Implementasi Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Inklusi Sosial dalam Konteks Kebhinekaan di Sekolah


Willfridus Demetrius Siga(1*), Kristining Seva(2), Jh. Fandi Gilar Saputro(3)

(1) Universitas Katolik Parahyangan Bandung, Indonesia
(2) Universitas Katolik Parahyangan Bandung, Indonesia
(3) Universitas Katolik Parahyangan Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter. Tulisan berdasarkan pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk mendorong para siswa memiliki kemampuan berpikir kritis dan pemahaman tentang inklusi sosial yang relevan. Kegiatan di SMA Santa Maria 1 Bandung ini berniat  untuk membentuk masyarakat yang siap menerima perbedaan hingga pada level pola pikir, memiliki kemampuan berdialog, dan memiliki kemampuan bertukar pikiran secara terbuka. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini meliputi tahap binding, bonding dan bridging (3B). Para penulis yang berperan sebagai fasilitator dan pendamping bersama para guru membuat rancangan modul yang mendukung pembangunan perdamaian, memperkuat hubungan yang adil dan mempromosikan kohesi sosial, sebagai bentuk komitmen dan aksi nyata dalam membangun masyarakat yang inklusif, adil, dan berkelanjutan. Modul yang dikembangkan, juga sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang memberi penekanan pada perwujudan Profil Pelajar Pancasila, yakni Berkebhinekaan Global, Bernalar Kritis, dan Kreatif. Para siswa diharapkan mejadi duta perdamaian dan menjadi agen perubahan di tengah masyarakat mulai dari kemampuan mengenal diri sebagai orang muda yang memiliki kekuatan, menyadari diri sebagai bagian dari komunitas sosial, kemampuan mengidentifikasi isu-isu sosial, merencanakan aksi sebagai agen perdamaian, dan aksi untuk memperkuat kohesi sosial. Modul pendampingan yang dihasilkan tidak hanya berdampak bagi siswa SMA Santa Maria 1 tetapi juga dapat diimplementasikan kepada semua SMA di bawah naungan Majelis Pendidikan Katolik (MPK) di Jawa Barat dan direplikasi atau menjadi rujukan sekolah lain.

Keywords


agen perubahan; design thinking; modul pendampingan; pengabdian kepada masyarakat; Sosiologi perkotaan

Full Text:

PDF

References


Asghar, M., & Rowe, N. (2017). Reciprocity and critical reflection as the key to social justice in service learning: A case study. Innovations in Education and Teaching International, 54(2), 117–125.

Boyce, G., Greer, S., Blair, B., & Davids, C. (2012). Expanding the horizons of accounting education: Incorporating social and critical perspectives. Accounting Education, 21(1), 47–74.

Campbell, S. M. (2022). Expanding notions of equity: Body diversity and social justice. Psychology in the Schools, 59(12), 2387–2404.

Caple, H., & Tian, P. (2022). I see you. Do you see me? Investigating the representation of diversity in prize winning Australian early childhood picture books. The Australian Educational Researcher, 49(1), 175–191.

Claridge, T. (2018). Functions of social capital–bonding, bridging, linking. Social Capital Research, 20(1), 1–7.

Elder, L., & Paul, R. (2020). Critical thinking: Learn the tools the best thinkers use. Foundation for Critical Thinking.

Flensner, K. K., & Von der Lippe, M. (2019). Being safe from what and safe for whom? A critical discussion of the conceptual metaphor of ‘safe space.’ Intercultural Education, 30(3), 275–288.

Gupta, S. S., Rous, B. S., & Schertz, H. (2016). Understanding change and implementation: How leaders can support inclusion. YC Young Children, 71(2), 82–91.

Halász, G., & Michel, A. (2011). Key Competences in Europe: interpretation, policy formulation and implementation. European Journal of Education, 46(3), 289–306.

Kansky, R., & Maassarani, T. (2022). Teaching nonviolent communication to increase empathy between people and toward wildlife to promote human–wildlife coexistence. Conservation Letters, 15(1), e12862.

Karimi, F., & Matous, P. (2018). Mapping diversity and inclusion in student societies: A social network perspective. Computers in Human Behavior, 88, 184–194.

Lin, H.-C., & Chang, C.-M. (2018). What motivates health information exchange in social media? The roles of the social cognitive theory and perceived interactivity. Information & Management, 55(6), 771–780.

Luthfi, M. I., & Septiyanti, N. D. (2023). Design Thinking untuk Analisis Masalah Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 3(2), 193–204.

Muñoz, S. M., Basile, V., Gonzalez, J., Birmingham, D., Aragon, A., Jennings, L., & Gloeckner, G. (2017). Critical perspectives from a university cluster hire focused on diversity, equity, and inclusion. Journal of Critical Thought and Praxis, 6(2), 1–21.

Parker, C. (2016). Pedagogical tools for peacebuilding education: Engaging and empathizing with diverse perspectives in multicultural elementary classrooms. Theory & Research in Social Education, 44(1), 104–140.

Plattner, H., Meinel, C., & Leifer, L. (2017). Design thinking research: Making distinctions: Collaboration versus cooperation. Springer.

Rahman, M. (2020). Filsafat Ilmu Pengetahuan. Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Russen, M., & Dawson, M. (2023). Which should come first? Examining diversity, equity and inclusion. International Journal of Contemporary Hospitality Management.

Shofa, A. M. A. (2016). Memaknai kembali multikulturalisme Indonesia dalam bingkai Pancasila. JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 1(1), 34–40.

Suwitra, I. M. (2018). Culture and Adat in Globalizational Era. Sociological Jurisprudence Journal, 1(1), 30–34.

Telaumbanua, Y. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 598–605.

Tewksbury, D., & Rittenberg, J. (2012). News on the Internet: Information and Citizenship in the 21st Century. Oxford University Press.

Usman, S. (2018). Modal sosial. Pustaka Pelajar,.

Ziaulhaq, M. (2018). Pendekatan Mahatma Gandhi (1869-1948) mengenai nirkekerasan dan perdamaian: Analisis studi perdamaian dan konflik Johan Galtung. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.




DOI: https://doi.org/10.15575/jt.v6i2.29437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

________________________________________________________________________

E - ISSN : 2615-5028


TEMALI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.>

 

Published by : Prodi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Sponsored by : Ikatan Sosiologi Indonesia (ISI)

 

Flag Counter