Model Penyampaian Pelatihan Bisnis Online pada Masyarakat Desa dengan Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Pesantren
DOI:
https://doi.org/10.15575/jt.v3i1.7484Keywords:
e-commerce, kewirausahaan, masyarakat pedesaan, pelatihan bisnisAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menampilkan bahwa perguruan tinggi sebagai bagian dari masyarakat dapat tetap berhubungan erat dengan masyarakat yang melahirkannya. Misalnya, masalah kemiskinan yang terus menghantui kehidupan sosial harus terus diberantas. Hal itu dapat dientaskan misalnya dengan wirausaha atau pengembangan bisnis. Sementara itu, pengembangan bisnis terus berkembang dari waktu ke waktu sehingga sampailah pada maraknya bisnis online. Dengan pengabdian ini kami dapat melihat bahwa masyarakat harus saling berbagi ilmu dan pengalaman agar sama-sama dapat berkembang. Oleh karena itu, jawaban-jawaban dari para akademisi atas permasalahan dan masyarakat dapat ditampilkan di sini. Dengan metode participatory action research, ditemukan bahwa cara meningkatkan pemahaman dan pengetahuan ustadz/ah dan santri pesantren terhadap bisnis online adalah dimulai dengan interaksi. Interaksi yang timbul dengan adanya pelatihan bisnis online dapat diketahui perbedaannya lewat ketepatan penyampaian informasi melalu target audience yang sesuai, perlengkapan sarana dan fasilitas komunikasi antar para pelaku kreatif, dan kondisi budget dalam memenuhi kebutuhan pelatihan maupun kreativitas santri/masyarakat.
References
Abdullah, Aceng. 2004. Press Relations: Kiat Berhubungan dengan Media Massa. Bandung: Rosda Karya.
Alfurqon, Hanif Syaifudien. 2012. Minat Siswa Smk Melanjutkan Studi Ke perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Arifin, Muzayyin. 2003. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Asy’ari, Sapari Imam. 1993. Sosiologi Kota Dan Desa, Surabaya: Usaha Nasional.
Azwar, Saifuddin. 2000. Sikap Manusia: Teori dan pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Basundoro, Purnawan. 2001. Industialisasi, Perkembangan Kota, DAN Respon Masyarakat Studi Kasus Kota Gresik, Jurnal Volume XIII, No.2/2001.
Bungin, Burhan. 2001. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Airlangga University Press.
Bungin, Burhan. 2006. Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Prenada Media Group.
Clutterbuck, David dan Susan Kornaghan. 2010., The Power of Empowerment Release the Hidden Talents of your Employees. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.
Daldjoni. 1992. Seluk Beluk Masyarakat Kota. Bandung: Alumni.
Darmansyah. 1986. Ilmu Sosial Dasar. Surabaya: Usaha Nasional.
De Vito, Joseph A. 1997. Komunikasi Antar Manusia. Jakarta: Profesional Books.
Dhofier, Zamakhasary. 1984. Tradisi Pesantren-Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai, Jakarta: LP3ES.
Djamaluddin, & Abdullah Aly. 1998. Kapita Selekta Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia.
Effendy, Onong Uchjana. 2000. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Fadjar, A. Malik. 2005. Holistik Pemikiran Pendidikan, Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Faristin, Hindun. 2008. “Pengelolaan Bisnis Islam Sektor Agribisnis dalam Usaha Pemberdayaan Masyarakat Muslimâ€, STAIN Kudus, Skripsi, 2008.
Gunawan, Ary H. 2000. Sosiologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.
Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Haedari, Amin. 2004. Masa Depan Pesantren: Dalam Tantangan modernitas dan Tantangan Kompleksitas Global. Jakarta: IRD Press.
Halim, Suhartini A. dkk. 2005. Model-Model Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pesantren.
Hasbullah. 1996. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: PT. Raja Grafindo.
http://e-journal.uajy.ac.id/11311/4/3MTA02155.pdf, diakses tanggal 1 November 2018.
http://repository.unisba.ac.id/bitstream/handle/123456789/5297/06Bab2_Dewanda._10070311059_skr_2015.pdf?sequence=6&isAllowed=y, diakses tanggal 26 Oktober 2018.
https://media.neliti.com/media/publications/77601-ID-pengembangan-industri-kreatif-di-kota-ba.pdf, diakses tanggal 05 Oktober 2018.
https://regional.kompas.com/read/2015/12/12/12351701/UNESCO.Masukkan.Kota.Bandung.dalam.Jaringan.Kota.Kreatif, diakses tanggal 21 Oktober 2018
Ikbar, Yanuar. 2012. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.
Jamaludin, Adon Nasrullah. 2015. Sosiologi Perkotaan, Bandung: Pustaka Setia.
Johnson, Doyle Paul. 1986. Teori Sosiologi Klasik dan Modern jilid II. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.
Juju dan Feri Sulianta. 2010. Kiat Sukses Menjadi IT Freelance. Jakarta: Elex Media Komputido.
Maarif, Syamsul. 2010. Bahan Ajar Sosisologi. Perilaku Kolektif & Gerakan Sosial. Yogyakarta: Gress Publishing.
Makmun, Abin Syamsuddin. 2002. Psikologi Kependidikan. Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Bandung: Rosdakarya.
Mar’at. 1981. Sikap Manusia, Perubahan serta Pengukuran. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Maulana, Hilman. 2017. Pengembangan Industri Kreatif dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Bogor.
MeNair, Brian. 2015. Pengantar Komunikasi Politik. Bandung: Nusa Media.
Michael Sipahelut. 2010. Analisis Pemberdayaan Masyarakat Nelayan di Halmahera Utara. Tesis, IPB Bogor.
Moelyono, Mauled. 2010. Menggerakkan Ekonomi Kreatif. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Muiz, Yusuf . 2017. Persepsi Masyarakat Pada Pembangunan Gedung Bandung Kreatif Hub. Bandung
Nata, Abudin. 2001. Sejarah Pertumbuhan Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Gramedia.
Nurlia. Lia. 2018.Pola Interaksi dan Solidaritas Sosial Komunitas Penggemar Korean Pop (K-POP). Bandung.
Otnes, C., 2017. Mind, Self and Consumption: George Herbert Mead. In Canonical Authors in Consumption Theory (pp. 113-119). Routledge.
Outhwaite, William. 2008. Kamus Lengkap Pemikiran Sosial Modern. Jakarta: Prenada Media Group.
Pradja, Juhaya S. Ekonomi Syariah. Bandung: Pustaka Setia.
Rahim, Husni. 2001. Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Logos.
Rahman, M. Taufiq. 2011. Glosari Teori Sosial. Bandung: Ibnu Sina Press.
Ramelan, Rahardi. 2008. Teknologi dan Masyarakat. Bandung: CV. Lubuk Agung.
Ritzer, George. 2014. Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sajogyo, Pudjiwati. 2011. Sosiologi Pedesaan, Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Setiadi, Elly M. Dan Usman Kolip. 2011. Pengantar Sosiologi Pemahaman Fakta dan Gejala Permasalahan Sosial: Teori, Aplikasi dan Pemecahannya. Jakarta: Prenada Media Group.
Setiawan, Iwan. 2012. Agribisnis Kreatif Pilar Wirausaha Masa Depan, Kekuatan Dunia Baru Menuju Kemakmuran Hijau. Depok: Penebar Swadaya.
Sobur, Alex. 2013. Semiotika Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Soekanto, Soerjono. 2013. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Sopandi, Andi. Strategi Pemberdayaan Masyarakat, Jurnal Madani, Volume 1, nomor 2, Nopember 2009.
Sudiyono. 2004. Manajemen Pendidikan Tinggi, Jakarta: Rineka Cipta.
Suharto, Edi. 2005. Membangun masyarakat memberdayakan rakyat. Bandung: Refika Aditama, 2005.
Suparman, Oman. 2016. Kiat Menjadi Pengusaha Muda yang Tangguh dan Inovatif. Bandung: Boenz Enterprise.
Suryana. 2013. Ekonomi Kreatif, Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang. Jakarta: Salemba Empat.
Syah, Muhibbin. 2002. Psikologi Pendidikan : Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosdakarya.
Syahputra, Iswandi. 2007. Komunikasi Profentik Konsep dan Pendekatan. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Tan, Alexis S. 1981. Mass Communication Theories and Research. Ohio: Grid Publishing Inc.
Wahjoetomo. 1997. Perguruan Tinggi Pesantren, Cet. I, Jakarta: Gema Insani Pers.
Widjajanti, Kesi. 2011. Model Pemberdayaan Masyarakat, Jurnal Ekonomi Pembangunan, Volume 12, nomor 1, Juni.
Yacub, Pondok Pesantren dan pembangunan Masyarakat Desa, (Bandung: Angkasa, 1984), h. 64
Yusup, Pawit M. 1990. Komunikasi Pendidikan dan Komunikasi Instruksional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ziemek, Manfred. 1986. Pesantren Dalam Perubahan Sosial, Jakarta:, P3M, cet. I.
Zuhairini. 1992. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in Temali: Jurnal Pembangunan Sosial agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).