Muhadharah Sebagai Media Membangun Kompetensi Mubaligh
DOI:
https://doi.org/10.15575/tabligh.v9i1.37487Abstract
References
Afrizal, D. (2018). Implementasi Kegiatan Muhadoroh Dalam Menumbuhkan Life Skill Siswa SMK Muhammadiyah 2 Gresik. Jurnal TAMADDUN - FAI UMG, 39.
Agha, A. M. (2023). Lancar Public Speaking. Yogyakarta: Checklist.
Ali, M. (1995). Lembaga-Lembaga Islam di Indonesia. Jakarta: Grafindo Persada.
Ardianto, E. (2007). Filsafat Ilmu Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Berliani, A. A. (2017). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakulikuler Muhadharah Untuk
Mengembangkan Kemampuan Public Speaking Siswa Di SMP Al Islam Kartasura Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, 21-22.
Dalyono. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Dhofier, Z. (1983). Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3S.
Edwards, W. (2010). Motor Learning and Control; From Theory to Practice. California: Sacramento.
Ghazali, M. B. (2001). Pendidikan Pesantren Berwawasan Lingkungan: Kasus Pondok Pesantren An-Nuqayah Guluk-Guluk Sumenep, Madura. Jakarta: Pedoman Ilmu.
Hidayatun, M. (2018). Manajemen pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Junaedi, J. (2012). Minat dan Bakat Mahasiswa Dakwah Pada Kegiatan Khithabah. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 127.
Kencana, W. N. (2011). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Reneka Cipta.
Marzuqi, I. (2019). Keterampilan Berbicara. Surabaya: CV Istana.
Mastuhu. (1994). Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren: Suatu Kajian tentang Unsur dan Nilai Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS.
Modi, L. S. (2019). Pembelajaran Keterampilan menulis. Academia, 1.
Mufid, M. (2010). Etika dan Filsafat Komunikasi. Jakarta: Kencana.
Mujahidin, I. (2021). Peran Pondok Pesantren Sebagai Lembaga Pengembangan Dakwah. Syiar: Jurnal Konunikasi dan Penyiaran Islam, 36-37.
Munawir. (2023). Muhadharah Sebagai Training Public Speaking Santri (Kajian Pengaruh Muhadharah Terhadap Kemampuan Berpdato Santri di Kabilah Thalibul Jihad Bireueun). Jurnal An-Nasyr, 76.
Mushlihin. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurlatifah, N. (2015). Implementasi Muhadharah Dalam Melatih Keterampilan Berpidato Bahasa Arab. Doctoral Dissertasion, 22.
Pane, G. S. (2023). Program Muhadharah dan Kemanpuan Public Speaking Mahasantri (Studi Pada Mahad Al-Jamiah UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan). Al-Jamahiria : Jurnal Komunikasi dan Dakwah Islam, 140.
Ridwan, A. (2011). Ragam Khitobah Ta'tsiriyah; Sebuah Telaah Ontologis. Jurnal Ilmu Dakwah, 212.
Ridwan, A. (2011). Ragam Khitobah Ta'tsiriyah; Sebuah Telaah Ontologis. Jurnal Ilmu Dakwah, 208.
Rijal, S. (2022). RETORIKA: Teori dan Praktik Keterampilan Berbicara. Samarinda: Mulawarman University Press.
Rodgers, C. (2002). Defining Reflection: Another Look at John Dewey and Reflective Thinking. Teachers College Record, 845.
Rumpoko, H. (2012). Panduan Pidato Luar Biasa . Yogyakarta: Mega Books.
Sambas, S. (2009). Dimensi Ilmu Dakwah. Bandung: Widya Padjajaran.
Santoso, E. (2021). Starategi Estrakulikuler Muhadharah dalam Melatih Kemampuan Public Speaking Siswa MI . Naturalistic; Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pengembangan, 102-1039.
Sapitra, D. (2022). Manajemen Muhadharah Untuk Meningkatkan Kualitas Santri Dalam Berdakwah Di Pondok Pesantren Modern Al-Hidayah Kota Jambi. Qaulan Baligha : Jurnal Ilmu Manajemen Dakwah, 31.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kulaitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sutrisno, I. (2014). Kajian Retorika Untuk Pengembangan Pengetahuan dan Ketrampilan Berpidato. Jurnal Ilmu Komunikasi, 75.
Usman. (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Bandung: CV Sinar Baru.
Downloads
Published
Versions
- 2024-03-28 (2)
- 2024-08-30 (1)



