Analisis Metode Montessori Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa SD/MI Kelas Rendah
DOI:
https://doi.org/10.15575/al-aulad.v3i2.7917Abstract
Metode Montessori merupakan metode yang dirumuskan berdasarkan teori montessori yang dapat digunakan dalam ranah pendidikan anak  dan disusun berdasarkan teori tentang perkembangan anak.  Karakteristik yang paling terlihat dari metode ini yaitu menekankan pada aktivitas yang dimunculkan oleh diri anak dengan menekankan pada proses adaptasi lingkungan belajar anak yang dibentuk sesuai dengan tahap perkembangannya menggunakan peran dari aktivitas fisik dalam menyerap konsep pembelajaran untuk memiliki kemampuan yang praktis. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimanakah metode Montessori dalam meningkatakan kemampuan membaca permulaan. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan (library research), pembahasan dianalisis dengan menggunakan metode analisa isi (analysis content). Sumber yang digunakan dalam tulisan ini merupakan tulisan-tuliasan Maria yang telah diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia. Hasil Penelitian trekait penerapan metode montessori menggunakan aktivitas rangsangan sesuai dengan prinsip maria montessori ternyata dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa dan dapat mengatasi keterbatasan siswa dalam pengenalan huruf-huruf. Maka dengan menggunakan metode Montessori untuk belajar membaca diupayakan dapat membantu peserta didik dalam mengembangkan kemampuan kognitif, psikomotor, dan afektif yang terdapat pada diri peserta didik, dengan membuat anak dapat belajar sesuai dengan tingkat perkembangannya.
References
Ahmad Susanto. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.
Badan Nasional Standar Pendidikan BNSP, (2006), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Tingkat SD,MI, dan SD-LB, Jakarta : BNSP.
Elizabeth G.Hainstock, Kenapa Montessori. Jakarta : P.T. Pustaka Delapratasa.
Farida Rahim, (2005) Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Gutek, G.L (2004). The Montessori Method : The Origin Of An Educational Innovation, Including An Annotated Edition Of Maria Montessori’s The Montessori Method. Lanham : Rowman & Littlegfield Publisher.
Lillard, A.S. (2005). Montessori the science behind the genius. New York: Oxford University
Maria Montessori, (2008). The Absorbent Mind (Pikiran Yang Mudah Menyerap), Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Maria Montessori. (1964), The Montessori Method. Schoken Books : New York USA
Nurmalitasari, Femi. 2015, Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Pra Sekolah. BULETIN PSIKOLOGI, Vol 23 No 2, 103-111
Sumitra Agus, 2014, Proses Pembelajaran Berbasis Metode Montessori Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini, JURNAL EMPOWERMENT, Vol 4 No 1, 60-70
Preschool dengan Metode Montessori , di akses dalam laman : “http://www.uniquegrowingmind.com/index.php/montessori. Pada tanggal 19 Mei 2019.
Rahim Farida. (2007) Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Slamet (2014). Pembelajran Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah dan Tinggi Sekolah Dasar. Surakarta : UNS Press.
Taringan, (1979). Pengajar Ejaan Bahasa Indonesia. Bandung : Angkasa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)