AL-MUSYTARAK AL-LAFZY MENDEKONTRUKSI ARGUMEN TAFSIR TEKSTUAL

Luqman Abdul Jalal

Abstract


Faktor utama radikalisme adalah tekstual dalam memahami ajaran agama, sebuah pendekatan dalam memahami agama yang berorientasi pada teks semata, literal dan skriptural. Upaya dekonstruksi pemikiran tekstual juga sudah banyak dilakukan, khususnya dengan pendekatan kontekstual tetapi usaha ini kurang bisa diterima di kalangan madzhab tekstualis, karena berseberangan dengan prinsip mereka. Menurut mereka, argumen teks tidak bisa dirobohkan dengan konteks, karena keduanya merupakan prinsip yang berbeda. Al-musytarak al-lafzi adalah salah satu konsep memahami teks suci yang dapat mendekontruksi argumen paham tekstual ini. Penelitian ini dikaji dengan menggunakan metode deskriptif analitik dengan cara mamaparkan data yang berasal dari kajian pustaka kemudian ditarik kesimpulan umum. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa al-musytarak al-lafzi adalah sebuah konsep dalam memahami teks agama, satu kata memiliki beragam makna dan tidak bertentangan satu dengan lainnya. Kesimpulan dalam tulisan ini membuktikan bahwa kaidah al-musytarak al-lafzi dapat menganalisa makna teks agama secara komprehensif dan merobohkan argumentasi kaum tekstualis. 

 


Keywords


radikalisme Islam; tekstual;al-musytarak al-lafḍzi; jihad.

References


Abdul al-‘Āli Salim. Ghorib Alquran fīashri al-Rosūl wa al-ṣohabah wa al-Tābi’īn. Beirūt: Muassasah al-Risalah, 1417.

Abdul Latif Ibnu Abdu al-Qa

Abdullah bin Muhammad Su’ūdi. “al-Fahmu al-harfi linnash.” Jurnal al-Jazīrah lishahāfah 13228 (Dzulhijjah 1429).

Abdullah bin Qudamah Maqdisy. al-Mughny fīfiqhi al-Imam Ahmad. 1 ed. Vol. 13. Beirūt: Dār al-Fikr, 1405.

Abdurrahman bin Ali Ibnu al-Jauzi. Nuzhatu al-A’yun al-Nawādzir. Muassasah al-Risālah: 1987., t.t.

Abu al-Fidā’ Ibnu Kathīr. Tafsīr Alquran al-‘Adzīm. Vol. 1. Riyadh: Dār al-Thaibah, 1999.

———. Tafsīr Alquran al-‘Adzīm. Vol. 2. Riyadh: Dār al-Thaibah, 1999.

Abu al-Fidā’ Ibnu Kathīr. al-Bidāyah wa al-Nihāyah. Vol. 3. Beirūt: Maktabah al-Ma’ārif, 1990.

———. Tafsīr Alquran al-‘Adzīm. Vol. 8. Riyadh: Dār al-Thaibah, 1999.

———. Tafsīr Alquran al-‘Adzīm. Vol. 6. Riyadh: Dār al-Thaibah, 1999.

Abu Zakariya Yahya Nawawi. al, al-Minhāj Syarah Shahīh Muslim. 2 ed. Vol. 12. Beirūt: Dār Ihyā’ al-Turāts al-‘Araby, 1392.

Ahmad bin Syu’aib al-Nasa’i,. Sunan Nasā’i,. 2 ed. Vol. 6. Halab: Maktab al-Mathbū’āt al-Islāmiyyah, 1986.

Al-Baghawi. Ma’ālim al-Tanzīl. Vol. 4. Riyadh: Dār al-Taibah, 1997.

———. Ma’ālim al-Tanzīl. Vol. 6. Riyadh: Dār al-Taibah, 1997.

Ali bin Ahmad Ibnu Hazm. al-Ihkām fīUshūli al-Ahkām. Vol. 1. Beirūt: Dār al-Āfāq al-Jadīdah, 1983.

Al-Raghib Aṣfahāni. Mufrodāt alfād} Alquran. Damaskus: Dār al-Qolam, 2010.

Al-Sa’dy. Taisīr al-Karīm al-Rahmān. 1 ed. Beirūt: Muassasah al-Risālah, 2000.

Al-Zarkasyi. al-Burhan fi ‘Ulûm al-Qur’ân. 3 ed. Vol. 1. Beirut: dar al-Fikr, 1980M.

Badriyah binti ‘Athiyah. Āro’ bin Hazm al-Dzahiri. Makkah: Jāmi’ah Ummu al-Quro, 1423.

Dede Rodin. “Islam dan Radikalisme: Telaah Atas Ayat-ayat Kekerasan dalam Al-qur’an,” 2016.

Echols, John Minor, dan Hasan Shadily. An English-Indonesian dictionary. Ithaca, (NY: Cornell Univ. Pr., 1975.

Ibnu Hajar Ashqalāni. Fathu al-Bāri. Vol. 11. Beirūt: Dār al-Ma’rifah, 1379.

Ibnu Jarīr Tabārī. Jāmi’ al-Bayan fītafsīr āyi Alquran. 1 ed. Vol. 2. Beirūt: Muassasah al-Risālah, 2000.

———. Jāmi’ al-Bayan fītafsīr āyi Alquran. 1 ed. Vol. 24. Beirūt: Muassasah al-Risālah, 2000.

———. Jāmi’ al-Bayan fītafsīr āyi Alquran. 1 ed. Vol. 14. Beirūt: Muassasah al-Risālah, 2000.

———. Jāmi’ al-Bayan fītafsīr āyi Alquran. 1 ed. Vol. 18. Beirūt: Muassasah al-Risālah, 2000.

Ibnu Muhammad Damaghāni. Qāmus al-Qur’ān. 3 ed. Beirūt: Dār al-Ilmi lil al-Malāyīn, 1983.

Ibnu Taimiyyah. Taqiyuddin, Majmū’ al-fatāwa. Vol. 19. Riyadh: Dār al-Wafā’, 1997.

Islah Gusmian. Khazanah Tafsir Indonesia dari Hermeneutika hingga Ideologi. Vol. 1. Jakarta: Teraju, 2003.

Jalālu al-Dīn Suyūt}i. al-Itqān fī‘Ulūm al-Qur’ān. Vol. 2. Beirūt: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 2012.

Jalaluddīn al-Mahalli, dan Jalaluddin al-Suyūti. Tafsīr Jalālain. al-Qahirah: Dār al-Hadis, 2001.

Khaled Abu al-Fadhl. Cita dan Fakta Toleransi dalam Islam. Bandung: Arrasy, 2003.

Komaruddin Hidayat. Memahami Bahasa Agama; Sebuah Kajian Hermeneutik. Jakarta: Paramadina, 1996.

Muhammad Al-Syaukani. Fathu al-Qadīr. Vol. 3. Beirūt: Dār Ibnu Kathīr, 1414.

Muhammad bin al-Toyyib. I’jāz Alquran. Kairo: Dār al-Ma’arif, t.t.

Muhammad bin Idris Syāfi’i. al-Risālah: sharah Ahmad Shākir. Beirūt: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah, t.t.

Muhammad bin Umar Fakhruddīn Razi. Mafātih al-Ghoib, Beirūt. Vol. 11. Beirūt: Dār al-Kutub al-Ilmiyyah, 2004.

Muhammad Ibn Ismail Abu Abdullah al-Bukhar. al-Jāmi’ al-Shahīh. Vol. 1. Beirūt: Dār Ibnu Kathīr, 1987.

Muhammad Ibn Ismail Abu Abdullah al-Bukhari al-Ja’fi. Shahīh al-Bukhāri. 1 ed. Vol. 8. Beirūt: Dār Ibnu Kathīr, 2002.

Munjid, Nur al-Dīn,. al-Musytarak al-lafdzi fi Alquran al-Karīm. Vol. 1. Beirut: Dār al-Fikr, 1999.

Muqoṭil bin Ibnu Sulaiman. al-Wujūh wa al-Nadzāir fi Alquran al-Karīm. Vol. 1. Dubai: Markaz Jum’ah Majid li al-Thaqāfah wa al-Turats, 2006.

Nūr al-Dīn Khādimy. Al-Dalīl ‘inda al-Dzāhiriyyah. Kairo: Dār Ibnu Hazm, 2000.

Salim Bahansawi. al-Hukmu wa Qadhiyyatu Takfīr al-Muslim. Mesir: Dār al-Wafā’, 1998.

Syarifudin. “Islam dan Keselamtan dalam Alquran.” Disertasi, UIN Sunan Kali Jaga, 2009.

Yusuf Qordhowi. al-Shahwah al-Islamiyah bayna al-Juhudwa al-Tatarruf. Qatar: kitab al-ummah, 1402.




DOI: https://doi.org/10.15575/al-bayan.v3i2.4288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Luqman Abdul Jalal

Al-Bayan Visitors

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.