dari Hakekat Ibadah, Kisah Berhikmah, dan Fenomena Alam. Jakarta : PT.Rineka Cipta

Kuswarno, Engkus. Fenomenologi, Konsepsi, Pedoman dan contoh penelitian.Bandung:Widya Padjadjaran. 2009.

Latif, Hilman. Zezen Zaenal Muttaqin. Islam dan Urusan Kemanusiaan, Konflik, Perdamaian dan Filantropi.Jakarta: PT.Serambi Ilmu Semesta. 2015.

Latif, Hilman. Politik Filantropi Islam di Indonesia, Negara, Pasar dan Masyarakat Sipil. Yogyakarta: Penerbit Ombak. 2017.

Mulyana, Deddy, M.A., Ph.D. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya. 2002.

Mulyana, Deddy, MA, Ph,D. Metodelogi komunikasi Kualitatif. Bandung:PT.Remaja Rosdakarya. 2003.

Rakhmat, Jalaluddin, Drs. M.Sc. Psikologi Komunikasi, Remaja Rosdakarya Bandung. 1999

Sobary, Mohammad. Kesalehan Sosial. Yogyakarta: PT LKIS. 2007.

Wajydy Farid. Mursyid. Wakaf & kesejahteraan umat: filantropi Islam yang hampir terlupakan.Yogyakarta : Pustaka Pelajar. 2007.

Yuswohady. Marketing To The Middle Class Muslim. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama. 2014.

Zainuddin, Muhamad Drs, MA.Kesalehan Normatif dan Kesalehan Sosial. Malang : UIN malang press. 2007.

Jurnal

Adoni, Hanna. Sherril Mane. “Media and The Social Construction Of Reality, Toward an Integration of Theory and Research”. Communication Research. Volume 11 No 03, July 1984. DOI: 10.1177/009365084011003001

Almari Jasem, John Meewella, “Social Entrepreneurship and Islamic Philantrophy”. International Journal Of Business and Globalisation.Volume 15 Issues 03. P ISSN 1753 3627 E ISSN 1753 3635. DOI: 10.150.4/IJBG.2015.071901

Azis, Aminuddin. “Studi Kesalehan Sosial Masyarakat dalam Membayar Zakat Maal (Studi Kasus Desa Sumberputih Kecamatan Wajak Kabupaten Malang)” Jurnal Ilmiah Mahaiswa FEB Unbraw. Volume 02 No 02 2016

Darojatun, Rina. “ Tren Produk Halal, Gaya Hidup Syar’i dan Kesalehan Simbolik:Studi tentang Muslim Kelas Menengah” Jurnal Wardah Volume 19 Nomor 02 Desember 2018. ISSN 1412-3711. E ISSN 2503-3050

Falah, Riza Zahriyah.”Membentuk Kesalehan Individual dan Sosial Melalui Konseling Multikultural”. Jurnal Konseling Religi. Volume 07 No 01, Juni 2016 hal 166

Kasdi, Abbdurohman. “Filantropi Islam untuk Pemberdayaan Ekonomi Umat(Model Pemberdayaan ZISWAF di BMT Se-Kabupaten Demak)” Jurnal Iqtishodia Volume 09 No 02 2016 hal 227-245 P ISSN 1979-0724 E ISSN 2502-3993

Linge, Abdiansyah. Filantropi Islam sebagai Instrumen Keadilan Ekonomi. Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam Volume 1 nomor 2 tahun 2015. ISSN 2502 6976

Restsika, Konstantinos. “Reconseptualising Zakat In Indonesia, Worship, Philanthropy and Rights”. Indonesia malay world journal, Volume 42 2014 hal 124.DOI: http: //doi.org/10.1080/13639811.2014 951519

Siregar, Nina Siti Salmaniah. “Kajian Tentang Interaksionisme Simbolik”, Jurnal Perspektif Volume 4 Nomor 2, Oktober 2011. 102.ISSN. 20850382

Wahana, Heru Dwi. “Pengaruh Nilai-nilai Budaya Generasi Milenial dan Budaya Sekolah terhadap Ketahanan Individu(Studi Di SMA Negeri 39, Cijantung, Jakarta)”. Jurnal Ketahanan Nasional Volume 21 No 01 2015 ISSN 8853-9310, ISSN 2527 9688

Internet

Nafis Alam “Islamic Venture Philantrophy, A tool for sustainable Community Developmnet” , 2010 diakses tanggal 22 September 2019 https://pFILANTRapers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=1565859

http://alvara-strategic.com/generasi-millennial-indonesia-tantangan-dan-peluang-pemuda indonesia/ diakses 22 Agustus 2019

Indonesia 2020: The Urban Middle Class Millenials. Available from:https://www.researchgate.net/publication/314448735_Indonesia_2020_The_Urban_Midd le_Class_Millenials. Diakses tanggal 20 September 2019.

https://kumparan.com/@kumparantech/generasi-millenial-dominasi-pengguna-internet- di-indonesia. Diakses tanggal 22 Juni 2019

https://kbbi.web.id/saleh. Diakses tanggal 24 Juni 2019

http://www.nu.or.id/post/read/69774/makna-saleh-dan-macam-macamnya. Diakses pada tanggal 30 Juli 2019




DOI: https://doi.org/10.15575/saq.v6i1.11159

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Syifa Al-Qulub Visitors

Creative Commons License

Syifa al Qulub is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Prodi Tasawuf Psikoterapi
Gedung Fakultas Ushuluddin Lt. 3
Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jl. AH. Nasution No. 105 Cibiru Bandung Tlp. (022) 7802275
Handphone: +62 852-0685-1568
E-mail: syifaalqulub@uinsgd.ac.id