Pendidikan Anak Perspektif Sufistik Dalam Pandangan Ibnu Qayyim Al-Jauziyah


Anggi Anggraeni Islami(1*), Rifki Rosyad(2)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung,  
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan yang diterima anak sejak masa pertumbuhan dari orangtuanya akan sangat berpengaruh terhadap kualitas akhlak yang akan dimilikinya. Pendidikan pertama berawal dari lingkungan keluarga. Oleh karena itu, perhatian orangtua sangatlah penting sebagai bentuk tanggungjawabnya dalam memberikan pendidikan, terutama terkait pendidikan keimanan dan akhlak. ‘Lembaga’ untuk mempertahankan dan membentuk insan yang berakhlakul karimah adalah keluarga. Strategi untuk menjadikan keluarga tetap dapat menjaga ketahanan akhlak mulia di kalangan para sufi khususnya pendidikan anak juga mendapatkan perhatian besar. Salah satu di antara tokoh sufi kontemporer, seorang ulama besar sekaligus reformis pemikir Islam yaitu Ibn Qayyim Al-Jauziyah yang sangat memerhatikan pendidikan anak baik pada masa prenatal (sejak dalam kandungan) maupun pada masa postnatal (pasca dilahirkan). Tulisan ini berusaha menjawab pertanyaan bagaimana metode sufistik Ibn Qayyim Al-Jauziyah dalam mendidik anak. Metode penelitian yang digunakan adalah content analysis terhadap karya-karya Ibn Qayyim khususnya dalam kitab Tuhfatul Maudud bi Ahkam Al-Mulud.


Keywords


Pendidikan Anak; Sufistik; Ibnu Qayyim Al-Jauziyah

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Muhammad. “Pendidikan Prenatal: Telaah Pemikiran Ibn Qayyim Al-Jauziyah dalam Kitab Tuhfah Al-Maudud bi Ahkam Al-Maulud dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam.” al-Murabbi 2, no. 2 (2017).

Al-Ghazali. Ihya ’Ulumuddin. Jakarta: Republika Penerbit, 2012.

Al-Jauziah, Ibnu Qayyim. Madarijus Salikin, Pendakian Menuju Allah. Jakarta Timur: Pustaka Al-Kautsar, 1998.

Al-Jauziyah, Ibnu Qayyim. Cerdas ala Rasulullah SAW. Jakarta: Pustaka Azzam, 2011.

———. Hanya Untukmu Anakku, Panduan Lengkap Pendidikan Anak Sejak dalam Kandungan Hingga Dewasa. Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi'i, 2012.

Al-Jauziyah, Syamsuddin Ibnu Qayyim. Fawa-idul Fawa-id: Menyelami Samudra Hikmah dan Lautan Ilmu Menggapai Puncak Ketajaman Batin Menuju Allah. Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’i, 2016.

Al-Juziyah, Ibnu Qayyim. Managemen Qalbu, Melumpuhkan Senjata Syetan. Jakarta: PT Darul Falah, 2005.

Amini, Ibrahim. asupan iahi agar tak salah mendidik amanat-Nya 1. jakarta: Al-Huda, 2011.

———. Asupan Ilahi agar tak salah mendidik amanat-Nya 3. jakarta: Nur Al-Huda, 2011.

Arikhah. “Reaktualisasi Pemikiran Ibn Qayyim Al-Jauziyyah dalam Pengembangan Tasawuf.” at-Taqaddum 8, no. 1 (2016): 73–89.

Azra, Azyumardi. Ensiklopedi Tasawuf. Bandung: Angkasa, 2008.

Badawi, Muhammad. “Transformasi Hukum Islam dalam Kerangka Berfikir Ibnu Qayyim Al-Jauziyah,” n.d., 1–16.

Baharuddin. Aktualisasi Psikologi Islami. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Basri, Rusdaya. “Ibnu Qayyim Al-jauziyah tentang Pengaruh Perubahan Sosial.” Al-Manahij IX, no. 2 (2015).

Farhadian, Reza. Menjadi Orangtua Pendidik. Jakarta: Al-Huda, 2005.

Gandaatmaja, Jalaluddiin Rakhmat dan Muhtar. keluarga Muslim dalam Masayarakat Modern. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1994.

Hafidz, Abdul. Tasawuf Dalam Pandangan Ulama Salaf. Jakarta Timur: Pustaka Al-Kautsar, 2001.

Hernawan, Wawan. “Posisi Ruh Dalam Realitas Menurut Inu Qayim Al-Jauziyah.” Syifa al-Qulub 1 (2017).

Iqbal, Abu Muhammad. Konsep Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan. Madiun, Jawa Timur: Jaya Star Nine, 2013.

Miskawaih, Ibn. Menuju kesempurnaan akhlak. Bandung: Mizan, 1997.

Muhaemin. “Konsep Pendidikan Ibn Qayyim Al-Jauziyah.” Ulul Albab 13 (2011).

Na’mah, Ulin. “Ibn Qayyim Al-Jauziah dan Pendapatnya tentang Tradisi Kalam.” Universum 9, no. 1 (2015).

Nasution, Baktiar. “Konsep Pendidikan Islam Menurut Ibn Qayyim : Relevansinya Dengan Pendidikan Modern.” Tesis, 2011.

Prof. Dr. Rosihon Anwar, M.Ag. Akhlak Tasawuf. Bandung: CV Pustaka Setia, 2010.

Rachman, M.Fauzi. Islamic Teen Parenting. Bandung: Erlangga, 2014.

Rakhmat, Jalaludin. Reformasi Sufistik. Bandung: Pustaka Hidayah, 1999.

Ridwan. “Pendidikan Karakter Menurut Perspektif Imam Ibnu Qayyim AL-Jauziyah.” Jurnal Studi Islam 1, no. 2 (2016).

Rossidy, Imron. “Analisis Komparatif tentang Pendidikan Anak Menurut Ibn Qayyim Al-Jauziyah dan Al-Ghazali: Implikasinya Terhadap Pendidikan Agama Islam Kontemporer.” nitro Professional, n.d., 1–13.

Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Mishbah. Jakarta Pusat: Lentera Hati, 2012.

Tasmara, K.H. Toto. Kecerdasan Ruhaniah. Jakarta: Gema Insani Press, 2003.

Yakub, Syukur. “Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Ibnu Qayyim Al-Jauziyah.” Skripsi, 2013.

Yasin, Ahmad Hadi. Dahsyatnya Sabar. Jakarta Selatan: Qultum Media, 2012.




DOI: https://doi.org/10.15575/saq.v4i2.7587

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Syifa Al-Qulub Visitors

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Department of Tasawuf Psikoterapi
Gedung Fakultas Ushuluddin Lt. 3
Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jl. AH. Nasution No. 105 Cibiru Bandung Tlp. (022) 7802275
Handphone: +62 852-0685-1568
E-mail: syifaalqulub@uinsgd.ac.id