INTERPRETASI MAKNA RIYA’ DALAM AL-QUR’AN: Studi Kritis Perilaku Riya’ Dalam Kehidupan Sehari-hari

Eko Zulfikar

Abstract


Abstrak

Allah menciptakan manusia sebagai khalifah di bumiuntuk mengemban sebuah amanat dengan dibekalidua perangkat canggih: akal pikiran dan hati perasaan. Sebagai makhluk yang memiliki akal dan hati, manusia tidak bisa terlepas begitu saja dari kobaranhawa nafsu yang dapat menyesatkan pelakunya pada akhlak dan sifat tercela. Tulisan ini membahas intrerpretasi perilaku Riyadalam perspektif Alquran. Metode yang digunakan penulis ialah tematik, yakni menjadikan ayat-ayat yang berbicara tentang Riyasebagai kajian utama tanpa mengenyampingkan literatur-literatur lainnya. Selain itu,tulisan ini murni studi pustaka dengan analisa data intertekstualitas,dengan harapan dapat memberikan kontribusi ilmiah pada setiap personal-individual untuk senantiasa muhasabah diri, serta dapat melengkapi kajian wacana tentanginterpretasi perilakuRiyadalam perspektif Alquran.Sejauh penelusuran penulis, selain sifat Riya merupakan salah satu sifat orang munafik, ia jugatermasukdalam perilakusyirik ashghar yang menjadi palang pintu bagi masuknya syirik akbar. Tulisan ini menunjukkan bahwaRiya merupakan suatu sikap dalam melakukan amal salehyang tidak berdasarkan pada niat ibadah kepada Allah, namun ditujukan kepadamanusia amal saleh yang dilakukan sebagai cara untuk mendapatkan pujian dan popularitas, serta berharap agar orang lain tersebut memberikan kedudukan dan penghormatan kepadanya.


Keywords


sifat tercela, riya’, syirik–munafik, tafsir al-Qur’an

References


Abū al-Fidā’ Ibn Katsīr. Tafsīr Al-Qur’ān Al-‘Aẓīm. Vol. II. Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyah, 1998.

Abū al-Husain Aḥmad Ibn Fāris Zakariyā. Mu’jam Maqāyis Al-Lughah,. II. Beirut: Dār al-Fikr, 1979.

Abū al-Husain Muslim al-Naisābūrī. ṣaḥīḥ Muslim. Vol. I. I. Beirut: Dār Tayyibah, n.d.

Abū al-Qāsim ‘Abdul Karīm al-Qusyairī. Tafsīr Al-Qusyairī Al-Musammā Laṭāif Al-Isyārāt. Vol. III. Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyah, 2007.

Abū al-Qāsim Maḥmud bin ‘Umar al-Zamakhsyarī. Tafsīr Al-Kasysyāf. III. Beirut: Dār al-Ma’rifah, 2009.

Abū Bakar Aḥmad ‘Alī al-Baihāqī. Al-Sunan Al-Kubrā. Muḥammad ‘Abdul Qādir. Vol. II. Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyah, 2003.

Abū Hāmid Muḥammad al-Ghazālī. Bidāyah Al-Hidāyah. I. Beirut: Dār ṣādir, 1998.

———. Iḥyā’ ‘Ulūmuddīn. Vol. III. Jakarta: al-Haramain, n.d.

Abū Muḥammad Sahl ‘Abdullāh al-Tustarī. Tafsīr Al-Qur’ān Al-‘Aẓīm. I. Beirut: Dār al-ḥaram li al-Turāts, 2004.

Aḥmad bin Hanbal. Musnad Aḥmad Bin Hanbal. Vol. XXIII. Beirut: Dār al-Risālah, 1999.

Aḥmad bin Hanbal al-Syībānī. Musnad Aḥmad Bin Hanbal. Vol. V. I. Beirut: Dār al-Risālah, 1999.

'Alī bin Muḥammad al-Jurjānī. Mu’jam Al-Ta’rīfāt. Muḥammad ṣidīq al-Minsyāwī. Kairo: Dār al-Faḍīlah, n.d.

Al-Qusyairī. Laṭāif Al-Isyārāt. Vol. I, n.d.

Departemen Agama RI. Al-Qur’an Terjemahan. Semarang: CV. Toha Putra, 1989.

Fatihuddin Abul Yasin. Terapi Pengobatan Penyakit Hati. Surabaya: Terbit Terang, 2002.

Jalāluddīn Abū ‘Abdurraḥman al-Suyūṭī. Asbāb Al-Nuzūl Al-Musammā Lubāb Al-Nuqūl Fī Asbāb Al-Nuzūl. I. Beirut: Muassasah al-Kutub al-Tsaqāfiyah, n.d.

Jamāluddīn Muḥammad bin Makram Ibn Mandzūr. Lisān Al-’Arab. Juz XIV. Beirut: Dār ṣādir, n.d.

M. Quraish Shihab. Ensiklopedia Al-Qur’an: Kajian Kosakata. Vol. II. Jakarta: Lentera Hati, 2007.

———. Ensiklopedia Al-Qur’an: Kajian Kosakata. Vol. III. Jakarta: Lentera Hati, 2007.

———. Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan Dan Keselarasan Al-Qur’an. Vol. III. Jakarta: Lentera Hati, 2001.

Muḥammad al-Husain al-Baghawī. Ma’ālim Al-Tanzīl – Tafsīr Al-Baghawī. I. Vol. III. Riyāḍ: Dār Tayyibah, 1989.

Muḥammad bin Ismā’īl al-Bukhārī. ṣaḥīḥ Bukhārī. Vol. I. I. Beirut: Dār Ibn Katsīr, n.d.

Muḥammad Fakhruddīn al-Rāzī. Tafsīr Al-Kabīr Wa Mafātīḥ Al-Ghaib. Vol. XI. Beirut: Dār al-Fikr, n.d.

Muḥammad Fuād ‘Abdul Bāqī. Al-Mu’jam Al-Mufahras Li Al-Fādzi Al-Qur’ān Al-Karīm. Beirut: Dār al-Fikr, n.d.

Muḥammad Jamāluddīn al-Qāsimī. Mau’idzah Al-Mu’minīn. Beirut: Dār al-'Ilm al-Islāmiyah, n.d.

Muḥammad Nafīs Miṣbāḥ. Al-Fuṣūl Al-‘Arba’īniyyah. Beirut: Maktabah Wahbah, 1994.

Muḥyiddīn Abū Bakar ‘Alī Ibn ‘Arabī. Tafsīr Al-Qur’ān Al-Karīm. Vol. II. Beirut: Dār ṣādir, 2004.

Nāṣiruddīn al-Syairāzī al-Baiḍāwī. Anwār Al-Tanzīl Wa Asrār Al-Ta’wīl Bi Tafsīr Al-Baiḍāwī. Vol. III. Beirut: Dār Iḥyā’ al-Turāts al-‘Arabī, n.d.

Sa’īd Hawwā. Al-Asās Fī Al-Tafsīr, Juz XI. I. Vol. XI. Beirut: Dār al-Salām, 1958.

Said Agil Husain Munawar. Al-Qur’an Membangun Tradisi Kesalehan Hakiki. Jakarta: Ciputat Press, 2003.

Syihābuddīn Maḥmūd Syukrā al-Alūsī. Rūḥ Al-Ma’ānī Fī Tafsīr Al-Qur’ān Al-‘Aẓīm Wa Sab’i Al-Matsānī. Vol. XXX. Beirut: Dār Iḥyā’ al-Turāts al-‘Arabī, n.d.

Syihābuddīn Muḥammad Ibn Hajar al-‘Asqalānī. Fatḥ Al-Bārī Bi Syarḥ ṣaḥīḥ Bukhārī. I. Vol. I. Beirut: Dār Iḥyā’ al-Turāts al-‘Arabī, 1982.

Wahbah al-Zuḥailī. Al-Tafsīr Al-Munīr Fī Al-‘Aqīdah Wa Al-Syarīat Wa Al-Manhaj. X. Vol. II. Beirut: Dār al-Fikr, 2009.

Waryono Abdul Ghafar. Strategi Al-Qur’an: Mengenali Diri Sendiri Dan Meraih Kebahagiaan Hidup. Yogyakarta: Belukar, 2004.




DOI: https://doi.org/10.15575/al-bayan.v3i2.3832

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Eko Zulfikar

Al-Bayan Visitors

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.