Implementasi Bimbingan Keagamaan Petuah dalam Mengantisipasi Kenakalan Remaja di Madrasah Aliyah Ar-Rosyidiyah Kota Bandung
DOI:
https://doi.org/10.15575/saq.v2i1.2758Keywords:
Bimbingan Keagamaan, Petuah, Kenakalan RemajaAbstract
Penelitian ini berangkat dari pemikiran bahwa bimbingan keagamaan merupakan proses pemberian bantuan kepada seseorang yang mengalami kesulitan lahir maupun batin supaya dalam kehidupannya sejalan dengan ketentuan dan petunjuk Allah SWT. Untuk melakukan bimbingan keagamaan tersebut memerlukan suatu metode atau teknik yang tepat dan efektif dan dianggap baik (ma’ruf), sejauh metode dan teknik tersebut tidak bertentangan dengan norma ajaran Islam. Lembaga pendidikan seperti Madrasah Aliyah merupak tempat dilangsungkannya pendidikan, melalui pendidikan di sekolah siswa di didik baik dari aspek akhlak, psikologis, maupun perilakunya terlebih pada sekolah berbasis keagamaan bahwa pola pendidikan akhlaknya sudah barang tentu menjadi prioritas utamanya. Namun fakta dilapangan menunjukan adanya beberapa bentuk kenakalan remaja baik bentuk kenakalan yang ringan hingga yang terberat. Oleh karena itu diperlukan program yang bertujuan untuk mengantisipasi kenakalan remaja tersebut, salah satunya melalui program bimbingan keagamaan petuah (pesantren sabtu ahad) yang ada di Madrasah Aliyah Ar-Rosyidiayah.
References
Arifin, H.M. (1982). Pedoman Pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan Islam. Golden Terayon, Jakarta.
Danim, Sudarwan. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif. Pustaka Setia, Bandung
Faqih, Aunur Rahim. (2001). Bimbingan dan Konseling dalam Islam. UII Press, Yogyakarta
Kartono, Kartini. (1968). Patologi Sosial 2 Kenakalan Remaja. Rajawali, Jakarta.
Kartono, Kartini. (2009). Patologi Sosial 1. Rajawali, Jakarta..
Khatib, Ramayulis Tuanku. (2002). Psikologi Agama. Kalam Mulia, Jakarta.
Moleong, Lexy. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Muhtadi, Asep Saeful. (2005). Metode Penelitian Dakwah. Pustaka Setia, Bandung.
Musfiroh, Tadkiroatun. (2008). Tinjauan Berbagai Aspek Character Building. Tiara Wacana, Yogyakarta.
Nurihsan, Achmad Juntika. (2009). Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Refika Aditama, Bandung.
Rakhmat, Jalaludin. (1997). Metode Penelitian Komunikasi. PT. Remaja Rosda Karya, Bandung.
Sudarsono. (2008). Kenakalan Remaja. Rineka Cipta, Jakarta.
Sukmadinata, Nana Syaodih.(2007). Bimbingan dan Konseling dalam Paraktek. Maestro, Jakarta.
Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (berbasis integrasi). PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).