Penerapan Metode Mujadalah dalam Dialog Antar Iman


Annisa Zahra Salsabia(1*), Chatib Saefullah(2), Rojudin Rojudin(3)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung,  
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan Dialog Antar Iman pada Acara Halaqah Damai, mengetahui apakah Dialog Antar Iman memenuhi prinsip mujadalah, serta mengetahui apa sajakah faktor pendukung dan penghambat kegiatan Dialog Antar Iman pada acara Halaqah Damai. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif guna menjabarkan dan menjelaskan bagaimana penerapan metode mujadalah dalam dialog antar iman pada acara halaqah damai. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini adalah Dakwah melalui metode Mujadalah menjadi peranan penting dimasa sekarang, karena tingkat pendidikan mad’u yang semakin bertambah juga karakter mad’u berbeda-beda dalam menerima dakwah. Disisi lain dengan adanya kegiatan dialog antar agama- agama itu dapat mewujudkan masyarakat yang saling menghargai dan toleran terhadap sesama manusia lainnya.

Full Text:

PDF

References


Amin, M. R. (2020). Logika dalam berdakwah: Analisis terhadap dakwah Rasulullah SAW. Jurnal Al-Hikmah, 13(2), 138-152.

Aminuddin, S. M. (2009). Ilmu dakwah. Jakarta: Amzah.

Anshari, E. S. (2021). Ilmu, filsafat, & agama. Kiblat Buku Utama.

Aripudin, O., dkk. (2020). Manajemen strategi teori dan implementasi. Banyumas: CV. Persada.

Aryanti, D. (2014). Strategi dakwah Islam radio komunitas santri: Studi kasus Pondok Pesantren Ummul Quro Al-Islam Bogor-Jawa Barat (Skripsi, UIN Jakarta).

Bachtiar, W. (1997). Metodologi penelitian ilmu dakwah. Jakarta: Logo Wacana Ilmu.

Cangara, H. (2002). Pengantar ilmu komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Darwis, A. (2018). Toleransi beragama dalam perspektif Islam di Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 7(1), 15-26.

Farihah, I. (2015). Membangun solidaritas sosial melalui dakwah mujadalah. AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 3(1), 1-14.

Haq, A. (2021). Strategi dakwah Jaringan Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (JPRMI) di Kota Bukittinggi. Jurnal Penelitian Agama dan Masyarakat, UIN Yogyakarta.

Ilaihi, W. (2010). Komunikasi dakwah. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Islam, R. C. (2022). Dialog keagamaan dalam acara Halaqah Damai: Analisis atas praktik dialog keagamaan peserta acara Halaqah Damai. (Disertasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Kusumawati, Y., & Khotimah, N. (2017). Meningkatkan keterampilan berdiskusi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Humaniora, 5(3), 243-252.

Lubis, N. A. F. (2015). Pengantar filsafat umum. Perdana Publishing.

Moleong, L. J. (1995). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muhtadi, A. S. (2019). Komunikasi lintas agama: Mencari solusi konflik agama. In Conference Proceeding ICONIMAD (Vol. 275).

Muslimah, N. (2019). Diskusi kelompok dalam berdakwah Islam di masyarakat. Jurnal Al-Quds, 3(2), 99-106.

Naqvi, A. A. (2016). Mujadalah: The principle of Islamic jurisprudence in modern society. Al-Jami'ah: Journal of Islamic Studies, 54(1), 1-21.

Negara, M. A. P., & Muin, M. A. (2022). Teologi perdamaian perspektif Asghar Ali Engineer. Jaqfi: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam, 7(2), 201-216.

Otor, F. S. (2021). Membangun kembali dialog keagamaan: Telaah deskriptif-singkat atas ensiklik Fratelli Tutti menurut Paus Fransiskus. Dekonstruksi, 3(01), 24-44.

Riswandi. (2009). Ilmu komunikasi. Jakarta: Graha Ilmu.

Rohim, S. (2009). Teori komunikasi: Perspektif, ragam, dan penerapan. Jakarta: Rineka Cipta.

Saeful, A. M. (2019). Komunikasi lintas agama. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Satori, D. (2014). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, A. (2018). Metode dakwah dalam mengatasi problematika remaja. A1-Munzir, 9(1), 13-28.

Supriyanto, A. (2018). Hambatan internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2), 141-153.

Wahyuni, D. (2019). Gerakan dialog keagamaan: Ruang perjumpaan antar umat beragama di Kota Bandung. Religious: Jurnal Studi Agama-Agama dan Lintas Budaya, 3(2), 188-197.

Wiryanto. (2004). Pengantar ilmu komunikasi. Jakarta: Grasindo.




DOI: https://doi.org/10.15575/tabligh.v8i1.25140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.