Analisis kompetensi calon guru matematika praktikan program pengenalan lapangan (PPL) FKIP Unswagati di salah satu SMA kota Cirebon

Dede Trie Kurniawan, Sri Maryanti, Setiyani Setiyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis ketercapaian komptensi pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian mahasiswa calon guru matematika praktikan Program Pengenalan Lapangan (PPL) di salah satu sma kota Cirebon. sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unswagati  Cirebon memiliki tugas dan tanggung jawab menghasilkan calon-calon guru yang profesional di wilayah III Cirebon. program PPL yang diselenggarakan oleh  FKIP Unswagati bertujuan memberikan pengalaman lapangan kepada mahasiswa tentang profesionalisme dalam bidang keguruan yang telah dipelajari oleh mahasiswa. metode penelitian menggunakan metode deskriptif. populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa praktikan PPL kependidikan FKIP Unswagati di salah satu sma kota cirebon dalam rentang waktu tahun 2015 - 2017. berdasarkan hasil yang diperoleh dapat diketahui bahwa secara garis besar praktikan tingkat III lebih baik daripada praktikan tingkat IV dalam perolehan tingkat komptensi calon guru baik itu kompetensi profesional, kompetensi personal, kompetensi sosial dan kompetensi pedagogik.


Keywords


Kompetensi Calon Guru, Mahasiswa PPL Kependidikan

References


Arikunto, S & Jabar, C.S.A. (2010). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Firman, harry. (.........). Proposal Pelaksanaan Evaluasi Semester Program PPGA Sampoerna Foundation.

Five Levels of Professioneal Development Evaluation. Tersedia Online: http://www.updc.org/.../13Guskeys-Five-Levels-Matrix

Gill Nicholis, “Professional Development in Higher Education (new dimensions a directions)”, London: Kogan, 2001

Guskey, Thomas R. (2000). Evaluating Professional Development. Tersedia Online: http://books.google.co.id/books/about/Evaluating_Professional_Development.html?id=CklqX4zgDtgC&redir_esc=y

Juanengsih, Nengsih. 2014. Rancangan Evaluasi Program Mata Kuliah Praktik Profesi Keguruan Terpadu (Ppkt) Pada Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Uin Syarif Hidayatullah Jakarta. Makalah : UPI Bandung.

Nurani, Suci. 2014. Standar Kompetensi Guru IPA. Makalah, UPI Bandung.

Mansyur, Jusman. (2008). Evaluasi Pelaksanaan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Program Sertifikasi Guru Pada LPTK Rayon 25 FKIP Universitas Tadulako

Mulyasa, E, “Standar Kompetensi dan Sertifikat Guru”, Bandung: ROSDA, 2013

Rozak, Abdul, dkk. 2013. Pedoman Pelaksann PPL Kependidikan. Cirebon : FKIP Unswagati Cirebon

Royce, D., Thyer, B.A., Padgett, D.K. & Logan, T.K. (2006). Program Evaluation: An Introduction. Belmont, CA: Thomson Brooks/Cole.

Sulistiani. (2012). Rancangan Evaluasi Program Mata Kuliah Program Pengembangan Lapangan (PPL) Pada Program Studi Fisika Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas PGRI Palembang.

Peraturan Pemerintah RI No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Menteri Pendidikan Nasional. (2005). Undang-undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta.

Menteri Pendidikan Nasional. (2007). Peraturan Mendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta.

Murni. (2012). Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru Indonesia. [Online]. Tersedia: http://www.kompasberita.com/2012/07/upaya-peningkatan-profesionalisme-guru-indonesia. [2 Novenber 2012]

Sudrajat, A. (2008). Kompetensi Guru dan Peran Sekolah. Makalah: tidak diterbitkan.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Pendidikan Matematika: Jurnal Analisa  dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 . Hak cipta dilindungi undang-undang

Journal Analisa has indexed by:

 
Mailing Address
3th Floor, Departement of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
E-mail: jurnalanalisa@uinsgd.ac.id