MODEL PEMBELAJARAN QIRAAH AL-KUTUB UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA KITAB TAFSIR

Eman Sulaeman

Abstract


Penelitian ini berawal dari beberapa prestasi yang diraih oleh sejumlah santri di pondok pesantren Al-Ihsan dalam ajang  Musabaqoh Qiraah al-Kutub (MQK) baik di tingkat lokal maupun nasional. Dalam perspektif pembelajaran, keberhasilan tersebut tidak dapat terpisahkan dari model pembelajaran yang diterapkan terutama dalam  ketarampilan membaca (mahārat al-Qira'ah). Sebagaimana layaknya penelitian  model, maka yang menjadi fokus kajian penelitian ini terkait dengan komponen-komponen model itu sendiri yaitu mencakup sintak atau pelaksanaan pembelajaran, pola interaksi dalam pembelajaran, bentuk apresiasi serta sumber daya yang dimiliki.Hasil dari penelitian ini yaitu berupa konseppengembangan keterampilan membaca (mahārat al-Qira'ah)khususnya dalam bidang Tafsir berbasis model Qira'ah al-Kutub. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan instrumen data observasi, wawancara dan  studi dokumentasi maka diperoleh hasil penelitian yang menunjukan faktor-faktor penunjang kemampuan santri dalam meraih berbagai juara d ajang Musabaqah Qiraah al-Kutub (MQK) di pondok pesantren Al-Ihsan

Keywords


Pengembangan Bahasa; Fahm al-Maqru; Qiraah al-Kutub; Pesantren.

Article metrics

Abstract views : 50 | PDF views : 49

Full Text:

PDF

References


Anwar, Rosihon, Dadang Darmawan, and Cucu Setiawan. “Kajian Kitab Tafsir Dalam Jaringan Pesantren Di Jawa Barat.” Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya 1, no. 1 (2016): 56–69.

Asrohah, tt. Pelembagaan Pesantren Asal usul dan Perkembangn Pesantren Di Jawa.

Azra, Azyumardi. 2002. Pendidikan Islam;Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta: Logos.

Badri Khaeruman. “Al Qardawi Dan Orientasi Pemikiran Hukum Islam Untuk Menjawab Tuntutan Perubahan Sosial.” Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya 1, no. 2 (2016): 227–38.

Fatmawati. “Inter-Religious Relations In The Period Of Prophet Muhammad.” Al-Albab 5, no. 2 (2016): 175–93.

Hamidah. 2015. Kemampuan membaca teks bacaan berbahasa Arab. Jurnal Studi Agama dan Masyarakat, vol. 2 No. 2 Desember 2015.

Hanifah, Umi. “Penerapan Model Paikem Dengan Menggunakan Media Permainan Bahasa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Jurnal at-Tajdid 5, no. 2 (2016): 301–30.

Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Hikmawati, Fenti. “Islamic Counselling Model to Increase Religious Commitment (Study of Students at the University UIN Bandung).” International Journal of Nusantara Islam 1, no. 1 (2013): 65–81.

Iskandar, Syahrullah. “Studi AlQuran Dan Integrasi Keilmuan: Studi Kasus UIN Sunan Gunung Djati Bandung.” Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya 1, no. 1 (2016): 13–14.

Kementrian Agama Prov. Jabar. 2015. Pedoman MKQ Tkt. Prov Jabar tahun 2015 (Bandung: Kanwil Kemanag Prov Jabar).

Majid, Nurcholish. 1998. Bilik-bilik Pesantren; Sebuah potret perjalanan. Jakarta: Gramedia.

Maslani, 2009. Qiroatul Kutub. (Jakarta: Dirjend Pendis Kemenag RI.)

Masripah. “Indonesian Islamic Women Movement (A Case Study of Bkswi West Java).” International Journal of Nusantara Islam 1, no. 2 (2013): 9–21.

Nasution, 1999. Metode Penelitian, Bandung: Diponegoro.

Nata, Abuddin. 2001. Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia, Yogyakarta: Grasindo

Putra, Afriadi. “Pemikiran Hadis KH. M. Hasyim Asy’ari Dan Kontribusinya Terhadap Kajian Hadis Di Indonesia.” Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya 1, no. 1 (2016): 46–55.

Ratni Bt. H. Bahri, Pengembangan Materi Pembelajaran Membaca dalam Pembelajaran bahasa Arab di Perguruan Tinggi di era Globalisasi. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol. 3 No. 1. Februari 2015.

Sujana, Nana Sujana dkk. 1989. CBSA dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar.

Tu'aimah, Rusydi Ahmad. 1989. Ta'lim al-Arabiyah li Ghair al-Nathiqîna biha;Manāhijuhu wa Asālibuhu, Rabat: al-Munazhamah al-Islamiyah li-al-Tarbiyah wa al'Ulum wa al-Tsaqafah

Utami. “Community In Dividing The Inheritance Amicably (Study in Palangka Raya City Jekan Raya Districts).” Jurnal Studi Agama Dan Masyarakat 10, no. 2 (2016): 275–99.

Zaini, Ahmad. 2010. Keterampilan Membaca Kitab Kuning (Jogjakarta: Madina).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al-Bayan Visitors

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.