PERLINDUNGAN HUKUM HAK CIPTA TERHADAP TINDAKAN PEMBAJAKAN SOFTWARE GAME DITINJAU DARI UU NO. 28 TAHUN 2014


Dadang Komara(1), Muhammad Fauzan(2*), Elan Jaelani(3)

(1) STAI Bhakti Persada Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstract

literature reviews. The research method used is normative juridical, based on the findings of the research showing that the Copyright Law protects both the video game itself as an object of copyright protection and the copyrighted works contained therein. Implementation of Video Game Copyright protection in practice is carried out through mediation. This is as regulated by Law no. 28 of 2014 through Arbitration (article 95), Civil Lawsuit (Articles 96-99), Criminal Report (Article 105 juncto 110) and provisional determination.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perlindungan hukum tentang hak cipta software di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah literature review. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif, berdasarkan hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa UU Hak Cipta melindungi baik permainan video itu sendiri sebagai objek perlindungan Hak Cipta maupun karya cipta yang terkandung didalamnya. Implementasi perlindungan Hak Cipta Permainan Video dalam prakteknya dilakukan melalui jalur mediasi. Hal ini sebagaimana yang diatur oleh UU No. 28 Tahun 2014 melalui Arbitrase (pasal 95), Gugatan Perdata (Pasal 96-99), Lapor Pidana (Pasal 105 juncto 110) dan penetapan sementara.


Keywords


Copyright, Piracy, Software

Full Text:

PDF

References


Akhmad, Robby, and Surya Dilaga. “Perlindungan Hukum Terhadap Pencipta Software Game Dalam Perspektif Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta.” Jurnal IUS (Kajian Hukum Dan Keadilan) 1, no. 28 (2016).

Ardina, Yessica, Budi Santoso, Rinitami Njatrijani, Program Studi, S Ilmu, Fakultas Hukum, Universitas Diponegoro, and A Latar Belakang. “PERMAINAN VIDEO ( VIDEO GAME ) TERHADAP TINDAKAN PEMBAJAKAN BERDASARKAN UNDANG UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA.” DIPONEGORO LAW REVIEW 5 (2016): 1–13.

Chavarria, Juan A., Francis Kofi Andoh-Baidoo, Vishal Midha, and Jerald Hughes. “Software Piracy Research: A Cross-Disciplinary Systematic Review.” Communications of the Association for Information Systems 38, no. 1 (2016): 624–69. https://doi.org/10.17705/1CAIS.03831.

Ginting, Elyta Ras. Hukum Hak Cipta Indonesia. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti, 2012.

Grad, B. “A Personal Recollection: IBM’s Unbundling of Software and Services.” IEEE Annals of the History of Computing 24, no. 1 (2002): 64–71. https://doi.org/10.1109/85.988583.

Jened, Rahmi. Hukum Hak Cipta (Copyright’s Law). Bandung: PT Citra Aditya Bakti Pers, 2014.

Lutfi, Anas, and Ruddi Setiawan. “Pengaturan Tindak Pidana Pembajakan Perangkat Lunak (Software) Komputer Dalam Hukum Positif Indonesia.” Jurnal Magister Ilmu Hukum 1, no. 2 (2021): 18. https://doi.org/10.36722/jmih.v1i2.733.

Malik, Iqbal Abdul, Budi Santoso, Siti Mahmudah, Program Studi, S Ilmu, Fakultas Hukum, and Universitas Diponegoro. “Perlindungan Hukum Atas Karya Cipta Permainan Video Menurut UU No 28 Tentang Hak Cipta” 6, no. 28 (2017): 1–13.

Maru, Hutagalung Sophar. Hak Cipta Kedudukan Dan Perannya Dalam Pembangunan. Jakarta: Sinar Grafika, 2012.

Moores, Trevor, and Gurpreet Dhillon. “Software Piracy: A View from Hong Kong.” Communications of the ACM 43, no. 12 (2000): 88–93. https://doi.org/10.1145/355112.355129.

Nanda, Adiyoes. “PERLINDUNGAN HUKUM HAK CIPTA PERMAINAN VIDEO TERHADAP TINDAKAN PEMBAJAKAN MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA.” Universitas Jambi, 2022.

Onno, Purbo W. Buku Pintar Internet. Jakarta: Alex Media Komputindo, 1998.

Rachmatdia, Herurasliawan, and dan Yusuf Daeng. “Perlindungan Hukum Dalam Pelanggaran Hak Cipta Software Ditinjau Dari Uu Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta.” National Conference on Social Science and Religion, no. Ncssr (2022): 1037–45.

Sadiman. Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan, Dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1996.

Samuelson, Pamela. “Liability for Defective Electronic Information.” Communications of the ACM 36, no. 1 (1993): 21–26. https://doi.org/10.1145/151233.151234.

Sari, Nuzulia Kumala. “Penegakan Hukum Terhadap Pelanggaran Hak Cipta Pembajakan Software Di Indonesia.” Jurnal Ilmiah Ilmu Hukum QISTI 6, no. 1 (2012). https://doi.org/10.31942/jqi.v6i1.551.

Sondakh, Nicky Kevin. “PERLINDUNGAN HUKUM PROGRAM KOMPUTER MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA,” no. 6 (2018): 1–13.




DOI: https://doi.org/10.15575/vh.v4i2.26725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Varia Hukum Index by:

 

Sharia and Law Faculty State Islamic University of Sunan Gunung Djati Bandung

Jl. Raya A.H. Nasution No. 105 Cibiru Kota Bandung, 40614
Tlp/Fax: +022-7802278 Faks. 022-7802278
E-mail: Ilmu.hukum@uinsgd.ac.id
Website : https://ilmuhukum.uinsgd.ac.id/

VARIA HUMUM

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.