Pendidikan Anak Perspektif Sufistik Dalam Pandangan Ibnu Qayyim Al-Jauziyah
DOI:
https://doi.org/10.15575/saq.v4i2.7587Keywords:
Pendidikan Anak, Sufistik, Ibnu Qayyim Al-JauziyahAbstract
Pendidikan yang diterima anak sejak masa pertumbuhan dari orangtuanya akan sangat berpengaruh terhadap kualitas akhlak yang akan dimilikinya. Pendidikan pertama berawal dari lingkungan keluarga. Oleh karena itu, perhatian orangtua sangatlah penting sebagai bentuk tanggungjawabnya dalam memberikan pendidikan, terutama terkait pendidikan keimanan dan akhlak. ‘Lembaga’ untuk mempertahankan dan membentuk insan yang berakhlakul karimah adalah keluarga. Strategi untuk menjadikan keluarga tetap dapat menjaga ketahanan akhlak mulia di kalangan para sufi khususnya pendidikan anak juga mendapatkan perhatian besar. Salah satu di antara tokoh sufi kontemporer, seorang ulama besar sekaligus reformis pemikir Islam yaitu Ibn Qayyim Al-Jauziyah yang sangat memerhatikan pendidikan anak baik pada masa prenatal (sejak dalam kandungan) maupun pada masa postnatal (pasca dilahirkan). Tulisan ini berusaha menjawab pertanyaan bagaimana metode sufistik Ibn Qayyim Al-Jauziyah dalam mendidik anak. Metode penelitian yang digunakan adalah content analysis terhadap karya-karya Ibn Qayyim khususnya dalam kitab Tuhfatul Maudud bi Ahkam Al-Mulud.
References
Abdullah, Muhammad. “Pendidikan Prenatal: Telaah Pemikiran Ibn Qayyim Al-Jauziyah dalam Kitab Tuhfah Al-Maudud bi Ahkam Al-Maulud dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam.†al-Murabbi 2, no. 2 (2017).
Al-Ghazali. Ihya ’Ulumuddin. Jakarta: Republika Penerbit, 2012.
Al-Jauziah, Ibnu Qayyim. Madarijus Salikin, Pendakian Menuju Allah. Jakarta Timur: Pustaka Al-Kautsar, 1998.
Al-Jauziyah, Ibnu Qayyim. Cerdas ala Rasulullah SAW. Jakarta: Pustaka Azzam, 2011.
———. Hanya Untukmu Anakku, Panduan Lengkap Pendidikan Anak Sejak dalam Kandungan Hingga Dewasa. Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi'i, 2012.
Al-Jauziyah, Syamsuddin Ibnu Qayyim. Fawa-idul Fawa-id: Menyelami Samudra Hikmah dan Lautan Ilmu Menggapai Puncak Ketajaman Batin Menuju Allah. Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’i, 2016.
Al-Juziyah, Ibnu Qayyim. Managemen Qalbu, Melumpuhkan Senjata Syetan. Jakarta: PT Darul Falah, 2005.
Amini, Ibrahim. asupan iahi agar tak salah mendidik amanat-Nya 1. jakarta: Al-Huda, 2011.
———. Asupan Ilahi agar tak salah mendidik amanat-Nya 3. jakarta: Nur Al-Huda, 2011.
Arikhah. “Reaktualisasi Pemikiran Ibn Qayyim Al-Jauziyyah dalam Pengembangan Tasawuf.†at-Taqaddum 8, no. 1 (2016): 73–89.
Azra, Azyumardi. Ensiklopedi Tasawuf. Bandung: Angkasa, 2008.
Badawi, Muhammad. “Transformasi Hukum Islam dalam Kerangka Berfikir Ibnu Qayyim Al-Jauziyah,†n.d., 1–16.
Baharuddin. Aktualisasi Psikologi Islami. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Basri, Rusdaya. “Ibnu Qayyim Al-jauziyah tentang Pengaruh Perubahan Sosial.†Al-Manahij IX, no. 2 (2015).
Farhadian, Reza. Menjadi Orangtua Pendidik. Jakarta: Al-Huda, 2005.
Gandaatmaja, Jalaluddiin Rakhmat dan Muhtar. keluarga Muslim dalam Masayarakat Modern. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1994.
Hafidz, Abdul. Tasawuf Dalam Pandangan Ulama Salaf. Jakarta Timur: Pustaka Al-Kautsar, 2001.
Hernawan, Wawan. “Posisi Ruh Dalam Realitas Menurut Inu Qayim Al-Jauziyah.†Syifa al-Qulub 1 (2017).
Iqbal, Abu Muhammad. Konsep Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan. Madiun, Jawa Timur: Jaya Star Nine, 2013.
Miskawaih, Ibn. Menuju kesempurnaan akhlak. Bandung: Mizan, 1997.
Muhaemin. “Konsep Pendidikan Ibn Qayyim Al-Jauziyah.†Ulul Albab 13 (2011).
Na’mah, Ulin. “Ibn Qayyim Al-Jauziah dan Pendapatnya tentang Tradisi Kalam.†Universum 9, no. 1 (2015).
Nasution, Baktiar. “Konsep Pendidikan Islam Menurut Ibn Qayyim : Relevansinya Dengan Pendidikan Modern.†Tesis, 2011.
Prof. Dr. Rosihon Anwar, M.Ag. Akhlak Tasawuf. Bandung: CV Pustaka Setia, 2010.
Rachman, M.Fauzi. Islamic Teen Parenting. Bandung: Erlangga, 2014.
Rakhmat, Jalaludin. Reformasi Sufistik. Bandung: Pustaka Hidayah, 1999.
Ridwan. “Pendidikan Karakter Menurut Perspektif Imam Ibnu Qayyim AL-Jauziyah.†Jurnal Studi Islam 1, no. 2 (2016).
Rossidy, Imron. “Analisis Komparatif tentang Pendidikan Anak Menurut Ibn Qayyim Al-Jauziyah dan Al-Ghazali: Implikasinya Terhadap Pendidikan Agama Islam Kontemporer.†nitro Professional, n.d., 1–13.
Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Mishbah. Jakarta Pusat: Lentera Hati, 2012.
Tasmara, K.H. Toto. Kecerdasan Ruhaniah. Jakarta: Gema Insani Press, 2003.
Yakub, Syukur. “Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Ibnu Qayyim Al-Jauziyah.†Skripsi, 2013.
Yasin, Ahmad Hadi. Dahsyatnya Sabar. Jakarta Selatan: Qultum Media, 2012.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).