Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Digital untuk Desa Wisata


Azmi Ali Yafie(1*), Muhammad Ihsan Aulia Rahman(2)

(1) Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Indonesia
(2) Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pemberdayaan masyarakat merupakan suatu kegiatan untuk bisa membuat masyarakat mandiri dan berdaya dalam segala aspek kehidupan.Tujuan penelitian ini mendeskripsikan bagaimana pemberdayaan masyarakat desa yang berbasis digital di beberapa desa Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan pendekatan kualitatif. Sumberdaya data pada penelitian ini adalah artikel jurnal yang membahas pemberdayaan masyarakat desa berbasis digital. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara pemilihan data, pengorganisasi data, interpretasi data kemudian  penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa pemberdayaan masayrakat desa berbasis digital yang dilakukan oleh para fasilitator pembrdayaan adalah pemberdayaan digital marketing. Digital marketing ini bisa digunakan untuk pengembangan wisata desa, serta memasarkan produk desa dengan lingkup yang jauh.

Keywords


desa digital; digital marketing; inisiatif masyarakat; pemberdayaan masyarakat; internet of things

Full Text:

PDF

References


Adn, A. F., & Adnan., M. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pembangunan Wisata Digital Di Desa Kandri Kota Semarang Tahun 2017-2019. Journal of Politic and Government Studies, 8(4), 91–100.

As’adi, M., Zaman, A. N., Dewi, A. C., Mujahidah, N., Safaat, A. R., Amalina, I., Shandyasta, P., & Siburian., B. (2021). Pemberdayaan dan pendampingan desa digital melalui media website pada Desa Kadubungbang-Pandeglang. Unri Conference Series: Community Engagement.

Asri, I. A., Yudi, T., Suariedewi, I. G. A. A. M., & Prayoga., K. A. M. D. (2022). Pemberdayaan kelompok darwis yang terdampak covid-19 melalui digital marketing di Desa Siangan. Jurnal Abdi Masyarakat, 2(2), 57–62.

Ayesha, I., Pratama, I. W. A., Hasan, S., Amaliyah, Effendi, N. I., Yusnanto, T., Diwyarthi, N. D. M. S., Utami, R. D., Firdaus, A., Mulyana, M., Fitriana, Norhidayati, & Egim, A. S. (2022). Digital Marketing (Tinjauan Konseptual). Global Eksekutif Teknologi.

Badan Pusat Statistik. (2023). Statistika Indonesia 2023.

Dahiri. (2019). Desa Digital: Potensi dan Tantangannya. Badan Keahlian DPR RI.

De Haan, E., Wiesel, T., & Pauwels, K. (2016). The effectiveness of different forms of online advertising for purchase conversion in a multiple-channel attribution framework. International Journal of Research in Marketing, 33(3), 491–507.

Fitriana, N. (2020). Revitalisasi dan Pengelolaan Potensi Desa Berbasis Pemberdayaan Masyarakat. Bildung.

Friedman, M. (2010). Milton Friedman on Economics: selected papers. University of Chicago Press.

Handayani, I. T., & Bahrianoor. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Desa dalam Pengembangan Ekonomi Digital kepada Industri Kecil dalam Menghadapi Covid-19 di Desa Mentaren II Pulang Pisau. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 217–221.

Hasan, M., & Azis, M. (2018). Pembangunan Ekonomi & Pemberdayaan Masyarakat: Strategi Pembangunan Manusia dalam Perspektif Ekonomi Lokal. Pustaka Taman Ilmu.

Hastuti, W., Wibisono, M. Y., & Rahman, M. T. (2023). Agama dan Budaya di Pusaran Globalisasi Kontemporer. Integritas Terbuka: Peace and Interfaith Studies, 2(1), 47–58. https://doi.org/https://doi.org/10.59029/int.v2i1.9

Kurniawan, A., Indarso, A. O., Sembada, W. Y., & Anwar, K. (2021). Pemberdayaan Literasi Digital di Desa Waringin Kurung, Cimanggu, Pandeglang. Indonesian Journal of Society Engagement, 2(2), 96-115.

Lavinda. (2023). APJII: Pengguna Internet Indonesia 215 Juta Jiwa pada 2023, Naik 1, 17%. Katadata.Co.Id.

Nengsih, C., Suhaeri, Yugaswara, H., & Sabiq, A. (2021). Pemberdayaan Desa Ciseeng Melalui Pembangunan Portal Menuju Desa Digital. Info Abdi Cendekia, 4(2), 39-44.

Nugroho, L. (2021). Konsep Pembangunan dan Pengembangan Desa Digital in Pengantar Manajemen Potensi Desa : Aku Yakin Desaku Punya Sejuta Potensi. CV. Agrapana Media.

Olson, E. M., Olson, K. M., Czaplewski, A. J., & Key, T. M. (2021). Business strategy and the management of digital marketing. Business Horizons, 64(2), 285–293.

Persada, A. G., & Achiria, S. (2022). Pemberdayaan UKM Jamaah Masjid berbasis Digital Marketing di Desa Tlogoadi Kecamatan Mlati Kabupaten Sleman. Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1–11.

Pramudya, M. A., Listanti, N. N., Handayani, R. T., Salsabil, S., Salsabila, S., Subagyo, S. Y. W., & Meliantika, V. (2021). Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Berbasis Digital Masyarakat Desa Kedung Pengawas. Jurnal Komitmen (Jurnal Pengabdian Masyarakat Fikom Ubhara Jaya), 1(1), 43–53.

Putra, I. A., Mustamim, M., Taufani, A. A., Aslamuddin, F. B., & Rohmah, Z. M. (2022). Pemberdayaan Ibu-Ibu PKK Di Desa Kedungotok Tembelang Jombang Melalui Program Kewirausahaan dan Digital Marketing. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 173–182.

Rahman, M. T., & Anwar, R. K. (2022). The Development Potential for Local Communities of Religious Tourists Visiting Sacred Graves. International Journal of Religious Tourism and Pilgrimage, 10(2), 7.

Ramly, A. R., Wahyuddin, Mursyida, J., & Mawardati. (2018). Ekonomi desa: analisa pemberdayaan ekonomi masyarakat desa. Natural Aceh.

Rosramadhana, Sudirman, & Zulaini. (2020). Pemberdayaan Remaja Melalui Inovasi Pembuatan Permainan Congkak Berbasis Digital Pada Komunitas Permainan Tradisional Di Desa Tanjung Rejo Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik Dan Pengabdian Masyarakat), 4(2), 169–174.

Sanjaya, P. K. A., Hartati, N. P. S., & Premayani, N. W. W. (2020). Pemberdayaan pengelola badan usaha milik desa (BUMDes) berdikari melalui implementasi digital marketing system. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 65–75.

Sari, I. A., Kartikasari, M. D., Susilawati, A. D., & Cahyaningtyas, N. W. (2020). Pemberdayaan masyarakat ekonomi Desa Mejasem Timur melalui penguatan literasi keuangan dan digital marketing. Masyarakat Berdaya Dan Inovasi, 1(2), 96-100.

Schwarzl, S., & Grabowska, M. (2015). Online marketing strategies: the future is here. Journal of International Studies, 8(2), 187–196.

Sufi. (2019). Strategi Pemberdayaan Dan Peningkatan Kesejahteraan Nelayan Pada Masyarakat Pesisir Kecamatan Muara Batu. Unimal Press.

Sugiyono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Sulistyanto, A., Muhamad, P., Dwinarko, D., & Sjafrizal, T. (2022). Pemberdayaan dan Pendampingan Masyarakat Desa dalam Transformasi Digital Pelayanan Publik Berbasiskan Website. Jurnal Pengabdian Masyarakat (ABDIRA), 2(3), 117-128.

Suyatna, R. (2019). Desa Digital sebuah Konsep Katalisasi Pemberdayaan Masyarakat Desa. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(1), 22–26.

Tanjung, A., Nur’aeni, & Heriyanti, S. S. (2021). Peningkatan Tata Kelola Desa Da N Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Berbasis Digital Desa Cipayung Kecamatan Cikarang Timur. Jurnal Pengabdian Pelitabangsa, 2(1), 7–13.




DOI: https://doi.org/10.15575/jt.v6i2.26890

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

________________________________________________________________________

E - ISSN : 2615-5028


TEMALI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.>

 

Published by : Prodi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Sponsored by : Ikatan Sosiologi Indonesia (ISI)

 

Flag Counter