Kolaborasi Pegiat Literasi Lintas Bidang sebagai Upaya Memperkuat Eksistensi Perpustakaan


Rully Khairul Anwar(1*), Adit Pratama(2)

(1) Padjadjaran University, Indonesia
(2) Padjadjaran University, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian kali ini yaitu untuk mengetahui strategi kolaborasi di Perpustakaan Hayu Maca Cimahi. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan wawancara, studi kepustakaan, observasi, dan dokumentasi. Model penelitian ini menggunakan model Collaborations as a Continuum yang dikenalkan oleh Weiber dan Erway pada tahun 2009 yang mana tahapan kontinum dapat dijadikan alat untuk mengevaluasi kolaborasi dan secara sadar kerjasama akan bergerak ke arah aktivitas yang tepat untuk ke jenjang. Informan dalam penelitian ini yaitu terdiri dari 3 (tiga) orang yang diwawancara, ketiganya merupakan pengurus dan mitra Perpustakaan Hayu Maca. Hasil dari penelitian ini adalah perumusan kolaborasi dilakukan dengan mitra untuk sama-sama menetapkan pembagian tugas ataupun menunggu arahan dari mitra. Sebelum menjalankan kontak awal dengan mitra, biasanya Hayu Maca melakukan Feasibility Study untuk menentukan apakah calon mitra yang akan bekerjasama bisa memiliki komitmen dalam melanjutkan program yang nantinya akan menjadi pertimbangan apakah program kolaborasi akan dilanjutkan atau tidak. Perpustakaan Hayu Maca juga menerapkan beberapa standar yang ditetapkan kepada para calon mitra yang akan melaksanakan kolaborasi. Standar tersebut tidak jauh dari visi dan misi Perpustakaan Hayu Maca dan setelah melaksanakan program kolaborasi selalu dilakukan evaluasi tiga tahap.

Keywords


perpustakaan; perpustakaan umum; kolaborasi lintas bidang; yayasan hayu maca

Full Text:

PDF

References


Ammer, C. (2013). The American Heritage dictionary of idioms: American English idiomatic expressions & phrases. HMH.

Besancon, R. (2013). The encyclopedia of physics. Springer Science & Business Media.

Bheemashankar, S., & Joshi, A. K. (2021). Public libraries and their role in modern society: Comments of the reviewer. Journal of Library and Information Communication Technology, 10(1), 18–24.

Butler, T., & Coleman, D. (2003). Models of collaboration. Collaborative Strategies.

Creswell, J. W. (2015). Revisiting mixed methods and advancing scientific practices. The Oxford Handbook of Multimethod and Mixed Methods Research Inquiry.

Cruz, A. M. (2019). Intentional integration of diversity ideals in academic libraries: A literature review. The Journal of Academic Librarianship, 45(3), 220–227.

Dalmer, N., McKenzie, P., Rothbauer, P., Martin-Yeboah, E., & Oswald, K. (2022). “ Palaces for the People”: Mapping Public Libraries’ Capacity for Social Connection and Inclusion.

Enggar, Y. (2021). Kepala Perpusnas: Indeks Kegemaran Membaca Indonesia 2020 Masuk Kategori Sedang. Kompas.Com. https://www.kompas.com/edu/read/2021/02/02/203054871/kepala-perpusnas-indeks-kegemaran-baca-indonesia-2020-masuk-kategori-sedang?page=all.

Gul, S., & Bano, S. (2019). Smart libraries: an emerging and innovative technological habitat of 21st century. The Electronic Library, 37(5), 764–783.

Herdiani, A., & Sastramihardja, H. S. (2011). AHS: Ontologi kolaborasi dinamis. Konferensi Nasional Sistem Informasi Di STMIK Potensi Utama Medan, No, 1–8.

Hovelynck, J., Craps, M., Dewulf, A., Sips, K., Taillieu, T., & Bouwen, R. (2020). Relational practices for generative multi-actor collaboration. The Sage Handbook of Social Constructionist Practice, 258–267.

Ifijeh, G., & Yusuf, F. (2020). Covid–19 pandemic and the future of Nigeria’s university system: The quest for libraries’ relevance. The Journal of Academic Librarianship, 46(6), 102226.

Lai, E. R. (2011). Collaboration: A Literature Review Research Report (p. Research Reports, no. April: 41.). http://www.datec.org.uk/CHAT/chatmeta1.htm.

Masenya, T. M. (2023). Adoption and Usage of Cyberzone in Public Libraries and Its Efficacy in Building Social Cohesion Among Underprivileged Communities in South Africa. International Journal of Information Systems and Social Change (IJISSC), 14(1), 1–15.

Miller, M. R., Jun, H., Herrera, F., Yu Villa, J., Welch, G., & Bailenson, J. N. (2019). Social interaction in augmented reality. PloS One, 14(5), e0216290.

Narang, S. (2020). Positioning Libraries in Meeting Public Health Challenges in India: Key Strategies. J. Sci. Res., 9(2), 219–225.

Panitz, T. (1999). Collaborative versus Cooperative Learning: A Comparison of the Two Concepts Which Will Help Us Understand the Underlying Nature of Interactive Learning.

Polizzi, G. (2020). Digital literacy and the national curriculum for England: Learning from how the experts engage with and evaluate online content. Computers & Education, 152, 103859.

Rahman, M. (2020). Filsafat Ilmu Pengetahuan. Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Stiawan, F. D., & Kurniawan, A. T. (2019). Analisis Implementasi Kerjasama UPT Perpustakaan IAIN Salatiga dengan Kedutaan Besar India dalam Penyediaan Layanan India Corner. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(2), 41–50.

Stoddard, M. M., Gillis, B., & Cohn, P. (2019). Agile project management in libraries: Creating collaborative, resilient, responsive organizations. Journal of Library Administration, 59(5), 492–511.

Tadesse, S., & Muluye, W. (2020). The impact of COVID-19 pandemic on education system in developing countries: a review. Open Journal of Social Sciences, 8(10), 159–170.

Tang, T., Vezzani, V., & Eriksson, V. (2020). Developing critical thinking, collective creativity skills and problem solving through playful design jams. Thinking Skills and Creativity, 37, 100696.

Thomson, A. M., & Perry, J. L. (2006). Collaboration processes: Inside the black box. Public Administration Review, 66, 20–32.

Tzanova, S. (2020). Changes in academic libraries in the era of Open Science. Education for Information, 36(3), 281–299.




DOI: https://doi.org/10.15575/jt.v6i2.25887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

________________________________________________________________________

E - ISSN : 2615-5028


TEMALI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.>

 

Published by : Prodi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Sponsored by : Ikatan Sosiologi Indonesia (ISI)

 

Flag Counter