Dinamika Dakwah Komunitas Fotografi
DOI:
https://doi.org/10.15575/tabligh.v8i4.24884Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi kegiatan dakwah, interpendensi kegiatan dakwah, dan keteraturan kegiatan dakwah yang dilakukan oleh Komunitas Fotografer Muslim. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori dinamika dan teori dinamika kelompok dari Slamet Santosa. Adapun teknik pengumpulan data diperoleh dengan melakukan wawancara, observasi, dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi yang terjadi di dalam komunitas berjalan dengan komunikasi yang santai, tidak kaku, dan fleksibel. Interpendensi yang berlangsung yakni ketergantungan yang datang dari kesamaan hobi dan tujuan menjalankan kegiatan fotografi yang bernilai dakwah dan sosial. Keteraturan kegiatan dakwah di Komunitas Fotografer Muslim dijalankan dengan semaksimal mungkin sesuai dengan rencana, kondisi, dan SDM yang ahli di bidang fotografi dan cakap di ilmu agama Islam.
Kata Kunci : Dinamika; Dakwah; Fotografer Muslim
ABSTRACT
This study aims to determine the interacation of da’wah activities, the interpendence of da’wah activities, and the regularity of da’wah activities carried out by The Muslim Photographer’s Community. This study uses the descriptive qualitative method. The theory used in this study is dynamics theory and group dynamics theory from Slamet Santosa. Data collection technique were obtained by conducting interviews, observation, and documentation analysis. The results of the study show that the interactions that occur ini community run with with communication that is relaxed, not rigid, and flexible. The interdependence that takes place is the dependence that comes from the similarity of hobbies and goals of carrying out photography activities that have da'wah and social values. The regularity of da'wah activities in The Muslim Photographer’s Community is carried out to the maximum extent possible under the plans, conditions, and human resources who are experts in the field of photography and are proficient in Islamic religious knowledge.
Keywords : Dynamics; Da'wah; Muslim Photographers.
References
DAFTAR PUSTAKA
Abdullah, HS, T. F., & Wahyudin, A. (2018). Konstruksi Dakwah Dalam Karya Fotografi. Tabligh: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 292-312.
Al-Bayanuny, S. M.-F. (2010). Ilmu Dakwah: Prinsip dan Kode Etik Berdakwah Menurut Al-Quran dan As-Sunnah. Jakarta: Akademika Pressindo.
Alwasilah, A. C. (2014). Fanatisme dalam politik dan agama: studi deskriptif tentang fanatisme, fanatik, dan fanatikus di Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Arifin, B. S. (2015). Dinamika Kelompok. Bandung: Pustaka Setia.
AS, E., & Aliyudin. (2009). Dasar-dasar Ilmu Dakwah. Widya Padjadjaran.
Aziz, F. (2019). Dinamika Dakwah di Indonesia Abad 21: Eranya Kolaborasi atau Kompetesi? Jurnal MD, 87-97.
Aziz, M. A. (2009). Ilmu Dakwah. Jakarta: Kencana .
Budiarti, M. (2017). Mengurai Konsep Dasar Manusia sebagai Individu Melalui Relasi Sosial yang Dibangunnya. Prosiding KS: Riset dan PKM, (pp. 104-109).
Bungin, B. (2008). Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana.
Dessy, Kushardiyanti and Zaenal, Mutaqin and Aulia Sholichah Iman Nurchotimah, (2021). Tren Konten Dakwah Digital oleh Content Creator Milenial Melalui Media Sosial Tiktok Di Era Pandemi COVID-19. Orasi : Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 12 (1). pp. 97-113. ISSN 2541-7142
Effendy, O. U. (2008). Dinamika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Enjang AS, A. (2009). Dasar-dasar Ilmu Dakwah: Pendekatan Filosofis dan Praktis. Bandung: Widya Padjadjaran.
Fiske, S. T., Gilbert, D. T., & Lindzey, G. (Eds.). (2010). Handbook of social psychology. John Wiley & Sons.
Hasibuan, M. S. P. (2017). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Karim, A. (2016). Dakwah melalui media: Sebuah tantangan dan peluang. Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, (Online), 4(1), 157-172.
Kartono, K. (2016). Pengantar sosiologi. Jakarta: Rajawali Pers.
Kusumawati, A. (2016). Evaluasi program pembangunan. Jakarta: Prenada Media.
Muhyiddin, A., Solahudin, D., Sarbini, A., & dkk. (2014). Kajian Dakwah Multiprespektif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyana, D. (2017). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyana, D. (2017). Komunikasi Antarbudaya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ni'mah, N. (2016). Dakwah Komunikasi Visual. Islamic Communication Journal, 104-120.
Santosa, S. (2009). Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara.
Sarbini, A. (2021). Sosiologi Dakwah. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Soekanto, S. (2015). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukayat, T. (2015). Ilmu Dakwah Perspektif Filsafat Mabadi 'Asyarah. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Tatang. (2016). Dinamika Komunikasi. Bandung: Pustaka Setia.
Winarno, B. (2016). Pengantar sosiologi. Jakarta: Rajawali Pers.
Wahid, A. (2018). Dakwah dalam Pendekatan Nilai-Nilai Kearifan Lokal (Tinjauan dalam Perspektif Internalisasi Islam dan Budaya). Jurnal Dakwah Tabligh, 19(1), 1-19.
Skripsi
Athqianita, Sheyrill. (2021). Dinamika dakwah di Komunitas Tilawah Tigapuluh (KTT): Studi deskriptif penelitian tentang kegiatan tabligh pada Komunitas Tilawah Tigapuluh di Kabupaten Sukabumi. (Skripsi). Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN SGD Bandung.
Daryanti, Ranti. (2021). Dinamika dakwah komunitas Majelis Positif: Penelitian dinamika dakwah komunitas Majelis Positif di Cimahi. (2021). Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN SGD Bandung.
Nanda, Fany Dwi. (2021). Dinamika dakwah komunitas hijrah: Studi deskriptif pada komunitas Bikers Subuhan Bandung. (Skripsi). Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN SGD Bandung.
Downloads
Published
Versions
- 2023-12-29 (3)
- 2023-12-29 (2)
- 2023-12-29 (1)



