Model Penyampaian Pelatihan Bisnis Online pada Masyarakat Desa dengan Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Pesantren


Solihin Solihin(1), Adnan Adnan(2*)

(1) Fak. Ushuluddin UIN SGD Bandung, Indonesia
(2) Fak. Ushuluddin UIN SGD Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menampilkan bahwa perguruan tinggi sebagai bagian dari masyarakat dapat tetap berhubungan erat dengan masyarakat yang melahirkannya. Misalnya, masalah kemiskinan yang terus menghantui kehidupan sosial harus terus diberantas. Hal itu dapat dientaskan misalnya dengan wirausaha atau pengembangan bisnis. Sementara itu, pengembangan bisnis terus berkembang dari waktu ke waktu sehingga sampailah pada maraknya bisnis online. Dengan pengabdian ini kami dapat melihat bahwa masyarakat harus saling berbagi ilmu dan pengalaman agar sama-sama dapat berkembang. Oleh karena itu, jawaban-jawaban dari para akademisi atas permasalahan dan masyarakat dapat ditampilkan di sini. Dengan metode participatory action research, ditemukan bahwa cara meningkatkan pemahaman dan pengetahuan ustadz/ah dan santri pesantren terhadap bisnis online adalah dimulai dengan interaksi. Interaksi yang timbul dengan adanya pelatihan bisnis online dapat diketahui perbedaannya lewat ketepatan penyampaian informasi melalu target audience yang sesuai, perlengkapan sarana dan fasilitas komunikasi antar para pelaku kreatif, dan kondisi budget dalam memenuhi kebutuhan pelatihan maupun kreativitas santri/masyarakat.


Keywords


e-commerce, kewirausahaan, masyarakat pedesaan, pelatihan bisnis

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Aceng. 2004. Press Relations: Kiat Berhubungan dengan Media Massa. Bandung: Rosda Karya.

Alfurqon, Hanif Syaifudien. 2012. Minat Siswa Smk Melanjutkan Studi Ke perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Arifin, Muzayyin. 2003. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Asy’ari, Sapari Imam. 1993. Sosiologi Kota Dan Desa, Surabaya: Usaha Nasional.

Azwar, Saifuddin. 2000. Sikap Manusia: Teori dan pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Basundoro, Purnawan. 2001. Industialisasi, Perkembangan Kota, DAN Respon Masyarakat Studi Kasus Kota Gresik, Jurnal Volume XIII, No.2/2001.

Bungin, Burhan. 2001. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Airlangga University Press.

Bungin, Burhan. 2006. Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Prenada Media Group.

Clutterbuck, David dan Susan Kornaghan. 2010., The Power of Empowerment Release the Hidden Talents of your Employees. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Daldjoni. 1992. Seluk Beluk Masyarakat Kota. Bandung: Alumni.

Darmansyah. 1986. Ilmu Sosial Dasar. Surabaya: Usaha Nasional.

De Vito, Joseph A. 1997. Komunikasi Antar Manusia. Jakarta: Profesional Books.

Dhofier, Zamakhasary. 1984. Tradisi Pesantren-Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai, Jakarta: LP3ES.

Djamaluddin, & Abdullah Aly. 1998. Kapita Selekta Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia.

Effendy, Onong Uchjana. 2000. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Fadjar, A. Malik. 2005. Holistik Pemikiran Pendidikan, Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Faristin, Hindun. 2008. “Pengelolaan Bisnis Islam Sektor Agribisnis dalam Usaha Pemberdayaan Masyarakat Muslim”, STAIN Kudus, Skripsi, 2008.

Gunawan, Ary H. 2000. Sosiologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Haedari, Amin. 2004. Masa Depan Pesantren: Dalam Tantangan modernitas dan Tantangan Kompleksitas Global. Jakarta: IRD Press.

Halim, Suhartini A. dkk. 2005. Model-Model Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pesantren.

Hasbullah. 1996. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: PT. Raja Grafindo.

http://e-journal.uajy.ac.id/11311/4/3MTA02155.pdf, diakses tanggal 1 November 2018.

http://repository.unisba.ac.id/bitstream/handle/123456789/5297/06Bab2_Dewanda._10070311059_skr_2015.pdf?sequence=6&isAllowed=y, diakses tanggal 26 Oktober 2018.

https://media.neliti.com/media/publications/77601-ID-pengembangan-industri-kreatif-di-kota-ba.pdf, diakses tanggal 05 Oktober 2018.

https://regional.kompas.com/read/2015/12/12/12351701/UNESCO.Masukkan.Kota.Bandung.dalam.Jaringan.Kota.Kreatif, diakses tanggal 21 Oktober 2018

Ikbar, Yanuar. 2012. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Jamaludin, Adon Nasrullah. 2015. Sosiologi Perkotaan, Bandung: Pustaka Setia.

Johnson, Doyle Paul. 1986. Teori Sosiologi Klasik dan Modern jilid II. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Juju dan Feri Sulianta. 2010. Kiat Sukses Menjadi IT Freelance. Jakarta: Elex Media Komputido.

Maarif, Syamsul. 2010. Bahan Ajar Sosisologi. Perilaku Kolektif & Gerakan Sosial. Yogyakarta: Gress Publishing.

Makmun, Abin Syamsuddin. 2002. Psikologi Kependidikan. Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Bandung: Rosdakarya.

Mar’at. 1981. Sikap Manusia, Perubahan serta Pengukuran. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Maulana, Hilman. 2017. Pengembangan Industri Kreatif dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Bogor.

MeNair, Brian. 2015. Pengantar Komunikasi Politik. Bandung: Nusa Media.

Michael Sipahelut. 2010. Analisis Pemberdayaan Masyarakat Nelayan di Halmahera Utara. Tesis, IPB Bogor.

Moelyono, Mauled. 2010. Menggerakkan Ekonomi Kreatif. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Muiz, Yusuf . 2017. Persepsi Masyarakat Pada Pembangunan Gedung Bandung Kreatif Hub. Bandung

Nata, Abudin. 2001. Sejarah Pertumbuhan Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Gramedia.

Nurlia. Lia. 2018.Pola Interaksi dan Solidaritas Sosial Komunitas Penggemar Korean Pop (K-POP). Bandung.

Otnes, C., 2017. Mind, Self and Consumption: George Herbert Mead. In Canonical Authors in Consumption Theory (pp. 113-119). Routledge.

Outhwaite, William. 2008. Kamus Lengkap Pemikiran Sosial Modern. Jakarta: Prenada Media Group.

Pradja, Juhaya S. Ekonomi Syariah. Bandung: Pustaka Setia.

Rahim, Husni. 2001. Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Logos.

Rahman, M. Taufiq. 2011. Glosari Teori Sosial. Bandung: Ibnu Sina Press.

Ramelan, Rahardi. 2008. Teknologi dan Masyarakat. Bandung: CV. Lubuk Agung.

Ritzer, George. 2014. Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sajogyo, Pudjiwati. 2011. Sosiologi Pedesaan, Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Setiadi, Elly M. Dan Usman Kolip. 2011. Pengantar Sosiologi Pemahaman Fakta dan Gejala Permasalahan Sosial: Teori, Aplikasi dan Pemecahannya. Jakarta: Prenada Media Group.

Setiawan, Iwan. 2012. Agribisnis Kreatif Pilar Wirausaha Masa Depan, Kekuatan Dunia Baru Menuju Kemakmuran Hijau. Depok: Penebar Swadaya.

Sobur, Alex. 2013. Semiotika Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Soekanto, Soerjono. 2013. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sopandi, Andi. Strategi Pemberdayaan Masyarakat, Jurnal Madani, Volume 1, nomor 2, Nopember 2009.

Sudiyono. 2004. Manajemen Pendidikan Tinggi, Jakarta: Rineka Cipta.

Suharto, Edi. 2005. Membangun masyarakat memberdayakan rakyat. Bandung: Refika Aditama, 2005.

Suparman, Oman. 2016. Kiat Menjadi Pengusaha Muda yang Tangguh dan Inovatif. Bandung: Boenz Enterprise.

Suryana. 2013. Ekonomi Kreatif, Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang. Jakarta: Salemba Empat.

Syah, Muhibbin. 2002. Psikologi Pendidikan : Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosdakarya.

Syahputra, Iswandi. 2007. Komunikasi Profentik Konsep dan Pendekatan. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Tan, Alexis S. 1981. Mass Communication Theories and Research. Ohio: Grid Publishing Inc.

Wahjoetomo. 1997. Perguruan Tinggi Pesantren, Cet. I, Jakarta: Gema Insani Pers.

Widjajanti, Kesi. 2011. Model Pemberdayaan Masyarakat, Jurnal Ekonomi Pembangunan, Volume 12, nomor 1, Juni.

Yacub, Pondok Pesantren dan pembangunan Masyarakat Desa, (Bandung: Angkasa, 1984), h. 64

Yusup, Pawit M. 1990. Komunikasi Pendidikan dan Komunikasi Instruksional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ziemek, Manfred. 1986. Pesantren Dalam Perubahan Sosial, Jakarta:, P3M, cet. I.

Zuhairini. 1992. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.15575/jt.v3i1.7484

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

________________________________________________________________________

E - ISSN : 2615-5028


TEMALI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.>

 

Published by : Prodi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Sponsored by : Ikatan Sosiologi Indonesia (ISI)

 

Flag Counter