Terapi Diam dalam Tasawuf Al-Ghazali

Authors

  • solihin solihin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Deden Mansur UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.15575/saq.v2i2.2975

Keywords:

Terapi, Diam, Zikri, Fikir, Ma’rifat

Abstract

Hujjatul Islam Imam Al-Ghazali menginterpretasikan bahaya lisan menjadi dua puluh bagian sebagaimana dilarang oleh prinsip dasar ajaran Islam (Al-Quran dan As-Sunnah). Jikalau lisan tidak dikendalikan, dapat mengakibatkan kandesnsi moral dan disintegrasi sosial dan diakhiratpun mendapatkan siksa. Maka dari itu, menurut Imam Al-Ghazali antisipasi preventifnya ialah dengan diam, karena diam (bukan diam pasif, tapi diam aktif) sangat dianjurkan oleh syariat islam, dan menghidar dari dua puluh bahaya lisan tersebut sama dengan berfikir dan berzikir sehingga pada akhirnya dapat membuahkan hasil ma’rifatullah.

References

A Muth’i, Wahid. Materi Pokok Tasawuf. Jakarta: DEPAG, 1998.

Al-Ghazali. Keutamaan Berfikir. Jakarta: Pustaka Amani, 1989.

Al-Ghazali Terj. Moh Zuhri. Ihya Ulumuddin Jilid V. Semarang: VC. Asy-Syifa, 1994.

Al-Quran dan Terjemahan. Jakarta: KEMENAG RI, n.d.

Ash-Shodiq, Imam Ja’far. Lentera Ilahi, 99 Wasiat Imam Ja’far

Ash-Shodiq. Bandung: Mizan, 1995.

Badri, Malik. Tafakur Prespektif Psikologi Islam. Bandung: Rusda, 2000.

Bukhari dan Muslim Terj. Hussen Bahreisj. Al-Jamius Shalih, Hadits Shahih. Surabaya: CV. Karya Utama, 1993.

Nasution, Harun. Filsafat dan Mistisisme dalam Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 1995.

Qodir Jailani Terj. Muhammad Abdul Ghafar, Abdul. Al-Ghunyah II Thalibi Thariq al-Haqq fi al-Khalaq wa al-Adab al-Islamiyyah, Fiqh Tasawuf. Bandung: Pustaka Hidayah, 2003.

Sholeh, Moh. Agama sebagai Terapi, Telaah Menuju Ilmu Kedokteran Holistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Solihin, M. Terapi Sufistik, Penyembuhan Penyakit Kejiwaan Prespektif Tasawuf. Bandung: Pustaka Setia, 2004.

Taimiyah, Ibnu. Menjaga Lisan. Jakarta: Cakrawala, 2005.

Downloads

Published

2018-08-08