RESEPSI KONSEP MENUTUP AURAT DALAM TRADISI PEMAKAIAN “RIMPU” (STUDI LIVING QUR’AN-HADIS DI DESA NGALI, KEC. BELO, KAB. BIMA-NTB

Nurul Karimatil Ulya

Abstract


Tulisan ini membahas sebuah wacana ilmiah tentang urgensi aplikasi metode Living Qur’an-Hadis terhadap tradisi pemakaian “Rimpu” di Desa Ngali, sebuah desa yang berada di Kabupaten Bima, provinsi Nusa Tenggara Barat dengan teori “Sociology of Knowledge” yang dikembangkan oleh Karl Mannheim. “Rimpu” adalah sebuah tradisi unik yang berada di masyarakat Bima yang mengkonsepkan penutup aurat bagi wanita Muslim dengan menggunakan “Rimpu”. Hasilnya, usaha yang dilakukan oleh para penggagas metode Living Qur’an-Hadith di masyarakat ini mestinya diapresiasi karena memberikan kontribusi terhadap khazanah keilmuan Islam. Adapun resepsi Al-Qur’an dan Hadis terhadap tradisi Islami yang berkembang di tengah masyarakat (khusunya “Rimpu” bagi masyarakat Bima) dengan teori “Sociology of Knowledge” adalah sebuah metode resepsi hasil elaborasi. Jika teori ini diaplikasikan dalam memberikan resepsi Al-Qur’an dan Hadis, maka hal ini akan memunculkan sebuah intepretasi yang relatif dan berkembang dinamis seiring dengan perkembangan zaman, sosial, dan budaya yang melatarbelakanginya. implikasinya adalah bahwa Al-Qur’an dan Hadis akan selalu ada dalam hati umat Muslim yang dimanifestasikan dalam aktivitas sehari-hari. 


Keywords


Living Qur’an-Hadis; Tradisi Rimpu; Sosiologi Pengetahuan; Resepsi.

Article metrics

Abstract views : 8 | PDF views : 5

Full Text:

PDF

References


al-Fāz Al-Qur’an. Beirut: Dar al-Fikr, t.th.

Al-Asqalani, Ibnu Hajar. Fatḥal-Bāri Syarḥ ṣaḥīḥal-Bukhāri, terj. Amiruddin. Jakarta: Pustaka Azzam, 2008.

Al-Azhari, Muhammad bin Ahmad. Mu’jam Taḥẓīb al-Lugah, Juz IV. Beirut: Dar al-Ma’rifah, 2001.

Al-Razi, Muhammad ibn Abi Bakar. Mukhtār al-ṣiḥaḥ, editor Mahmud Khatrabik. Beirut: Dar al-Fikr, 1973.

Al-Shabuni, Muhammad Ali. Rawā’i al-Bayān, juz II. Beirut: Dar al-Fikr, t.th.

Al-Qurthubi, Al-Jami’ li Aḥkām al-Qur’ān, Juz XII. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1993.

‘Atwah, Isma’il ‘Abdul Fatah ‘Abdul Kafi dan Fauzi Muhammad al-Sa’id. Huqūq al-Mar’ah fi al-Islām. T.t.: Tabaqa Liqawāni al-Mulkiyyah al-Fikriyyah, t.th.

_______. Alkitab, Cet. VIII. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia, 2009.

Baz, Abdul Aziz bin dan Muhammad ibn Shalih al-Utsaimin, Hukum Hijab dan Cadar”. Solo: Pustaka Mantiq, 1995.

Baalbaki, Rohi. Al-Mawrid : A Modern Arabic-English Dictionary, Cet. VII. Beirut: Dar el-Ilm Lilmalayin, 1995.

Baum, Gregory. Truth Beyond Relativism, terj. Achmad Murtajib. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana Yogya, 1999.

Fahruddin, Fuad Mohd. Aurat dan Jilbab dalam Pandangan Mata Islam. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 1991.

Harahap, A. Salim. Sejarah Penyiaran Islam. Jakarta: t.tp, t.th.

Ismail, M. Hilir. Menggali Pusaka Terpendam : Butir-Butir Mutiara Budaya “Mbojo”. Bima: t.tp, 2001.

_______. Peran Kesultanan Bima dalam Perjalanan Sejarah Nusantara. Mataram: Penerbit Lengge, 2004.

Loir, Henri Chambert dan Siti Maryam R. Salahuddin (penyunting), Bo’ Sangaji Kai : Catatan Kerajaan Bima, Edisi II. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2012.

Mannheim, Karl. Ideology and Utopia : An Introduction to the Sociology of Knowledge. London: Routledge & Kegan Paul LTD, 1954.

Manzur, Ibnu. Lisān al-‘Arab, Juz IV. Beirut: Dar al-Shadir, 1992.

Pangeran, Moh. Kisman. Dari Kontrak Panjang Hingga Musnahnya Istana dari Rakyat : Kisah Sultan Muhammad Menentang Korupsi. Bogor: Morinawa, 2013.

Raba, Manggaukang dan Mars Ansory Wijaya, Dompu : Dulu, Kinii dan Esok. Mataram: UD Bugenvil, 2002.

Rahman, M. Fachrir Islam di Bima : Kajian Historis tentang Proses Islamisasi dan Perkembangannya sampai Masa Kesultanan. Yogyakarta: Genta Press, 2008.Singke, MR Pahlevi Putra N.I. Salungka Pa’a : Ragam Hias Kain Tradisional Masyarakat Dompu Kultur Kain Tenun Songket Dompu. Lombok: CV Rossamari Sentausa, 2011.

Swidler, Leonard J. Woman in Yudaism : The Status of Women in Formatice Yudais. Metuchen: Scare Crow Press, 1978.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Al-Bayan Visitors

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.