PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL KOOPERATIF TEKNIK THINK PAIR SHARE (TPS) (PENELITIAN TINDAKAN KELAS TERHADAP SISWA KELAS VII-A SMPN SUKASARI SUMEDANG”.

Aan Lasmanah

Abstract


Hasil pembelajaran Matematika sampai saat ini belum menunjukkan hasil yang memuaskan, terlihat dari masih rendahnya hasil tes belajar yang dicapai siswa. Untuk meningkatkannya bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai cara salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik Think Pair Share (TPS).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, dengan pembelajaran menggunakan model pembelajaran  kooperatif teknik Think Pair Share (TPS) Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa SMPN 1 Sukasari Sumedang kelas VII A. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari tes yaitu tes formatif dan post test. Untuk mengukur kemmapuan hasil belajar  siswa pada pokok bahasan persegi panjang dan persegi, lembar observasi aktivitas siswa dan guru untuk mengetahui aktifitas siswa dan guru selam proses pembelajaran, dan skala sikap siswa dengan model skala likert dengan teknik penskoran secara aposteriori untuk melihat sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Kooperatif Teknik TPS.

            Hasil yang diperoleh adalah: (a) aktivitas siswa mengalami peningkatan. (b) rata-rata presentase hasil belajar siswa meningkat (c) sikap siswa terhadap model pembelajaran Kooperatif Teknik TPS secara keseluruhan adalah positif.

Article metrics

Abstract views : 73 | PDF views : 29

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v2i3.1221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Jurnal Analisa Terindeks pada: