Manajemen Strategik Digital Fundrising Badan Amil Zakat Nasional Jawa Barat dalam Meningkatkan Minat Muzakki


Siti Zakiah Arfi Haerani(1*), Ali Aziz(2)

(1) Program Studi Manajemen Dakwah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) Program Studi Manajemen Dakwah UIN Sunan Gunung Djati Bandung,  
(*) Corresponding Author

Abstract


This study aims to determine: the strategic management of digital fundrising of the National Amil Zakat Agency (BAZNAS) includes the formulation, implementation, and evaluation of digital zakat fundrising. This research is qualitative by using descriptive method. The technique of collecting data is through the process of observation, interviews, and documentation. The results of the study found that the formulation was carried out by setting goals to achieving targets. The implementation of digital fundrising is carried out by training, updating and developing the system. So that the evaluation of digital fundrising can attract the attention of donors to participate in paying zakat. Through this strategic management of digital fundrising, West Java Baznas succeeded in increasing the interest of muzakki so that muzakki increased.

Full Text:

PDF

References


Abdi, Supriyanto.(2009).Potret Pemenuhan Hak atas Pendidikan dan Perumahan di era Otonomi Daerah. Yogyakarta: PUSHAM UII.

Al Huriyyah.(2010).Implementasi Zakat dalam Kehidupan Ekonomi. Jurnal Ekonomi. Vol. 11 No. 2.

Alwi, Syafaruddin.(2005).Manajemen Sumber Daya Manusia.Yogyakarta:BPFE.

Apollo dan Cahyadi.(2012).Pengaruh Sikap Mandiri dan Dukungan Sosial Terhadap Intensi Berwirausaha Pada Siswa Kelas XI Jurusan Pemasaran SMK PGRI 2 Kota Jambi. Jurnal Psikologi.

Argyris,Mintzberg, Steiner dan Miner dalam Freddy Rangkuti.(1998).Analisis SWOT. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Assauri, Sofjan.(2004).Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

David, Fred. R.(2004). Manajemen Strategis Konsep.Jakarta:Salemba Empat.

David, Fred. R.(2019), Manajemen Strategis Konsep. Jakarta:Salemba Empat.

Freddy, Rangkuti.(2001).Riset Pemasaran.Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama.

Handayaningrat, Soewarno.(1994). Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen.Jakarta: CV. Haji Masagung.

Hansen, Don R. dan Maryanne M, Mowen.(2015).Manajerial Accounting.Jakarta: PT. Salemba Empat.

Hasibuan, Sayuti.(2000).Manajemen Sumber Daya Manusia. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Hatten,K J. and Hatten, M.L.(1996).Stetegic Groups, Asymmetrical Mobility Barriers, and Contestbility.Jurnal Manajemen Strategik.US

America:Elsevier Inc.

Hunger J, David dan Wheelen L, Thomas.(2001).Manajemen Strategis.Yogyakarta: ANDI.

Kadir dan Nafis.(2017).Strategi Pengumpulan Dana Zakat Pada Badan Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Provinsi DKI Jakarta. Jurnal Middle East And Islamic Studies, Vol.4 No.1.

Kementrian Agama.(2009).Manajemen Pengelolaan Zakat.Jakarta: Direktorat Pemberdayaan Zakat, Direktorat Bimbingan Masyarakat Islam Departemen Agama Republik Indonesia.

Kotler, P.(1980).Marketing Manajement: Analysis, Planning, and Control. London: Prentice-Hall, Inc.

Kottler, Philip.(2000).Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian.Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane.(2009).Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks.

Marrus.(2002).Desain Penelitian Manajemen Strategi.Jakarta:Rajawali Press.

Poter, Michael E.(1993).Keunggulan Bersaing Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul. Jakarta:Erlangga.

Rafiudin, Rahmat.(2006).Membangun Firewall dan Traffic Filtering Berbasis Cisco. Yogyakarta: ANDI.

Raharjo, Dawam.(1987).Perspektif Deklarasi Makkah Menuju Ekonomi Islam.Bandung:Mizan.

Rohim,Nur.(2019).Optimalisasi Penghimpunan Zakat Melalui Digital Fundrising.Jurnal Ilmu Dakwah. Vol 4.

Sanusi,Irfan.(2016).Networking Badan Amil Zakat Nasional Jawa Barat dalam Meingkatkan Pelayanan Zakat.Jurnal Ilmu Dakwah. Vol 10 No.1.

Sugiyono.(2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, Ujang.(2011).Perilaku Konsumen: Teori Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Graha Indonesia.

Umar,Husein.(2002).Metodologi Penelitian.Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat.

Wardani, Kesuma, W, Rama.(2017).Strategi Komunikasi Badan Amil Zakat Nasional dalam Pengumpulan Zakat Maal. Jurnal Ilmu Dakwah. Vol.11 Nomor 1 hal 159.

Widjajanti,Darwina.(2006).Rencana Strategis Fundrising.Jakarta:Piramedia.

Winarso, Widi.(2020). Pengantar Manajemen.Jakarta:Pena Persada.

Zeithaml, Valerie, and Mary J Britner.(1996).Service Marketing, The Mc Graw Hill Companies.

Zulkifli, Sunan.(2003).Panduan Praktis Transaksi Perbankan Syariah. Jakarta: Zikrul Hikam.




DOI: https://doi.org/10.15575/tadbir.v7i2.20023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.